10 Amalan Saat Menstruasi Yang Anda Wajib Tahu!

Amalan saat menstruasi

Menstruasi atau haid adalah salah satu siklus yang wanita alami secara berkala. Dalam islam, wanita yang sedang mengalami menstruasi haram hukumnya untuk menuaikan kewajibannya sebagai muslim. Berikut adalan amalan saat menstruasi yang dapat Anda lakukan ketika sedan dalam siklus menstruasi.

Menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina akibat siklus bulanan yang hanya wanita saja yang mengalami. Siklus ini merupakan hal yang alami yang merupakan salah satu proses dari organ reproduksi wanita untuk mempersiapkan kehamilan.

Berdasarkan pengertiannya menstruasi memiliki peran penting dalam reproduksi manusia dan terkesan sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Namun dalam muslim, wanita yang tengah mengalami haid, haram untuk melakukan ibadah atau menuaikan kewajibannya sebagai muslim.

Hal ini karena ketika wanita mengalami menstruasi adalah ketika wanita dalam keadaan tidak suci atau najis. Sehingga karena itulah ketika wanita sedang mengalami menstruasi tidak boleh untuk melakukan sejumlah ibadah.

Hal ini memunculkan pertanyaan-pertanyaan seperti “amalan apa ketika sedang haid?” atau “Amalan saat menstruasi“? Buat Anda yang sedang mengalami menstruasi tidak perlu takut, masih terdapat beberapa cara untuk muslimah yang mengalami menstruasi untuk beribadah dan mendapatkan pahala.

Amalan Yang Dapat Anda Lakukan Ketika Sedang Haid!

Apakah doa orang yang sedang haid dikabulkan?

 

Anda sedang haid? Berpikir bahwa tidak dapat mendapatkan pahala ketika sedang haid? Amalan apa ketika sedang haid yang bisa dilakukan? Tidak perlu bingung, berikut adalah amalan-amalan yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pahala ketika masa haid datang.

Amalan pertama yang dapat Anda lakukan saat haid adalah berdoa. Banyak orang berpikir apabila tubuh dalam keadaan junub maka tidak boleh berdoa.

Sehingga, pertanyaan seperti “Apakah doa orang yang sedang haid dikabulkan?” sering muncul di benak orang-orang.

Namun sebenarnya jawaban dari pertanyaan “Apakah doa orang yang sedang haid dikabulkan?” adalah dikabulkan.

Namun kenyataannya wanita dalam keadaan junub boleh untuk membaca doa karena tidak masuk ke dalam larangan saat haid. Hal ini karena haid bukan menjadi suatu penghalang untuk terkabulnya doa. Saat haid anda masih dapat membaca doa-doa harian salah satunya adalah al-Matsurat.

Berdzikir adalah salah satu amalan yang bisa dan boleh Anda lakukan ketika haid. Bahkan berdzikir merupakan salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk wanita-wanita yang sedang haid. Berdzikir bertujuan untuk selalu mengingat Allah SWT dan memohon pengampunan dosa pada Allah SWT.

  • Rajin Membaca Al-Quran Amalan Terpenting Saat Menstruasi

Membaca Al-Quran merupakan salah satu amalan terpenting. Namun banyak orang mengira karena wanita yang sedang mengalami haid bersifat najis atau kotor maka wanita tersebut tidak boleh membaca Al-Quran.

Pernyataan di atas menimbulkan pertanyaan seperti “apakah saat haid boleh membaca alquran di HP?”.

Pertanyaan di atas cukup sering muncul di kolom pencarian dan nyatanya masih banyak orang yang tidak mengerti maksud larangan membaca Al-Quran untuk wanita yang sedang haid.

Jawaban dari pertanyaan “apakah saat haid boleh membaca alquran di HP?” adalah boleh. Karena sejujurnya larangan untuk membaca Al-Quran lebih mengarah ke larangan untuk wanita haid menyentuh lembar kitab suci.

Karena handphone merupakan alat elektronik dan bukan lembar kertas suci, sehingga sah saja untuk membaca Al-Quran melalui HP ketika haid.

  • Mendengarkan Orang Membaca Al-Quran

Amalan yang dapat Anda lakukan saat sedang haid adalah mendengarkan orang membaca Al-Quran. Wanita yang sedang haid memang tidak boleh memegang dan membaca Al-Quran, namun tidak ada larangan untuk mendengarkannya.

Dengan mendengarkan orang membaca Al-Quran akan membuat hati lebih tenang dan mendekatkan hati dengan Allah SWT.

  • Mendengarkan Tausyiah

Menghadiri dan mendengarkan tausyiah adalah salah satu amalan yang dapat wanita lakukan ketika sedang haid. Mendengarkan kajian-kajian agama dapat membuat wanita yang sedang haid hatinya semakin dekat dengan Allah.

Anda dapat mendengarkan tausyiah melalui platform-platform online seperti streaming, radio, atau TV.

Menghadiri kajian-kajian keagamaan diperbolehkan untuk wanita haid selama tidak mengotori tempat sucinya.

amalan apa ketika sedang haid

 

Sedekah adalah salah satu amalan yang dapat Anda lakukan saat sedang haid. Karena Anda dapat bersedekah dalam kondisi apapun, tidak ada kewajiban untuk suci saat bersedekah membuatnya menjadi salah satu amalan saat menstruasi yang fleksibel.

Anda dapat melakukan sedekah untuk orang fakir miskin dan anak yatim. Dengan ini Anda bisa tetap mendapatkan pahala bahkan ketika sedang haid.

  • Melayani Keperluan Suami

Untuk amalan yang satu ini hanya dapat dilakukan oleh Anda yang sudah bersuami istri. Melayani keperluan suami tidak selamanya berupa hubungan intim ya. Anda bisa melayani sang suami dalam bentuk melayani dan membantu dalam keperluan sehari-hari si suami.

Untuk Anda yang biasa membantu suami Anda di rumah, itu sudah menjadi salah satu amalan yang anda lakukan saat haid maupun tidak.

  • Bersalawat

Amalan yang satu ini juga merupakan amalan yang dapat Anda lakukan saat sedang haid. Bersalawat dapat membuat Anda semakin dekat dengan Allah SWT.

Bersalawat adalah bukti cinta sang hamba kepada penciptanya yaitu Allah SWT.

Tidak terdapat larangan untuk bersalawat untuk mereka yang sedang mengalami haid, sehingga Anda dapat melakukan salawat untuk mendapatkan amalan saat menstruasi.

  • Berbuat Kebaikan Jelas Memberikan Amalan Jika Anda Melakukannya

Berbuat kebaikan kepada siapapun memang sebuah perintah Allah SWT. Sehingga apabila kita melakukannya kita mendapatkan pahala atau imbalan.

Dalam berbuat kebaikan tidak terdapat syarat bahwa wanita harus dalam keadaan suci. Sehingga dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid. Selain itu dengan berbuat kebaikan dapat menjaga ikatan persaudaraan dan tali silaturahmi antar umat muslim.

Anda dapat melakukan kebaikan kapanpun dan dimanapun tanpa harus memandang siapa dan dalam keadaan apa, sehingga anda dapat mendapatkan pahala dari melakukan kebaikan tersebut.

  • Bersilaturahmi

Apakah saat haid boleh membaca alquran di HP?

 

Silaturahmi adalah salah satu amalan yang dapat Anda lakukan saat sedang haid. Amalan yang satu ini sangatlah mudah untuk melakukannya karna hampir tidak membutuhkan hal spesial dalam melakukannya.

Bersilaturahmi dapat Anda lakukan dengan cara mendatangi saudara dan keluarga kerabat. Dengan melakukan ini Anda dapat mendapatkan pahala.

Selain itu dengan teknologi yang makin canggih, kini Anda bisa menjaga silaturahmi dengan keluarga menggunakan alat-alat elektronik seperti handphone yang membantu mendekatkan keluarga-keluarga yang jauh melalui telpon dan semacamnya.

Berikut adalah beberapa amalan-amalan yang dapat Anda lakukan ketika sedang haid atau menstruasi. Jadi bisa dikatakan bahwa meski kita dalam kondisi tidak suci, kita masih bisa mendapatkan pahala melalui amalan-amalan di atas dan meraih surga Allah SWT.

Meskipun menstruasi terkesan sesuatu yang kotor, sebenarnya Anda bisa tetap tampil menarik saat sedang haid loh! Dengan cara menggunakan busana muslim dari Aulia Fashion, Anda bisa tetap tampil maksimal dan menarik saat datang ke acara-acara yang Anda hadiri!

Jadi begitu AuliaLovers penjelasan singkat terkait amalan-amalan yang bisa Anda lakukan saat mengalami haid atau menstruasi, semoga artikel ini membantu Anda dalam mendapatkan pahala-pahala di dunia ya.

Bacaan Lainnya :

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.