tips bersyukur kepada Allah by Aulia Fashion

10 Tips Selalu Bersyukur dalam Keadaan Apa pun

Posted on 21 views

Auliafashion.id – Allah SWT telah memberikan nikmat kepada makhluk ciptaan-Nya setiap hari. Lalu, sudahkah kita bersyukur atas segala pemberian-Nya? Bersyukur adalah berterimakasih atas segala sesuatu yang telah Allah berikan kepada kita. Tak hanya pada keadaan senang saja seorang insan bersyukur, namun saat keadaan susah pun, kita harus tetap mensyukuri kehidupan yang masih diberikan oleh Allah dan masih diberi kesempatan untuk memperbaikinya. Saat seseorang lupa bersyukur, ia akan selalu merasa kekurangan, cemas dengan rejeki dan masa depannya, serta tidak bahagia.

Bersyukur merupakan sifat yang baik atau akhlak yang terpuji, dan Allah mencintai orang-orang yang bersyukur. Bersyukur tidak hanya cukup diucap dalam lisan saja, namun juga dalam hati dan perbuatan. Jika Anda senantiasa bersyukur pada Allah, maka Anda akan menjalani hari dengan ringan, tetap ceria, dapat menghadapi kesulitan dengan pikiran jernih, dan mendapat lebih banyak rezeki. Agar tidak menjadi orang yang kufur, berikut beberapa tips bersyukur dalam Islam dari Aulia Fashion agar Anda selalu bersyukur dalam situasi dan keadaan apa pun.

1. Menyadari Nikmat dari Allah

tips bersyukur kepada Allah by Aulia Fashion 1

Orang yang bersyukur senantiasa menyadari, bahwa apa yang ia dapat dan ia miliki merupakan pemberian dari Allah SWT, dan orang tersebut akan senantiasa mengucap syukur dan berkata bahwa nikmat yang ia dapatkan berasal dari-Nya.

Dalam sebuah hadits, dari Ibnu Abbas radhiyallahu’ anhu, ia berkata :

Ketika itu turun hujan dimasa Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam, lalu Rasulullah berkata : ”Atas hujan ini, ada manusia yang bersyukur dan ada yang kufur nikmat. Orang yang bersyukur berkata ‘Inilah rahmat Allah’, sedangkan orang yang kufur nikmat berkata ‘Oh pantas saja tadi ada tanda begini dan begitu.” (HR. Muslim)

Dalam hadits tersebut dijelaskan, bahwa orang yang bersyukur senantiasa menyadari bahwa segala apa yang diberikan oleh Allah adalah sebuah nikmat, sedangkan orang yang kufur nikmat tidak menyadari akan hal tersebut.

2. Yakin dengan Rezeki Masing-masing

Meyakini bahwa setiap orang sudah memiliki rezeki masing-masing adalah cara agar selalu bersyukur dalam hidup. Karena Allah sudah mengatur rezeki tiap orang, hanya bagaimana cara orang tersebut mencari rejeki dan tetap berusaha. Bisa dibilang, yakin akan rezeki diri sendiri dan tetap berusaha sebaik mungkin adalah cara bersyukur dan menjemput rezeki yang sudah disediakan.

3. Tingkatkan Iman

tips bersyukur kepada Allah by Aulia Fashion 3

Beribadah dan menjalin kedekatan hubungan dengan Tuhan Sang Pemilik Rezeki dan Maha Menenangkan Hati adalah salah satu solusi untuk tetap bersyukur. Rasa bersyukur dapat kita lakukan dalam bentuk ibadah, misalnya : senantiasa melakukan shalat wajib, bersedekah atau menjalankan ibadah serta amalan-amalan sunnah lainnya dalam Islam. Sering-sering berterimakasih kepada-Nya akan membiasakan Anda untuk bersyukur.

4. Selalu Merasa Cukup

Tips bersyukur yang keempat yaitu selalu merasa cukup. Orang yang senantiasa merasa selalu cukup atau qanaah atas apa yang dimilikinya, sebenarnya mereka itu adalah termasuk orang-orang yang bersyukur atas nikmat Allah, sedangkan orang yang selalu merasa kurang dengan apa yang dimilikinya, maka orang tersebut termasuk kedalam golongan orang yang kufur nikmat Allah.

Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam bersabda : “Jadilah orang yang wara’, maka engkau akan menjadi hamba yang paling berbakti. Jadilah orang yang qana’ah, maka engkau akan menjadi hamba yang paling bersyukur.” (HR. Ibnu Majah)

5. Selalu mengucap syukur

tips bersyukur kepada Allah by Aulia Fashion 5

Orang yang bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah kepadanya akan senantiasa mengucap syukur. Mengucap syukur yang dimaksud adalah mengucap kalimat pujian-pujian dan hamdallah kepada Allah.

6. Senantiasa Berdzikir

Tips bersyukur kepada Allah juga dapat dilakukan dengan berdzikir, sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah.

Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam, bersabda :

“Barangsiapa pada pagi hari berdzikir: Allahumma ashbaha bii min ni’matin aw biahadin min khalqika faminka wahdaka laa syariikalaka falakal hamdu wa lakasy syukru (Ya Allah , atas nikmat yang engkau berikan kepada ku hari ini atau yang engkau berikan kepada salah seorang dari makhluk-Mu, maka sungguh nikmat itu hanya dari-Mu dan tidak ada sekutu bagi-Mu. Segala pujian dan ucap syukur hanya untuk-Mu).

Maka ia telah memenuhi harinya dengan rasa syukur. Dan barang siapa mengucapkannya pada sore hari, ia telah memenuhi malamnya dengan rasa syukur.” (HR. Abu Daud)

7. Perbanyak Sedekah

Bersedekah merupakan salah satu cara bersyukur yang dapat kita lakukan, karena dengan bersedekah berarti kita telah mengingat nikmat yang telah Allah berikan. Bersedekah tidak akan mengurangi sedikitpun nikmat yang Allah berikan, justru keutamaan bersedekah adalah Allah akan melipatgandakan nikmat mereka yang senantiasa bersedekah di jalan-Nya.

8. Senantiasa Berterimakasih Kepada Sesama

tips bersyukur kepada Allah by Aulia Fashion 8

Selain berterimakasih kepada Allah, kita juga harus berterimakasih kepada sesama insan atau orang yang menjadi perantara pemberi nikmat Allah. Selalu mengucapkan rasa terima kasih tersebut merupakan suatu akhlak yang mulia menurut Islam.

Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang diberikan satu kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan, ‘Jazaakallahu khair’ (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupinya dalam menyatakan rasa syukurnya.” (HR. Tirmidzi)

Orang yang senantiasa tidak mengucapkan terima kasih kepada sesama, hal tersebut sama saja seperti kufur atas nikmat Allah atau tidak bersyukur kepada Allah. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam : “Orang yang tidak berterimakasih kepada manusia, berarti ia tidak bersyukur kepada Allah.” (HR. Tirmidzi)

9. Terima Setiap Peristiwa dengan Positif

tips bersyukur kepada Allah by Aulia Fashion 9

Apapun yang terjadi pada kehidupan Anda, baik pahit ataupun bahagia, bersikaplah qonaah. Proses penerimaan ini tentu diiringi dengan pembelajaran memaknai kembali peristiwa tersebut. Dengan kata lain, menjadikan setiap peristiwa sebagai pelajaran. Jika Anda bersikap tidak terima atas apa yang terjadi, maka Anda sendiri yang akan rugi. Hal ini karena membuat Anda terpaku di titik itu, tidak berusaha berpindah, dan hidup tak akan melangkah ke depan. Belum lagi jika Anda lalu menyalahkan diri sendiri maupun orang lain.

10. Melakukan Sujud Syukur

Dari Abu bakrah Nafi’ Ibnu Harits radhiyallahu’ anhu, ia berkata : Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam biasanya jika menjumpai sesuatu yang menggembirakan beliau bersimpuh untuk sujud. Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah.” (HR. Abu Daud)

Dari hadits tersebut dapat kita tiru teladan Rasulullah yang senantiasa melakukan sujud sebagai wujud rasa syukurnya kepada Allah SWT.

Baca juga: 6+ Olahraga yang Cocok untuk Muslimah Agar Selalu Sehat

Itulah tips-tips bersyukur dalam islam yang dapat Anda lakukan meski dalam situasi dan keadaan apa pun. Kita harus senantiasa bersukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan, baik itu dalam skala besar ataupun skala kecil, dalam senang maupun susah. Dan Allah mencintai orang-orang senantiasa bersyukur kepada-Nya. Semoga bermanfaat, Aulialovers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *