cara mencegah cirus corona ala Aulia Fashion

11 Cara Sederhana Mencegah Virus Corona yang Harus Anda Lakukan

Posted on 40 views

Auliafashion.id – Dengan semakin maraknya pandemi virus covid-19 yang melanda lebih dari 200 negara di dunia membuat Anda sekeluarga harus waspada akan kesehatan diri sendiri dan keluarga. Hingga saat ini belum ada vaksin yang tepat untuk menangkalnya. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Melakukan pencegahan ialah cara efektif untuk menghadapi wabah virus corona.

Ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mencegah virus ini menular. Menerapkan tindakan untuk mencegah virus corona semaksimal mungkin wajib untuk Anda lakukan demi melindungi diri Anda dan keluarga tercinta. Nah, apa saja cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penularan virus ini? Yuk, simak ulasan Aulia Fashion berikut.

1. Biasakan Mencuci Tangan

cara mencegah cirus corona ala Aulia Fashion 1

Cara sederhana mencegah virus yang pertama yaitu dengan membiasakan mencuci tangan. Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi sumber penyakit karena tangan yang pertama kali berperan menyentuh benda-benda asing di luar tubuh. Rutin mencuci tangan menggunakan sabun juga direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO) sebagai upaya mencegah penyebaran virus covid-19.

Ada beberapa cara mencuci tangan yang baik dan benar, yaitu:

  • Basahi tangan dengan air dan ambil sabun secukupnya.
  • Gosokkan kedua telapak tangan, punggung tangan hingga ke sela-sela jari.
  • Jangan lupa bagian belakang jari. Bersihkan dengan teknik mengunci dengan sebelah tangan.
  • Bersihkan juga bagian ibu jari dengan teknik memutar.
  • Gosokkan dengan memutar ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya.
  • Usap juga pergelangan tangan kiri dan kanan.
  • Bilas kedua tangan dengan air hingga benar-benar bersih.
  • Tutup kran air. Keringkan tangan dengan lap sekali pakai atau tisu.

Cuci tangan minimal 20 detik agar bakteri dan virus mati. Waktu untuk mencuci tangan sebaiknya ketika sebelum makan atau menyentuh makanan, sebelum buang air, sebelum menyusui bagi wanita yang mempunyai bayi, dan mencuci tangan setelah beraktivitas.

2. Gunakan Antiseptik

cara mencegah cirus corona ala Aulia Fashion 2

Ketika berada di luar ruangan dan tidak memungkinkan melakukan cuci tangan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer atau antiseptic. Hand sanitizer umumnya memiliki kandungan alkohol yang berfungsi membunuh kuman pada tangan. Namun, jangan menggunakan hand sanitizer dengan sering ya, karena berpotensi membuat kulit Anda jadi kering. Gunakan maksimal lima kali sehari.

3. Gunakan Masker

cara mencegah cirus corona ala Aulia Fashion 3

Virus corona tidak menyebar melalui udara. Namun, penggunaan masker dapat meminimalisir penularan virus ini. Karena virus corona dapat menyebar melalui droplets dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui mata, mulut dan hidung.

Masker juga dapat digunakan ketika seseorang dalam kondisi yang kurang sehat. Hindari untuk menggunakan satu masker secara berulang-ulang. Sebab, masker dapat mengandung berbagai jenis kuman, bakteri, dan virus setelah dipakai.

4. Hindari Mungkin Menyentuh Wajah

Karena tangan bisa jadi sumber penyakit sebab sering terjadi kontak dengan benda maupun orang lain, sebisa mungkin hindari menyentuh wajah menggunakan tangan yang belum dicuci. Virus corona disinyalir dapat masuk tubuh manusia melalui area segitiga pada wajah, seperti mata, hidung, dan mulut.

Oleh karena itu, hindari untuk menyentuh wajah menggunakan tangan. Apabila terpaksa harus menyentuh wajah, maka pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun.

5. Hindari Berinteraksi Secara Langsung

cara mencegah cirus corona ala Aulia Fashion 5

Cara sederhana mencegah virus corona selanjutnya ialah hindari interaksi langsung dengan orang lain, bahkan dengan keluarga Anda. Interaksi secara langsung atau kontak fisik biasanya berupa berjabat tangan, memeluk bahu, atau cium pipi kanan-pipi kiri. Upayakan untuk tidak melakukan kontak fisik meski dengan teman akrab Anda.

Selain itu, hindari berinteraksi dengan Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), atau pasien positif covid-19.

6. Terapkan Social/Physical Distancing

cara mencegah cirus corona ala Aulia Fashion 6

Social atau physical distancing adalah salah satu imbauan yang sering digemakan oleh berbagai pihak. Sebab, dengan menjaga jarak antara satu sama lain dipercaya dapat mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Selalu perhatikan jarak fisik dengan orang lain yakni minimal 1 meter. Langkah ini dapat diterapkan saat berada di tempat umum ataupun saat di luar rumah guna menangkal virus masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Tetap di rumah saja juga salah satu bagian dari social distancing yang harus Anda lakukan. Karena itu pemerintah menerapkan belajar di rumah bagi pelajar dan mahasiswa, serta bekerja dari rumah bagi karyawan atau pekerja nonmedis lainnya.

7. Cuci dan Masak Bahan Makanan dengan Benar

Cuci selalu bahan makanan yang Anda beli sebelum mengolahnya. Semua bahan makanan yang belum dicuci biasanya mengandung bakteri, dan kemungkinan masih terdapat virus yang menempel disana. Anda dapat mencuci bahan makanan hingga bersih di air mengalir, kemudian simpan dalam lemari pendingin dengan menggunakan larutan hidrogen peroksida ataupun cuka yang dapat membunuh bakteri, kuman, dan virus dengan cukup efektif.

Setelah itu masaklah bahan makanan hingga benar-benar matang untuk daging maupun ikan. Sedangkan unruk sayuran, masaklah dengan proses yang benar tanpa menghilangkan kandungan vitamin di dalamnya.

8. Bersihkan Benda-Benda di Rumah atau Kantor

Budayakan hidup bersih. Seringlah membersihkan benda-benda di rumah atau di area kerja Anda di kantor. Virus corona dapat menempel pada permukaan benda yang sering terjadi disentuh. Maka dari itu, bersihkan selalu perabotan rumah dan kantor secara rutin.

Setelah Anda bersihkan dengan lap, kemudian semprotkan cairan disinfektan setiap pagi dan sore hari yakni sebelum dan setelah beraktivitas guna membunuh virus. Biarkan selama 10 menit sebelum Anda mengusapnya hingga kering, atau biarkan hingga benda itu kering dengan sendirinya.

9. Tingkatkan Imun Tubuh

Tak hanya mencegah virus dari luar tubuh, tetapi Anda juga harus mengantisipasinya dari dalam tubuh. Cara yang Anda harus lakukan adalah dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Beberapa cara untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan melakukan olahraga rutin, meluangkan waktu istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, banyak minum air putih, dan mengonsumsi suplemen vitamin tambahan.

10. Hindari Keramaian

Tempat yang ramai, berpotensi menjadi sumber transmisi atau penularan covid-19 tanpa Anda ketahui. Di keramaian atau kerumunan biasanya jarak tiap orang berdekatan satu sama lain, sehingga memungkinkan cepatnya proses penularan virus ini. Untuk Anda ketahui, diduga di luar sana masih banyak orang yang terlihat sehat atau disebut Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berpotensi menjadi pembawa virus corona tanpa disadarinya dan dapat menular pada orang lain yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah.

11. Update Informasi Terkini

cara mencegah cirus corona ala Aulia Fashion 11

Jangan lupa untuk selalu melakukan update informasi terbaru mengenai perkembangan covid-19. Anda perlu mengetahui bagaimana perkembangannya, sampai wilayah mana, dan bagaimana resiko penularan virus ini.

Tetapi, batasi setidaknya hanya dua atau tiga informasi perhari agar Anda tidak justru menjadi panik berlebihan karena beragamnya informasi terkait Covid-19 didapatkan. Ikuti juga anjuran dan saran dari pusat layanan kesehatan, Kementerian Kesehatan, WHO dan kesehatan lokal agar Anda dapat mengantisipasi dan menghindari diri dari risiko terinfeksi virus corona.

Baca juga: Berikut Tips Belanja Aman di Tengah Pandemi Corona

Nah Aulialovers, itulah cara sederhana mencegah virus corona yang harus Anda lakukan. Tetaplah budayakan hidup sehat dengan menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Semoga Anda sekeluarga selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT dan terlindungi dari ancaman virus covid-19. Amin ya rabbal alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *