persiapan ramadhan 2020 - aulia fashion

11 Persiapan Amalan Menyambut Ramadhan yang Dapat Dilakukan Sejak Sekarang

Posted on

Auliafashion.id – Beberapa hari lagi kita sudah menyambut bulan suci Ramadhan. Di bulan ini umat muslim di dunia amat berbahagia karena bulan Ramadhan merupakan bulan maghfirah, penuh rahmat Allah, dan bulan untuk menuai pahala bagi orang yang bertaqwa. Pada bulan yang suci ini umat muslim diwajibkan menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Persiapan Ramadhan sangat penting kita laksanakan sebelumnya.

Menjelang datangnya bulan Ramadhan, umat muslim berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah karena di bulan suci inilah pahala ibadah akan dilipatgandakan. Nah, mulai saat ini persiapkan amalan ibadah yang bisa Anda lakukan. Apa saja amalan untuk persiapan Ramadhan di tahun ini, berikut Aulia Fashion akan menjelaskan point-pointnya.

1. Perbanyak Berdo’a kepada Allah

persiapan ramadhan 2020 - aulia fashion 1

Do’a adalah penghubung komunikasi antara insan kepada Allah ‘Azza wa Jalla akan hajat dan harapan manusia kepada-Nya. Semakin mendekati bulan Ramadhan alangkah baiknya jika kita senantiasa perbanyak do’a, memohon ampunan dan kemuliaan-Nya.

Pada persiapan menyambut Ramadhan, sebaiknya berdoa kepada Allah SWT agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan sejak enam bulan sebelumnya dan selama enam bulan berikutnya juga berdo’a agar puasanya diterima oleh Allah SWT selama bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, ada baiknya di sisa hari menjelang Ramadhan ini untuk selalu berdoa untuk dipertemukan dengan ramadan. Memohon untuk diberi kekuatan, kemudahan, dan taufiq hidayah-Nya untuk mengisi Ramadhan dengan berbagai ibadah, amal shaleh, dan ketaatan kepada Allah SWT.

2. Bertaubat

persiapan ramadhan 2020 - aulia fashion 2

Taubat adalah salah satu hal yang mesti kita lakukan sebagai umat Islam sebelum datangnya bulan Ramadhan. Di hari-hari sebelumnya, seorang manusia tentunya tidak luput dari kesalahan dan dosa. Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk bertaubat dan meminta ampun pada Allah SWT. Dengan bertaubat, hati kita akan lebih siap menyambut Ramadhan dan menjadi lebih tenang. Bertaubat bukan hanya pada lisan saja lho, melainkan harus dibuktikan dengan perbuatan. Jika sebelumnya Anda malas beribadah dan pernah melakukan kesalahan, hendaknya mulai saat ini tinggalkan hal-hal tersebut dan mendekatkan diri kepada Allah.

3. Memantapkan Niat

Persiapan menjelang puasa Ramadhan selanjutnya yaitu niatkan hati kita untuk menjalankan segala ibadah saat menjelang bulan suci Ramadhan. Karena tidak akan sempurna ibadah seseorang tanpa niat yang ikhlas dan tulus. Niatkan ibadah hanya untuk mencari ridho Allah semata. Yakinlah dan mantapkan niat Anda, hindari pikiran-pikiran pamrih dalam beribadah. Karena bulan Ramadhan adalah bulan dimana kita bisa memperbaiki segala amal dan ibadah kita.

4. Menyelesaikan Qadha Puasa Sebelumnya

Bagi perempuan muslim yang pada tahun sebelumnya berhalangan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dikarenakan haid atau mengandung, maka wajib baginya menyelesaikan hutang puasa atau mengqadha puasanya sebelum Ramadhan selanjutnya. Maka pada kesempatan beberapa minggu sebelum menjelang Ramadhan ini, Anda bisa memanfaatkannya dengan membayar hutang puasa tahun lalu. Kecuali untuk orang yang sudah lanjut usia boleh membayarkan fidyah sebagai ganti ibadah puasanya.

5. Perbanyak Membaca Al-Qur’an

persiapan ramadhan 2020 - aulia fashion 5

Membaca Al-Qur’an tidak hanya memiliki banyak manfaat, tetapi juga bisa membuat hati dan pikiran kita tenang sehingga kita bisa menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan hati dan pikiran yang lebih baik. Selain itu diriwayatkan bahwa bulan-bulan sebelum Ramadhan, yakni bulan Rajab dan bulan Sya’ban adalah bulan menanam dan menyiram sementara bulan Ramadhan adalah bulan untuk memanen. Oleh karenanya, kita disarankan untuk memperbanyak amalan di kedua bulan tersebut.

6. Perbanyak Ibadah Sunnah

Untuk mengisi waktu sebelum Ramadhan tiba, Anda bisa memperbanyak ibadah sunnah. Ibadah sunnah amat beragam seperti melakukan sholat sunnah seperti sholat dhuha di pagi hari, sholat tahajud di malam hari, memperbanyak sholawat, dan lain sebagainya. Sebaiknya lakukan ibadah sunnah ini pada waktu-waktu luang Anda agar lebih bermanfaat.

7. Membiasakan Bersedekah

Membiasakan diri untuk bersedekah ialah kebiasaan yang amat baik dan bernilai positif. Bersedekah tidak akan mungkin membuat kita kekurangan harta, melainkan harta kita akan dilipat gandakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Harta tidak akan berkurang dengan bersedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kebaikkan baginya.” (HR. Muslim). Masih banyak lagi janji-janji Allah kepada hamba-Nya yang rajin bersedekah, diantaranya, dihapuskan dosa-dosanya, pahala yang berlipat, terbebas dari siksa kubur, dijauhi dari api neraka, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ketika kita sudah terbiasa bersedekah sebelum memasuki bulan Ramadhan, kemungkinan besar untuk lebih banyak berbagi di bulan suci lebih besar lagi.

8. Mensucikan Diri

persiapan ramadhan 2020 - aulia fashion 8

Alangkah baiknya sebelum bulan suci Ramadhan tiba, hendaknya kita menyucikan diri kita, meliputi hati, pikiran, perbuatan, dan lingkungan ketika bersosialisasi. Jauhkan juga diri kita dari sifat dendam dan hasad (dengki). Kedua sifat tersebut merupakan sifat buruk yang sangat berbahaya, karena dapat menghapuskan amalan kebaikan bagai api yang melahap kayu bakar.

Oleh karenanya, kita hendaknya membersihkan hati dari segala sifat buruk sebelum memasuki bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan sangat istimewa dan mulia, sambutlah bulan itu dengan hati yang bersih dan lapang.

9. Mempelajari Ilmu Tentang Ramadhan

persiapan ramadhan 2020 - aulia fashion 9

Persiapan Ramadhan yang dapat Anda laksanakan selanjutnya ialah memperbanyak ilmu pengetahuan Anda tentang Ramadhan. Menjelang bulan Ramadhan, luangkan waktu sejenak untuk menimba ilmu agama. Hal ini akan membantu Anda lebih memahami ibadah dan keutamaan bulan Ramadhan dengan baik. Anda bisa mempelajari banyak hal dengan banyak cara, misalkan mempelajari dari buku atau pada saat mengikuti kajian. Temanya juga beragam, bisa tentang fiqih ibadah puasa, shalat tarawih, zakat, sedekah, dan hal-hal lain yang perlu Anda ketahui.

10. Menjaga Kesehatan untuk Mempersiapkan Fisik

Selain mempersiapkan bulan Ramadhan dengan amalan, pikiran, hati dan perbuatan, ternyata kita juga harus mempersiapkan fisik dengan menjaga kesehatan. Persiapan fisik agar tetap sehat dan kuat di bulan Ramadhan sangatlah penting. Kesehatan merupakan modal utama dalam beribadah. Jika Anda sehat, maka Anda dapat melakukan ibadah dengan baik.

Namun sebaliknya jika Anda sedang tidak fit atau sakit, maka aktivitas ibadah Anda akan terganggu. Selalu jaga kesehatan dan stamina dengan cara menjaga pola makan yang sehat dan bergizi serta istirahat yang cukup. Konsumsi juga buah-buahan dan sayuran yang bervitamin agar Anda tetap fresh saat beribadah dan beraktivitas.

11. Perbanyak Berdzikir

Menjelang bulan Ramadhan, perbanyaklah berdzikir kepada Allah SWT dan memohon ampun serta rahmat dari-Nya. Berdzikir dapat membuat hati dan pikiran kita tenang dan terjaga dari pengaruh buruk. Dalam sebuah hadits, dzikir yang senantiasa dilantunkan baik pagi, siang, maupun malam hari menjadikan seseorang mendapat ridha Allah SWT di hari kiamat nanti. Dengan ridha Allah, artinya dosa kita terampuni serta mempermudah jalan kita menuju surga. Orang yang senantiasa berdzikir juga akan dicatat baginya 10 kebaikan, dihapuskan 10 kesalahan, mendapat pahala layaknya orang yang memerdekakan 10 budak, serta terlindung baginya dari gangguan setan. Jadi, sangat disarankan bagi Anda memperbanyak berdzikir sebagai persiapan Ramadhan mulai saat ini.

Baca juga: 8+ Tips Sehat Ala Rasulullah yang Membuat Pola Hidupmu Lebih Sehat

Demikianlah persiapan menyambut Ramadhan yang bisa kita semua lakukan sebelum datangnya bulan suci Ramadhan. Puasa Ramadhan tentunya berbeda dalam hal hukum pelaksanaan dibandingkan dengan puasa sunnah yang lain. Perbanyaklah khazanah tentang keutamaan puasa dan pelajari tips-tips yang bisa memperlancar puasa kita pada bulan Ramadhan. Jangan lupa juga pantau ulasan dan tips-tips saat bulan puasa dari Aulia Fashion. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *