niat murni selama ramadhan 2020 - aulia fashion

5 Cara Wujudkan Niat Murni Ramadhan yang Membuat Bulan Ini Semakin Berarti

Posted on 5 views

Auliafashion.id – Meskipun Ramadhan kali ini terasa berbeda sejak adanya pandemi virus covid-19 sehingga mengharuskan semua orang tetap #dirumahaja, ibadah dari rumah, dan menghindari kerumunan banyak orang untuk menghindari penyebaran virus ini. Namun meski begitu, Anda masih bisa kok mengekspresikan niat murni Ramadhan Anda tahun ini dengan berbagai cara. Pandemi ini bukanlah halangan untuk berbuat baik untuk sesama. Yuk, simak beberapa cara wujudkan niat murni Ramadhan yang membuat bulan suci tahun ini semakin berarti.

1. Melakukan Kegiatan Produktif

niat murni selama ramadhan 2020 - aulia fashion 1

Walau banyak waktu yang membuat Anda beraktivitas di rumah, namun jangan jadikan alasan untuk bermalas-malasan atau kurang produktif ya saat bulan puasa ini. Anda bisa mencari kesibukan dengan melakukan kegiatan-kegiatan produktif untuk mengisi waktu luang Anda. Jika Anda juga termasuk salah satu karyawan perusahaan yang #bekerjadarirumah, maka lakukan kegiatan produktif ini selepas waktu kerja atau saat malam hari.

Namun bila Anda seorang ibu rumah tangga atau terbiasa melakukan kegiatan freelance, Anda bisa melakukan hal-hal produktif misalnya menjalankan hobi Anda yang sudah lama belum dilakukan. Misalnya jika Anda hobi masak, Anda dapat bereksperimen dengan resep baru dan juga bisa menjadi ide usaha rumahan baru bagi Anda, kemudian mendekor ulang rumah untuk menampilkan nuansa baru interior rumah Anda, berkebun di halaman rumah agar rumah lebih fresh dan indah dipandang, membaca buku, menulis blogger maupun fiksi, dan berolahraga untuk tetap sehat meski di rumah saja.

2. Niat Murni Ramadhan dengan Membantu Keluarga

niat murni selama ramadhan 2020 - aulia fashion 2

Karena mayoritas waktu Anda habiskan dalam rumah, maka manfaatkan momen ini untuk lebih dekat dengan keluarga, ya. Mungkin karena kesibukan, Anda jadi jarang meluangkan waktu untuk keluarga. Nah, momen Ramadhan di rumah kali ini dapat Anda gunakan untuk saling membantu anggota keluarga dalam melakukan aktivitasnya. Misalnya saat ibu atau mertua membersihkan rumah, Anda bisa membantunya. Atau saat memasak nih, ajak anak-anak Anda turut serta dalam memasak, menyiapkan menu berbuka puasa atau sahur. Saat anak Anda belajar secara online, Anda juga bisa membantunya untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Karena lebih baik melakukan kegiatan bersama-sama dan menjalin hubungan yang harmonis.

3. Tetap Jalin Silaturrahmi dengan Teman

niat murni selama ramadhan 2020 - aulia fashion 3

Jarak bukan berarti menjauhkan Anda dengan teman-teman yang tak lagi Anda temui setiap hari. Sapalah mereka untuk tetap menjalin silaturrahmi di momen Ramadhan ini. Tak perlu hangout atau mendatangi rumah mereka, tetapi Anda dapat menyapanya lewat video call bersama-sama untuk saling bertukar kabar dan cerita. Hal ini dapat mengurangi rasa stress ketika #dirumahaja, lho dan membuat Anda tetap akrab dengan teman-teman.

4. Berkarya Bersama Via Daring

niat murni selama ramadhan 2020 - aulia fashion 4

Cara wujudkan niat murni Ramadhan yang keempat yaitu berkarya bersama teman-teman Anda via daring. Anda dapat berkolaborasi untuk membuat karya yang dapat menghibur dan menenangkan banyak orang di tengah pandemi ini. Anda bisa menepis rasa panik akibat pandemi ini bersama teman-teman yang memiliki hobi serupa dengan Anda. Misalnya Anda mengajak mereka cover lagu favorit kalian, atau mengikuti challenge yang sedang tren di dunia maya untuk Anda coba bersama teman-teman.

5. Niat Murni Ramadhan dengan Berdonasi dan Berbagi

niat murni selama ramadhan 2020 - aulia fashion 5

Nah, bulan Ramadhan ini pas banget untuk membantu sesama. Mana bisa dilakukan saat pandemi seperti ini? Bisa kok. Anda masih bisa berdonasi secara online pada lembaga-lembaga sosial demi membantu mereka yang membutuhkan, keluarga korban virus covid-19, maupun untuk tenaga medis di garda depan yang masih memerlukan perlengkapan medis.

Selain itu Anda bisa berbagi takjil maupun kebutuhan pokok untuk orang-orang kurang mampu yang sedang berpuasa. Anda bisa membagikannya di jalan raya secara acak dan memberikan satu-persatu untuk menghindari datangnya kerumunan yang semakin memperlebar persebaran virus. Karena berbagi dan membantu sesama itu indah.

Baca juga: 7 Momen yang Paling Dirindukan dan Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Ayo tetap wujudkan niat murni Ramadhanmu di tahun ini dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif dan tetap berbagi untuk membantu sesama. Jangan sia-siakan momen Ramadhan kali ini, insya Allah Anda akan mendapatkan berkah hingga datangnya Hari Kemenangan. Selamat berpuasa dan menjalani rutinitas Anda, Aulialovers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *