5+ Peralatan dan Baju Untuk Mendaki Gunung

baju untuk mendaki gunung

Mendaki gunung adalah salah satu aktivitas yang kini banyak orang gemari, dari kalangan anak muda hingga dewasa. Untuk Anda yang baru ingin mencoba aktivitas mendaki gunung ada beberapa rekomendasi baju untuk mendaki gunung.

Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang dilakukan secara outdoor atau di luar ruangan. Berbeda dengan camping atau outbound, mendaki gunung sendiri jauh lebih terkesan seperti olahraga di ruang yang bebas tanpa kontrol.

Oleh karena itu tidak heran kalau aktivitas ini digemari oleh anak muda.

Mendaki gunung bisa tergolong sebagai salah satu aktivitas ekstrim dan memicu adrenalin, terutama untuk pemula yang ingin mencoba mendaki gunung untuk pertama kali. Bagaimana tidak, ketika mendaki gunung Anda benar-benar berada di alam bebas, terlebih dengan suasana dan suhu yang berbeda.

Untuk Anda yang pemula dalam mendaki gunung, memperhatikan barang bawaan merupakan salah satu langkah untuk mengoptimalkan pendakian gunung Anda. Hal ini tidak termasuk seperti peralatan dan bahkan baju yang akan Anda kenakan.

Berikut merupakan peralatan dan baju untuk mendaki gunung yang dapat Anda bawa ketika pendakian gunung pertama Anda!

Peralatan Yang Wajib Anda Bawa Untuk Pendakian Anda!

Apa saja yang harus dibawa pendaki pemula?

 

Saat mendaki pertama kali terkadang kita bertemu dengan kebingungan untuk membawa barang apa saja. Oleh karena itu pertanyaan seperti “Apa saja yang harus dibawa pendaki pemula?” sering muncul di kolom pencarian.

Berikut beberapa barang yang dapat Anda bawa saat mendaki gunung!

  • Tas Gunung Untuk Mendaki Gunung

Berbeda dengan tas lainnya, tas gunung memang didesain sedemikian mungkin untuk membantu Anda saat pendakian dalam bentuk bisa memuat banyak barang pada satu tas. Oleh karena itu memiliki tas gunung untuk pendakian adalah wajib.

  • Sleeping Bag

Sleeping bag adalah kantung untuk tidur. Sleeping bag memiliki bahan khusus yang dapat melindungi Anda dari dinginnya suhu di gunung, sehingga untuk dapat istirahat dengan nyaman dan terhindar dari hipotermia Anda harus membawa alat yang satu ini.

  • Jas Hujan, Salah Satu “Alat” Yang Wajib Anda Bawa Saat Mendaki Gunung

Jas hujan adalah alat yang sering disepelekan. Jas hujan sendiri memiliki peran penting saat mendaki karena jas hujan dapat melindungi Anda dari hujan yang datang tiba-tiba agar diri Anda tidak basah dan mengalami hipotermia.

  • Tenda

Tenda adalah “rumah” untuk Anda saat di gunung. Tenda memiliki desain khusus yang dapat Anda lipat menjadi jauh lebih kecil dari ukuran aslinya. Selain itu tenda adalah bagian penting dari mendaki, karena tenda akan Anda gunakan untuk istirahat.

  • Pakaian Ganti

Ketika mendaki gunung Anda tidak dapat berekspektasi bahwa segala hal berjalan dengan lancar, salah satu hal yang dapat terjadi saat mendaki adalah hujan dadakan yang bahkan Anda tidak sempat mengenakan jas hujan. Baju yang basah dapat menyebabkan hipotermia, oleh karena itu membawa pakaian ganti adalah harus dan wajib.

  • P3K

Aktivitas di alam bebas tidak menjauhkan Anda dari bahaya, termasuk serangan hewan liar. Oleh karena itu membawa P3K bersifat wajib untuk menghindari Anda dari cidera yang serius!

  • Peralatan dan Bahan Masak Untuk Mendaki Gunung

Tidak hanya olahraga-olahraga pada umumnya saja yang dapat membuat Anda lapar, saat mendaki gunung Anda pun sering bertemu dengan keadaan lapar yang tidak bisa Anda tahan. Oleh karena itu membawa peralatan dan bahan masak adalah hal yang penting, karena makanan adalah sumber energi Anda saat mendaki, selain itu kini peralatan masak mendaki banyak yang bersifat portable dan mudah untuk Anda gunakan.

Jadi itu merupakan list barang bawaan yang wajib Anda bawa saat mendaki gunung. Apabila ada teman Anda bertanya “Apa saja yang harus dibawa pendaki pemula?”. Anda dapat menjawabnya dengan list di atas ya.

Rekomendasi Baju Untuk Mendaki Gunung

Topi gunung apa namanya?

Selain barang bawaan yang perlu Anda perhatikan, baju merupakan hal yang tidak boleh Anda sepelekan saat mendaki gunung. Hal ini berhubungan dengan kenyamanan Anda saat mendaki dan keselamatan Anda!

  • Penutup Kepala Yang Dapat Anda Kenakan Saat Mendaki

Penutup kepala dapat melindungi Anda dari bahaya-bahaya dari atas kepala Anda seperti ranting tajam atau duri dari tumbuhan-tumbuhan di sekitar Anda. Untuk penutup kepala yang dapat Anda kenakan saat mendaki tidak terbatas, Anda dapat membawa topi sebagai pelindung kepala Anda loh.

Namun, tidak sedikit yang bertanya “Topi gunung apa namanya?” pada kolom pencarian atau pada penjual peralatan pendakian

Untuk menjawab pertanyaan topi gunung apa namanya adalah terdapat beberapa macam bentuk topi yang dapat Anda kenakan saat mendaki gunung dan termasuk ke kategori topi gunung.

Topi rimba adalah topi gunung yang banyak orang kenakan saat mendaki. Bagaimana tidak topi ini memiliki bentuk yang terkesan untuk menjelajah. Selain itu Anda dapat mengenakan kupluk atau beanie hat untuk melindungi Anda dari suhu dingin di gunung.

Untuk Anda yang berhijab, Anda bisa mengenakan bucket hat untuk melindungi kepala Anda dari bahaya.

Sehingga jawaban dari pertanyaan topi gunung apa namanya, Anda dapat menjawab dengan topi rimba, beanie hat, dan bucket hat ya.

  • Jaket, Atasan Wajib Untuk Mendaki Gunung

Memilih jaket yang tepat untuk mendaki adalah salah satu kunci yang berpengaruh dalam keselamatan Anda saat mendaki loh. Oleh karena itu Anda wajib membawa dan memilih jaket yang benar untuk Anda kenakan saat mendaki.

Pastikan Anda memilih jaket yang memiliki bahan tebal untuk melindungi Anda dari dinginnya suhu di gunung, namun juga memiliki ventilasi agar tubuh tidak terlalu berkeringat saat Anda kenakan.

  • Celana Kargo, Salah Satu Hal Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Celana yang tepat dapat mempengaruhi kenyamanan Anda saat mendaki dan melindungi Anda dari kedinginan. Hindari mengenakan celana dengan bahan yang kaku seperti celana jeans.

Selain itu Anda juga perlu menghindari mengenakan celana pendek, karena celana pendek tidak dapat melindungi Anda dari duri tajam atau ranting-ranting tumbuhan. Ditambah celana pendek tidak dapat melindungi Anda dari tiupan angin gunung yang dingin sehingga memperbesar kemungkinan untuk terkena hipotermia.

Sangat direkomendasikan untuk mengenakan celana kargo, karena celana kargo memilihi bahan tebal namun ringan selain itu juga bersifat hangat. Ketambahan celana kargo memiliki banyak kantong sehingga Anda dapat menyimpan banyak barang pada celana Anda.

  • Rekomendasi Alas Kaki Yang Dapat Anda Kenakan

Alas kaki memiliki peran penting dalam menjaga kaki Anda dari bahaya-bahaya yang ada di gunung, selain melindungi kaki Anda dari duri-duri tajam, alas kaki yang tepat dapat melindungi kaki Anda dari hewan-hewan yang menggigit dan menyengat.

Oleh karena itu, banyak orang merekomendasikan untuk mengenakan sepatu gunung bukan sandal gunung. Sepatu gunung memiliki banyak model yang bisa menyesuaikan dengan preferensi Anda seperti high boots, low hiking shoes, dan mid shoes.

Perlu Anda ingat, menggunakan sandal gunung dapat mempengaruhi keselamatan kaki Anda. Sandal gunung sangat terbuka sehingga tidak bisa melindungi kaki Anda dari mara bahaya yang ada di gunung.

Naik gunung bawa baju berapa?

 

Pertanyaan seperti “baju apa yang perlu dibawa saat mendaki” atau “Naik gunung bawa baju berapa?”

Untuk menjawab pertanyaan pertama, pastikan Anda menghindari mengenakan kaos terutama kaos dengan lengan pendek, karena tidak dapat melindungi lengan Anda dari duri-duri tajam atau ranting tumbuhan.

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat memilih baju untuk Anda kenakan saat mendaki adalah jangan memilih baju atau pakaian dengan bahan katun!

Baju atau pakaian dengan bahan katun, air yang dibawa oleh udara akibat kelembaban udara yang tinggi dapat terperangkap pada baju. Air yang terperangkap pada baju dengan bahan katun lebih sulit untuk menguap ketimbang baju dengan bahan lain. Hal ini menyebabkan suhu panas tubuh terus-terusan terserap oleh air, sehingga meningkatkan resiko hipotermia.

Anda dapat mengenakan kemeja flannel, hal ini karena kemeja flannel memiliki bahan yang tebal untuk melindungi Anda dari suhu dingin selain itu lengannya yang panjang dapat melindungi lengan Anda dari duri dan ranting tajam tumbuhan dan ditambah dapat menyerap keringat dengan efektif.

Untuk pertanyaan “naik gunung bawa baju berapa” dapat menyesuaikan dengan berapa hari Anda menetap di gunung, namun umumnya Anda perlu membawa minimal 3 stel baju ganti selama mendaki.

Ngomongin baju nih, Anda sudah cek katalog Aulia Fashion belum? Kalo belum boleh nih cek katalog baju muslim dari Aulia Fashion yang memiliki desain kece-kece, selain itu bahannya juga nyaman dan oke banget loh untuk Anda kenakan sehari-hari!

Jadi begitu AuliaLovers, list barang bawaan dan baju untuk mendaki gunung yang bisa Anda bawa untuk pergi mendaki gunung. Tidak perlu ragu lagi nih untuk mulai mendaki gunung ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.