Gamis tenun sultan by Aulia Fashion

6 Model Gamis Tenun Kombinasi dengan Motif Khas Indonesia

Posted on

Auliafashion.id – Motif etnik yang terdapat dalam kain khas Indonesia kini semakin diminati karena. Kain batik dan kain tenun misalnya, kedua jenis kain ini dapat dijadikan model-model baju modern yang sangat fashionable saat dikenakan. Kain khas Indonesia juga sudah go international, lho dan banyak diminati masyarakat mancanegara. Kain tenun juga menarik minat para desainer busana muslim untuk menjadikannya kombinasi busana-busana karya mereka. Salah satunya ialah gamis tenun. Gamis tenun menyatukan gaya syar’i khas Timur Tengah dengan gaya khas Indonesia. Motif tenunnya dapat melengkapi nuansa etnik pada penampilan pemakainya dan membuatnya terlihat semakin elegan.

Mau tau model gamis tenun kombinasi yang kekinian dan tak pernah sepi peminat? Simak ulasan Aulia Fashion berikut, ya.

1. Gamis Abaya Motif Tenun

Gamis tenun sultan by Aulia Fashion 1

Gamis Abaya adalah model atau jenis busana khas perempuan Timur Tengah yang tampak syar’i karena bentuknya yang lurus simple tidak banyak potongan yang tidak menampakkan lekuk tubuh penggunanya. Busana satu ini memiliki bentuk menyerupai jubah dengan lengan panjang. Bahan kain yang cocok untuk dijadikan sebagai gamis abaya karena sifat kainnya yang tebal dan halus. Gamis Abaya dapat dikombinasikan dengan kain tenun bermotif pada bagian depan atau sampingnya. Kombinasi ini akan memunculkan kesan etnik dan elegan pada penampilan Anda.

2. Gamis Tenun Ikat

Model gamis ikat biasanya memiliki aksen ikat pada bagian samping, sehingga membuat penampilan lebih terkesan slim. Aksen ikat ini meringkas kain lebar pada gamis. Anda dapat mengencangkan atau melonggarkan ikatan tersebut sesuai ukuran tubuh Anda agar membuat Anda nyaman dan tampil kasual. Bahan untuk gamis ikat ini biasanya kain yang ringan dan sejuk. Untuk menyempurnakan penampilan Anda, gunakan hijab motif ataupun hijab polos dengan warna yang senada. Ada beberapa gamis tenun yang memiliki aksen ikat pada bagian samping atau bagian dada seperti mengenakan hanbok khas Korea. Motif tenun pada gamis ikat biasanya berada pada atasan gamis.

3. Gamis Tenun Motif Lurik

Gamis tenun sultan by Aulia Fashion 4

Gamis tenun kombinasi lurik merupakan salah satu kategori model baju gamis yang memadukan kain tradisional dari sisi tenun lurik dan kombinasi kain polos yang mampu menciptakan desain busana yang modern dan klasik yang unik dan tentunya mampu membuat siapapun yang memakainya terlihat makin anggun dan mempesona. Biasanya gamis ini memiliki aksen tenun lurik pada bagian sisi kiri dan kanannya sehingga dapat memperindah penampilan.

4. Gamis Tenun Bell Sleeves

Model gamis ini memiliki aksen melebar pada ujung lengannya sehingga disebut gamis lengan lonceng atau bell sleeves. Gamis lengan lonceng sangat mudah ditemui dimana-mana karena peminatnya yang banyak. Gamis ini populer karena desainnya yang modis dan trendi. Biasanya aksen lengan loncengnya tak hanya terdiri dari satu layer, tetapi dari beberapa layer. Gamis ini cocok untuk digunakan untuk berbagai acara karena modelnya yang elegan dan menarik. Kesan lengan lonceng ini juga menghilangkan kesan kaku dan membosankan pada gamis yang sedang Anda pakai.

Gamis model bell sleeves dapat dikombinasikan dengan kain tenun pada bagian depan gamis, dan pada aksen bell sleeves-nya. Kesan feminin sekaligus klasik menjadi nuansa kental pada gamis modrel ini.

5. Gamis Tenun Kombinasi Warna Cerah

Gamis tenun sultan by Aulia Fashion 3

Warna cerah selalu mampu memberikan kesan ceria dan bersemangat pada penampilan. Motif tenun berwarna cerah juga dapat Anda pilih untuk dijadikan sebagai model gamis. Motif berwarna cerah biasanya terdapat pada bagian rok gamis, atasan gamis atau lis border pada bagian lengan gamis. Padukan motif tenun warna cerah ini dengan warna-warna yang netral seperti hitam, cokelat atau putih.

6. Gamis Tenun Kombinasi Model Cape

Gamis tenun sultan by Aulia Fashion 2

Aksen cape pada busana muslim memang menjadi tren fashion icon akhir-akhir ini. Model cape sendiri berupa kain penutup melingkar dari depan dada hingga belakang punggung, dan juga bagian lengannya tidak dijahit secara utuh. Tak jarang aksen cape juga dijadikan sebagai model gamis. Biasanya gamis model cape ini juga dikombinasikan dengan kain tenun khas Indonesia. Motif tenun terdapat pada cape gamis maupun pada seluruh bagian gamis.

Baca juga: Model Gamis Simple Elegan Terbaru 2020 yang Wajib Punya

Itulah ide model gamis tenun kombinasi yang dapat membuat penampilan Anda makin stylish. Anda dapat mengenakan model gamis dengan kombinasi kain tenun khas Indonesia ini sebagai rasa cinta pada kain tradisional khas Indonesia dan untuk menjaga sekaligus melestarikan kekayaan budaya negeri kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *