olahraga untuk muslimah - gamis Aulia Fashion

6+ Olahraga yang Cocok untuk Muslimah Agar Selalu Sehat

Posted on 42 views

Auliafashion.id – Padatnya rutinitas bagi wanita muslimah membuatnya terkadang lupa akan kesehatan tubuhnya. Salah satu cara untuk tetap menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga. Tubuh yang dibiasakan bergerak dan olahraga akan semakin bugar, sehat dan jarang merasa sakit. Selain itu, berolahraga secara rutin juga bisa meningkatkan kemampuan fisik sehingga Anda akan terbiasa dengan aktivitas yang padat yang biasa Anda lakukan.

Olahraga juga sangat dianjurkan sejak zaman Rasulullah, lho. Olahraga dapat menghindarkan seseorang dari berbagai macam penyakit tubuh. Bagi muslimah, olahraga sangat bermanfaat sekali untuk mengatasi beberapa permasalahan tubuh, seperti  menurunkan berat badan, mempertahankan tubuh ideal, menjaga kesehatan tulang, dan menyehatkan kulit.

Bagi wanita muslimah, tak ada halangan untuk melakukan aktivitas olahraga meski mengenakan hijab. Anda masih bisa tampil kece saat berolahraga dengan berhijab karena saat ini sudah banyak sekali baju olahraha untuk muslimah yang terbuat dari bahan-bahan khusus untuk berolahraga. Nah, berikut rekomendasi olahraga yang baik untuk wanita muslimah agar selalu sehat dari Aulia Fashion.

1. Lari atau Jogging

olahraga untuk muslimah - gamis Aulia Fashion 1

Olahraga untuk muslimah satu ini paling mudah diterapkan dan takkan menyita banyak waktu dan biaya, yaitu berlari. Anda bisa berlari sekitar rumah hingga kompleks sebelah, di pinggir jalan raya saat weekend, atau sekedar di rumah saja menggunakan treadmill. Lari atau jogging dapat membuat berat badan berkurang, meningkatkan stamina dan imunitas tubuh, mengurangi kolestrol, mencegah diabetes, dan mengurangi depresi.

Baju olahraga untuk muslimah saat jogging, Anda bisa mengenakan celana olahraga yang dipadukan dengan hoodie atau sweater yang tidak terlalu tebal sehingga tidak membuat gerah saat berkeringat. Cukupi juga kebutuhan air putih setelah jogging agar tidak mudah dehidrasi.

2. Senam

olahraga untuk muslimah - gamis Aulia Fashion 2

Senam merupakan aktivitas fisik yang dilakukan sebagai cabang olahraga lain yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Olahraga ini dapat melenturkan bagian otot-otot tubuh secara merata akibat tegang selama bekerja sepanjang hari. Senam juga membuat napas jadi lebih teratur, mengurangi lemak tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. Ketika senam, Anda bisa mengenakan seragam senam yang sudah satu set dengan jilbabnya. Pilih selalu bahan yang lentur, menyerap keringat dengan baik, dingin dan nyaman untuk dikenakan.

3. Berenang

Berenang amat menyegarkan untuk dilakukan. Banyak sekali manfaat dari olahraga satu ini. Berenang melibatkan hampir setiap kelompok otot utama, seperti otot lengan, kaki, dada, dan perut. Berenang juga meningkatkan detak jantung tanpa memberi tekanan panas pada tubuh, meningkatkan kekuatan, mengencangkan otot, meningkatkan kebugaran dan membantu mengatur berat badan. Kenakan busana renang khusus muslimah saat melakukan aktivitas olahraga berenang. Jangan lupa untuk selalu mengoleskan lotion ber-SPF sebelum berenang, untuk tetap melindungi kulit Anda ketika berenang.

4. Berkuda

olahraga untuk muslimah - gamis Aulia Fashion 4

Olahraga berkuda merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Wanita muslim pun boleh melakukan olahraga berkuda karena banyak sekali manfaat yang berguna untuk tubuh wanita. Di antaranya berkuda dapat menjaga keseimbangan tubuh, menguatkan otot tangan dan kaki, meningkatkan konsentrasi, membakar kalori, dan mengurangi rasa cemas. Anda bisa mengenakan baju berbahan spandex dengan jilbab instan. Gunakan juga topi dan sepatu khusus berkuda untuk keamanan dan keselamatan Anda.

5. Memanah

olahraga untuk muslimah - gamis Aulia Fashion 5

Di zaman Rasulullah, memanah adalah salah satu olahraga yang sangat penting dan memiliki peran amat besar dalam menghadapi musuh di medan perang. Bagi wanita muslimah, memanah juga dianjurkan untuk dilakukan karena manfaat-manfaat ini: melatih kesabaran, konsentrasi untuk tetap fokus membidik target seakurat mungkin, dan meningkatkan kekuatan tubuh, terutama otot bagian tangan. Baju olahraga untuk muslimah saat memanah dapat berupa gamis dan jilbab. Olahraga ini dapat Anda lakukan pada lapangan yang luas ataupun halaman dekat rumah yang memiliki jarak cukup lebar.

6. Bela Diri

olahraga untuk muslimah - gamis Aulia Fashion 6

Olahraga bela diri juga cocok dan bermanfaat lho dilakukan oleh seorang wanita. Banyak bela diri yang dapat Anda pilih, seperti pencak silat, karate, taekwondo, atau muay thai. Bela diri sangat berguna untuk melindungi diri sendiri ketika sedang dalam keadaan yang berbahaya. Selain itu, bela diri juga berguna untuk kesehatan tubuh, seperti menurunkan berat badan karena hampir seluruh bagian tubuh bergerak dan terus membakar kalori, mengolah napas dengan baik, menambah kekuatan bagian-bagian tubuh, dan menjaga kestabilan tubuh.

Ada banyak sekali teknik dalam bela diri, seperti teknik pukulan, tendangan, mengunci anggota tubuh lawan, menangkis, dan lain sebagainya. Olahraga ini cocok untuk dilakukan secara rutin untuk melemaskan otot dan meningkatkan konsentrasi. Namun olahraga ini juga beresiko meninggalkan bekas luka pada bagian tubuh akibat bertanding bela diri dengan lawan.

Baca juga: 5 Amalan di Bulan Syawal yang Dianjurkan untuk Anda Lakukan

Nah, itulah rekomendasi olahraga untuk muslimah yang cocok untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga penampilan Anda tetap bugar. Olahraga juga membantu membuat Anda tampak awet muda, lho. Jangan lupa untuk selalu mengenakan busana yang cocok dan nyaman dikenakan saat olahraga. Selamat menerapkan gaya hidup sehat untuk Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *