moment di bulan Ramadhan paling dinantikan - aulia fashion

7 Momen yang Paling Dirindukan dan Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Posted on 5 views

Auliafashion.id – Alhamdulillah Ramadhan telah tiba setelah dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di dunia. Di bulan inilah kita diwajibkan untuk berpuasa dan di bulan inilah segala amal baik dan ibadah dilipatgandakan pahalanya. Pasti banyak dari Anda yang merindukan bulan Ramadhan ini. Mengapa? Karena ada momen-momen yang hanya ada di bulan Ramadhan dan paling dirindukan oleh umat Islam sedunia. Yuk, Aulia Fashion akan bahas momen-momen ini untuk Anda.

1. Momen Ngabuburit Bersama

moment di bulan Ramadhan paling dinantikan - aulia fashion 1

Pasti Anda merindukan momen satu ini. Momen ngabuburit ialah aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa. Biasanya ngabuburit bisa dilakukan bersama-sama, seperti jalan-jalan sore untuk berburu takjil, mengunjungi tempat-tempat menarik di kota Anda, atau sekedar ngobrol seru dengan keluarga atau sahabat. Apapun kegiatan Anda saat ngabuburit, pastikan kegiatan tersebut mengandung manfaat kebaikan ya, Aulialovers.

2. Berbuka Puasa Rame-Rame

moment di bulan Ramadhan paling dinantikan - aulia fashion 2

Ini dia momen yang ditunggu-tunggu menjelang puasa Ramadhan, berbuka puasa. Setelah berjuang seharian menahan lapar, haus, dan hawa nafsu, alangkah baiknya momen buka puasa dilakukan bersama keluarga atau sahabat Anda. Kebersamaan ini akan mengundang banyak canda tawa dan berbuka puasa jadi momen yang lebih indah bila dilakukan bersama-sama. Saat momen berbuka bersama-sama dengan orang yang berharga dalam hidup kita membuat kita lebih bersyukur atas nikmat Allah karena masih diberi kesempatan menikmati momen ini bersama mereka.

3. Sholat Tarawih Berjama’ah

moment di bulan Ramadhan paling dinantikan - aulia fashion 3

Ibadah puasa akan kurang lengkap jika kita melewatkan sholat tarawih berjama’ah di malam hari. Apalagi sholat tarawih adalah ibadah sholat sunnah yang hanya ada di bulan Ramadhan saja, lho. Tak hanya mendapatkan pahala sholat saja, namun Anda juga bisa mempererat lagi tali silahturahim dengan banyak orang. Lakukan sholat tarawih secara penuh, yang kemudian dilanjut oleh sholat witir.

Sholat tarawih juga banyak memiliki keistimewaan jika kita menjalankannya. Di antaranya, Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah lalu atau sejak lama, kemudian yang kedua, sholat tarawih yang dilakukan secara berjamaah bersama imam akan dinilai sama seperti sholat semalam penuh. Wah, istimewa sekali sholat Sunnah satu ini ya.

4. Momen Sahur Bersama Keluarga

moment di bulan Ramadhan paling dinantikan - aulia fashion 4

Moment sahur adalah hal yang paling penting ketika berpuasa. Selain sebagai salah satu sunah, sahur juga merupakan momen paling berkesan untuk keluarga. Bangun dini hari sebelum fajar, menyiapkan makanan, dan makan bersama keluarga juga momentable sekali. Sahurlah sebelum imsak tiba, kemudian lanjutkan dengan sholat subuh berjamaah dengan keluarga.

5. Malam Lailatul Qadar

Malam istimewa ini merupakan malam yang ditunggu-tunggu ketika bulan Ramadhan. Malam lailatul qadar dinilai lebih baik dari malam seribu bulan. Banyak kemuliaan yang datang pada malam istimewa ini, di antaranya turunnya Al-Qur’an dan turunnya para malaikat dalam jumlah yang besar, termasuk di dalamnya malaikat Jibril. Para malaikat turun di malam itu dengan cahaya yang cemerlang penuh kedamaian dan kesejahteraan. Kedatangan mereka adalah untuk menyampaikam ucapan selamat kepada orang yang yang melaksanakan puasa Ramadhan dan melaksanakan ibadah lainnya. Pada malam ini juga menjadi malam dikabulkannya do’a sehingga disunnahkan melakukan sholat malam, membaca Al-Qur’an serta berdo’a pada malam lailatul qadar.

6. Bersedekah di Bulan Ramadhan

moment di bulan Ramadhan paling dinantikan - aulia fashion 6

Lakukan juga bersedekah di bulan Ramadhan, meski di bulan-bulan lainnya kita memang dianjurkan untuk bersedekah. Dimulai dari berbagi dengan teman dekat, saudara, tetangga, dan berbagi kepada saudara kita yang kekurangan. Ibadah Anda pada bulan Ramadhan juga akan menjadi lebih indah jika bisa berbagi kebahagiaan bersama mereka yang sedang membutuhkan.

7. Mudik ke Kampung Halaman

moment di bulan Ramadhan paling dinantikan - aulia fashion 7

Di penghujung bulan Ramadhan, ketika hendak memasuki lebaran Idul Fitri, pasti banyak orang bahkan Anda yang mudik ke kampung halaman. Karena pada hari raya Idul Fitri, umat muslim di Indonesia mempunyai budaya bermaaf-maafan, sehingga banyak dari kita pergi ke kampung halaman atau rumah para saudara dan kerabat untuk saling meminta maaf satu sama lain. Alangkah indah dan kembali fitri hati kita dengan saling memaafkan.

Baca juga: 11 Persiapan Amalan Menyambut Ramadhan yang Dapat Dilakukan Sejak Sekarang

Wah, jadi tidak sabar mengalami momen-momen itu ya di bulan Ramadhan ini. Mari kita melaksanakan Ramadhan dengan sebaik-baiknya, memperbanyak ibadah dan amalan shaleh di bulan suci ini. Sehingga kita dapat menyambut hari kemenangan Idul Fitri dengan hati yang suci, bahagia, dan mendapat fitrah dari-Nya. Amin Ya Rabbal Alamin.