tips belanja online - Aulia Fashion

7 Tips Belanja Online yang Aman bagi Pemula

Posted on

Auliafashion.id – Dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi saat ini, maka semakin banyak kemudahan yang ditawarkan, termasuk kemudahan berbelanja. Dengan banyak bermunculannya e-commerce, banyak pula orang yang membuka toko online dan menjual berbagai macam barang dan jasa. Apalagi pada saat pandemi virus menyerang seperti saat ini, membuat banyak orang jarang ke luar rumah dan memilih untuk belanja online. Namun di balik kemudahan berbelanja online, ada juga beberapa pihak yang memanfaatkan untuk melakukan penipuan, misalnya menjual barang palsu atau barang yang tidak sesuai dengan tampilan pada marketplace. Karena itu, bagi Anda yang masih awam atau pemula untuk melakukan transaksi belanja online, terutama saat berburu fashion wanita secara online, berikut Aulia Fashion memberi tips belanja online yang aman bagi pemula. Agar saat Anda membeli barang, barangnya sampai sesuai keinginan Anda.

1. Lakukan Riset dan Survei Pasar Terlebih Dahulu

tips belanja online - Aulia Fashion 1

Tips belanja online yang pertama harus Anda terapkan yaitu riset atau survei toko online terlebih dahulu. Caranya yaitu Anda bisa melihat di ulasan konsumen yang sudah berbelanja. Jika dalam online shop tersebut banyak konsumen yang meninggalkan testimoni jelek, maka tinggalkan dan cari toko lain. Sebaiknya kamu memilih online shop yang memiliki testimoni bagus dari konsumenya. Hindari online shop yang mendapatkan rating bintang satu dan mendapat komplain dari konsumen, baik itu pada akun medianya maupun pada situsnya.

2. Telitilah Kebijakan Marketplace

Untuk toko online yang sudah terpercaya, pasti akan mempunyai kebijakan situs. Tetapi meskipun Anda menemukan halaman kebijakan situs, Anda tetap harus membaca dengan teliti, dan jangan sampai di kebijakan itu ada beberapa poin yang merugikan Anda sebagai pembeli.

Baca juga kebijakan tentang pengembalian barang. Karena belanja online tentu saja barang yang dibeli tidak bisa Anda lihat secara fisik, maka pada kebijakan tersebut harus ada tulisan yang berkaitan dengan garansi jika barang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, semisal barang cacat, berbeda ukuran, atau pengiriman yang terlalu lambat.

3. Belanjalah di Toko Online yang Terpercaya

tips belanja online - Aulia Fashion new 3

Poin ketiga dari tips belanja online ini yaitu belanjalah di toko online yang terpercaya. Jika Anda ragu untuk melakukan pembelian di toko online yang masih belum Anda kenali dengan baik, Anda sebaiknya memilih untuk berbelanja di toko online yang sudah ternama dan familiar dengan Anda. Jangan tergoda dengan harga murah yang tidak wajar yang ditawarkan oleh toko online yang kurang dapat di percaya atau orang-orang yang mewarkan barang melalui akun media sosial seperti facebook maupun Instagram, dan bertanyalah pada forum-forum atau pada teman Anda yang lebih berpengalaman mengenai belanja online di toko online tersebut sebelum traksaksi.

Hal yang paling aman adalah berbelanja melalui marketplace yang sudah ternama dimana mereka menggunakan sistem pembayaran menggunakan rekening bersama, dana Anda akan di tahan oleh pihak marketplace dan baru di serahkan pada penjual ketika barang sudah Anda terima dan juga sesuai. Karena jika barang tidak sampai atau tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda bisa melakukan retur dan dana akan dikembalikan pada akun Anda.

Selain itu, keunggulan belanja di marketplace adalah adanya ulasan dari pembeli lain dan peringkat penjual. Anda bisa mengecek ulasan dari pembeli lain untuk melihat apakah penjual dapat dipercaya, kualitas barang yang dijual, dan kecepatan pengiriman.

4. Survei Harga dan Kelayakan Produk

Ada baiknya Anda melakukan survei harga terlebih dahulu untuk mengecek kembali apakah harga di online lebih murah atau lebih mahal dibanding jika membeli langsung di toko. Jangan mudah percaya dengan produk yang harganya sangat murah. Biasanya produk yang murah berarti produk yang kualitasnya kurang bagus sehingga menimbulkan kekecewaan pembelinya. Cek juga barang asli yang diterima customer melalui foto-foto testimoni. Cek kelayakan produk apakah dengan harga sekian produk tersebut worth it untuk dibeli atau tidak.

5. Bacalah Deskripsi Produk yang Hendak Dibeli

tips belanja online - Aulia Fashion 5

Periksalah spesifikasi barang dan baca kembali deskripsi produk dengan cermat. Hati-hati juga dengan produk bermerek yang biasa dijual dengan harga tinggi, namun di salah satu situs dijual dengan harga yang sangat murah. Bisa jadi barang yang dijual dari situs tersebut adalah barang palsu atau KW.

6. Pilih Pembayaran yang Paling Aman

Nah, ini yang paling urgent dan harus berhati-hati. Dalam melakukan transaksi biasanya situs belanja online memiliki berbagai opsi pembayaran. Seperti melalui kartu kredit, ATM, maupun melalui gerai minimarket modern. Namun karena sekarang banyak pencurian nomor kartu kredit, membuat penyedia situs belanja online menggunakan sistem PayPal, Transfer Kirim, atau VCC (virtual credit card). Beberapa bank sekarang menawarkan kartu kredit “penggunaan satu kali” atau “virtual” kartu kredit yang dirancang khusus untuk aktivitas belanja online. Menggunakan pilihan ini tentunya lebih aman untuk transaksi Anda. Berhati-hatilah melakukan pembelian melalui sistem COD (Cash on Delivery), jangan melakukan COD seorang diri, tetapi ajaklah teman atau saudara Anda.

7. Gunakan Password yang Tak Mudah

Setiap keamanan yang berhubungan dengan akun online, maka salah satu langkah pengamanan dasar yang harus di ambil adalah membuat password yang kuat. Password merupakan pertahanan keamanan terbaik yang kita miliki, tetapi jika password atau kata sandi tidak Anda buat dengan tepat dan kuat, hacker dapat dengan mudah menebak password tersebut. Untuk setiap akun belanja online yang Anda miliki, pastikan Anda selalu membuat password yang kuat, unik dan lakukan secara rutin untuk melakukan pergantian password. Jangan pernah menggunakan password dengan nama anda, hari ulang tahun atau jenis password yang sangat mudah ditebak atau mudah dibaca, pastikan Anda menggunakan kombinasi huruf, angka dan karakter unik yang ada pada keyboard Anda untuk membuat password yang sulit ditebak. Password yang sulit ditebak ini juga akan melindungi akun marketplace Anda agar tidak digunakan pihak yang tidak diinginkan untuk menyalahgunakannya untuk berbelanja dengan uang elektronik Anda yang tersimpan di dalamnya.

8. Selalu Cek Barang yang Anda Terima

tips belanja online - Aulia Fashion 8

Jika barang telah diterima, cek kembali apakah sesuai dengan yang Anda pesan atau malah ada yang kurang, salah, atau bahkan tak layak pakai. Jika tidak sesuai atau cacat, langsung ajukan retur barang ke marketplace agar sistem tetap menyimpan pembayaran Anda hingga barang Anda telah ditukar yang benar oleh penjual.

9. Selalu Gunakan Gadget/Komputer Pribadi

tips belanja online - Aulia Fashion 9

Selain melihat keamanan dari situs toko online yang Anda kunjungi, jangan lupa untuk mengoptimalkan kemanan PC atau perangkat Anda. Gunakan PC, laptop atau smartphone pribadi untuk melakukan jual-beli di marketplace. Selalu lakukan update software antivirus dan antispyware secara rutin. Banyak program jahat secara eksplisit dirancang untuk mengambil keuntungan dari kerentanan keamanan di sistem operasi aplikasi dan browser web. Anda harus tetap menjaga browser dan sistem operasi yang Anda gunakan selalu up-to-date. Dan jangan pernah menggunakan software layanan gratisan untuk mengakses akun penting yang berhubungan dengan keuangan Anda, karena ini bisa berakibat fatal pada kehilangan informasi atau bahkan kehilangan uang Anda.

Baca juga: Ingin Buka Bisnis Fashion Wanita? Ini 6 Trik untuk Memulainya Agar Sukses!

Itulah tips aman belanja online yang bisa Anda jadikan panduan sebelum melakukan transaksi online. Tetaplah berbelanja di tempat yang aman dan mudah, dengan sistem pembayaran yang aman pula. Berhati-hatilah dengan segala macam penipuan yang ada ketika melakukan belanja online. Anda juga bisa membeli Set Gamis Aulia Fashion secara online juga lho, Aulialovers. Cukup chat admin kami atau temukan kami di marketplace untuk kemudahan belanja Anda. Selamat berbelanja online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *