tips menjaga kesehatan rambut berjilbab by Aulia Fashion

9 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Rambut Bagi Wanita Berhijab

Posted on 50 views

Auliafashion.id – Tips Menjaga Kesehatan Rambut Berhijab – Mayoritas orang beranggapan bahwa wanita berhijab memiliki rambut yang selalu terlindungi dari paparan sinar matahari, debu, dan polusi. Meski ada benarnya, namun bukan berarti rambut wanita berhijab tidak mendapatkan masalah rambut yang serius. Rambut yang selalu tertutup bisa menjadi lembap dan mudah lepek. Sehingga masalah rambut yang sering dirasakan wanita berhijab ialah masalah ketombe dan rambut rontok.

Bagi wanita berhijab sebaiknya tetap menjaga kesehatan dan keindahan rambut Anda. Rambut Anda justru memerlukan perawatan dan perhatian lebih. Namun, bagaimana cara menjaga kesehatan rambut bagi wanita berhijab? Yuk, simak ulasan dan tips Aulia Fashion berikut ini!

1. Sisirlah Rambut Sebelum Keramas

tips menjaga kesehatan rambut berjilbab by Aulia Fashion 1

Seringlah menyisir rambut Anda. Disarankan menyisir rambut Anda dengan wide-tooth comb (sisir bergerigi jarang dan lebar dengan bentuk pipih tipis) untuk meluruskan kembali rambut yang kusut. Ketika sebelum keramas, sisirlah juga rambut Anda. Hal ini dilakukan agar membantu Anda terhindar dari masalah rambut rontok. Anda juga perlu menyisir rambut Anda setelah selesai keramas dan juga sebelum menguncir rambut ketika akan berhijab. Menyisir rambut bisa melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan bisa menghindarkan Anda dari rambut kusut tentunya.

2. Gunakan Shampo Khusus untuk Rambut Sensitif

Karena rambut yang berhijab cenderung berminyak serta lembap, gunakanlah shampo khusus untuk rambut sensitive dan non-conditioner. Menggunakan shampo ringan khusus kulit kepala sensitif akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala Anda dan mencegah ketombe hadir, yang dapat memicu rambut rontok. Alangkah lebih baik lagi jika Anda memilih shampo yang diformulasikan khusus untuk perawatan rambut berhijab.

Anda tidak perlu berkeramas setiap hari karena bisa membuat rambut menjadi rapuh. Berkeramas 2 hingga 3 kali saja seminggu sebenarnya sudah cukup, kecuali jika rambut Anda memang dalam keadaan sangat kotor.

3. Keringkan Rambut Sebelum Berhijab

tips menjaga kesehatan rambut berjilbab by Aulia Fashion 3

Usahakan tidak mengikat rambut Anda dan memakai jilbab saat rambut Anda masih basah. Rambut basah lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan. Selain itu, rambut basah yang langsung dilapisi hijab akan menyebabkan banyak ketombe yang bermunculan. Jangan pula menggunakan blow-dry atau catok rambut. Energi panas pada alat-alat tersebut akan membuat rambut Anda semakin rusak. Jika situasi mendesak dan Anda harus buru-buru berangkat, gunakan hairdryer dengan suhu rendah untuk mengeringkan rambut Anda.

4. Gunakan Masker Rambut

Cara menjaga kesehatan rambut berhijab selanjutnya yaitu dengan menggunakan hair mask atau masker rambut secara rutin. Meskipun rambut wanita berhijab tidak terlihat, bukan berarti wanita berhijab tidak perlu melakukan perawatan rambut. Menggunakan masker rambut secara rutin bisa membuat rambut Anda tidak hanya lembut berkilau, tapi juga lebih kuat, sehat, dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Masker rambut bisa membantu menutrisi rambut Anda dan menghindarkan dari masalah rambut rontok. Anda dapat membeli hair mask instan atau membuatnya dari bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa, atau lidah buaya. Gunakan 1 sampai 3 kali dalam seminggu, ya.

5. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

tips menjaga kesehatan rambut berjilbab by Aulia Fashion 5

Tuntutan agar rambut selalu rapi dan tidak keluar dari batas jilbab membuat Anda harus mengikat rambut dengan kencang. Hindari mengikat rambut terlalu kencang karena rambut bisa melemah dan rontok saat ditarik erat. Sebaiknya ikat rambut sedikit tinggi seperti ekor kuda dengan karet rambut yang lembut, atau buat cepolan longgar di belakang leher agar rambut masih bisa leluasa bernapas.

6. Potong Rambut Saat Terlalu Panjang

Cobalah untuk memangkas rambut secara teratur (setiap 4-6 minggu sekali sangat dianjurkan) untuk menghilangkan ujung-ujungnya yang kering dan bercabang. Jadi, jangan mengabaikan rambut Anda dan pastikan untuk memotongnya secara teratur untuk membiarkannya tetap tumbuh dengan sehat.

7. Gerai Rambut Saat di Rumah

tips menjaga kesehatan rambut berjilbab by Aulia Fashion 7

Sesekali ketika Anda sedang berada di rumah atau kamar saat tidak memakai hijab, sebaiknya gerai rambut Anda. Setelah melepas ikatan rambut, jangan lupa untuk menyisir rambut Anda untuk melancarkan sirkulasi darah. Selain itu, seringnya menggerai rambut di rumah juga dapat menghilangkan bekas ikatan di rambut dan agar rambut Anda dapat bebas bernapas.

8. Pilih Jilbab dengan Kain yang Ringan

Bahan kain jilbab juga harus Anda perhatikan. Kenakan jilbab yang ringan, menyerap keringat, dan memiliki serat yang menjadi jalur keluar-masuk udara. Sebaiknya gunakan kain yang yang memiliki serat alami dan ringan. Bahan alami yang lembut pada rambut akan memungkinkan rambut Anda bernapas dengan baik. Kain yang menggunakan bahan alami misalnya seperti kain chiffon dan katun. Hindari menggunakan kain sintesis seperti nylon atau polyester karena kedua jenis kain ini bisa menyebabkan kerusakan pada rambut.

9. Konsumsi Makanan yang Kaya Asam Amino dan Protein

tips menjaga kesehatan rambut berjilbab by Aulia Fashion 9

Tak hanya dari luar, kerusakan rambut juga bisa diakibatkan oleh masalah dari dalam tubuh. Rambut rusak bisa menandakan kesehatan tubuh yang tidak optimal. Jangan lupa untuk menjaga pola makan seimbang dengan makanan sehat tiap hari. Pastikan juga Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan asam amino, protein dan zat besi, seperti salmon, daging, kenari, telur, dan bayam. Nutrisi pada pada makanan tersebut berguna untuk memelihara kesehatan rambut Anda. Selain nutrisi tadi, Anda juga bisa menambahkan suplemen vitamin yang akan membantu mempercepat pertumbuhan rambut sehat.

Baca juga: 15+ Tips Awet Muda Secara Alami, Caranya Gampang!

Nah, itulah cara-cara untuk menjaga kesehatan rambut berjilbab yang mudah untuk Anda terapkan. Apakah Anda sudah menerapkan cara menjaga rambut yang berhijab dengan benar? Jika belum, jangan lupa untuk menerapkan tips merawat kesehatan rambut bagi muslimah di atas ya. Selamat mencoba, Aulialovers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *