belanja aman

Berikut Tips Belanja Aman dan Nyaman Saat Pandemi Corona

Diposting pada

Aulia Fashion – Imbauan #dirumahaja semakin marak disosialisasikan di tengah pandemi virus corona yang semakin meluas. Pemerintah memerintahkan seluruh masyarakat harus bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah setidaknya selama 14 hari.

Idealnya, Anda memang tidak boleh bepergian ke luar rumah saat pandemi covid-19 berlangsung.

Tetapi sesekali Anda harus berbelanja bulanan untuk memenuhi kebutuhan keluarga atau membeli baju baru untuk dikenakan pada acara tertentu. Sebaiknya Anda menghindari keramaian untuk menghindari tertular covid-19.

Lantas, apakah aman untuk pergi belanja di supermarket di tengah wabah virus corona seperti saat ini? Nah, jawabannya adalah aman-aman saja selama Anda melakukannya dengan hati-hati.

Ya, selama Anda dalam kondisi sedang sehat, bukan termasuk golongan orang lanjut usia atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu, pergi belanja di supermarket untuk membeli bahan makanan masih dapat dilakukan dengan aman.

Tips Belanja Aman Saat Pandemi

Tenang saja, ada tips-tips tertentu agar Anda bisa lebih higienis ketika keluar rumah dan aktivitas belanja aman selalu. Simak tips-tips belanja saat pandemi berikut, mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

1. Buat Strategi To Do List Apa yang Hendak Dibeli

belanja yang aman

Sebelum pergi belanja di supermarket atau minimarket, pastikan Anda membuat catatan prioritas kebutuhan apa saja yang akan dibeli. Salah satu tips aman belanja ini dapat membantu Anda menghemat waktu sehingga tidak perlu berlama-lama berada di area supermarket.

Buatlah list barang-barang kebutuhan keluarga Anda. Susun rencana dengan matang, perkirakan tujuan Anda membeli kebutuhan tersebut. Apakah di apotek, toko obat, supermarket, toko baju langganan, dan lain sebagainya.

Hal ini direncanakan agar dapat menghemat waktu Anda, sehingga tak perlu repot bolak-balik keluar rumah dan memperkecil potensi tertular virus.

Selain itu, buatlah catatan belanja di kertas dan bukan melalui ponsel. Dengan demikian, Anda dapat membuang catatan belanja jika sudah selesai menggunakannya, tanpa harus menyebarkan partikel-partikel virus ke ponsel atau barang pribadi lainnya yang Anda gunakan.

2. Bawa Pembersih Tangan atau Hand Sanitizer

tips belanja aman online

Tips belanja aman saat pandemi selanjutnya adalah membawa cairan disinfektan rumah tangga dan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) dalam botol kecil. Ketika bepergian keluar rumah pastinya Anda akan menyentuh rak-rak barang yang hendak Anda beli.

Pastikan Anda selalu membawa pembersih tangan atau hand sanitizer jika tidak sempat mencuci tangan. Handsanitizer  mengandung alkohol 70% dapat digunakan sebagai metode cuci tangan darurat saat berada di tempat umum. Meski demikian, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir tetap merupakan solusi terbaik untuk membunuh virus, bakteri, dan kuman yang menempel di permukaan kulit.

Setelah melakukan transaksi pembayaran, usapkan juga hand sanitizer pada tangan Anda. Saat sampai di rumah jangan lupa cuci tangan, ya.

3. Hindari Belanja Berlebihan

tips belanja saat pandemi

Ketika berbelanja, hindari belanja berlebihan karena meminimalisir resiko akan terbuang sia-sia bagi produk yang tak mampu bertahan lama, dan pengeluaran belanja akan berlebihan. Belanjalah sesuai kebutuhan saja.

Waktu berbelanja yang singkat juga dapat mencegah kita dari penularan virus corona.

4. Jika Memungkinkan, Belanjalah Online Perhatikan Dulu Tips Belanja Aman Ini

tips belanja aman di shopee

Walaupun belanja di supermarket tergolong aman dilakukan, bagi Anda yang memiliki akses untuk membeli persediaan bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari melalui online, tak ada salahnya untuk memanfaatkan hal tersebut. Apalagi di tengah pandemi virus corona, sejumlah minimarket atau supermarket melayani pembelian bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari melalui online.

Selain mudah dan praktis, langkah ini juga dapat mengurangi risiko Anda terpapar infeksi virus corona Covid-19. Belanja aman secara online bisa menjadi alternatif yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat-tempat ramai.

Tips belanja aman online yang benar-benar harus Aulialovers perhatikan. untuk barang-barang yang bisa bertahan dalam jangka waktu lama, sebaiknya memesan secara online atau order melalui ojek online. Ketika barang datang, Anda bisa menyemprotkan disinfektan terlebih dahulu pada kemasan barang Anda. Kemudian mencuci tangan setelah unboxing barang pesanan Anda.

 

Nah, itulah tips belanja yang aman untuk Anda jika ‘terpaksa’ harus keluar rumah untuk berbelanja. Anda juga dapat memesan busana muslim Gamis Aulia Fashion secara online daripada keluar rumah untuk membeli baju.

Dan ingat, terapkan #socialdistancing atau berjarak sosial dengan orang-orang sekitar Anda. Tetap sehat dan selalu lindungi kebersihan Anda sekeluarga ya, Aulialovers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *