Laris Manis! Ini 6 Cara Jual Baju Online Agar Cepat Laku

Apabila saat ini Anda sedang berencana untuk merintis bisnis fesyen online, Anda akan membutuhkan panduan berikut tentang cara jual baju online agar cepat laku.ย 

Pasalnya, persaingan di niche yang satu ini makin hari makin ketat. Alhasil, pastinya tidak sedikit orang yang terjun ke dalam bisnis ini.

Semua orang tentu menyadari mudahnya berniaga secara online, terlebih di era serba canggih seperti sekarang. Berkat internet, orang-orang dari berbagai tempat pun saling terhubung, dan ini pun menghilangkan jarak antara pembeli dan penjual.

Artinya, sebagai pedagang baju online, Anda dapat menjangkau pembeli dari mana saja, bahkan yang berada di seberang benua sekalipun. Sayangnya, karena mayoritas orang memahami betul manfaat berjualan secara daring yang satu ini, semakin banyak orang pula yang berbondong-bondong mendirikan toko online-nya sendiri.

Lalu, bagaimana Anda bisa menonjolkan toko Anda dan memenangkan persaingan tersebut? Sedikitnya ada enam cara jualan baju online yang bisa Anda praktikkan agar dagangan Anda laris manis. Berikut triknya.

Pilih jenis pakaian yang hendak dijual

Sebelum Anda mulai berniaga secara online, Anda sebaiknya menentukan jenis pakaian seperti apa yang hendak Anda jual. Ini karena ragam busana yang hendak Anda tawarkan nantinya akan menjadi bagian penting dari strategi marketing bisnis Anda.

Dalam dunia bisnis, pemilihan area spesifik atau terfokus dari pasar yang lebih luas disebut dengan โ€œnicheโ€.

Mengapa Anda harus menentukan niche Anda? Jawabannya sederhana saja. Niche membantu Anda menemukan pelanggan yang tepat, dan sebaliknya pula, pelanggan yang tepat dapat menemukan Anda dengan mudah pula lewat niche terfokus.

Sebetulnya, ada beragam langkah yang bisa Anda tempuh untuk menemukan niche bisnis online Anda. Tetapi, langkah paling sederhana yakni dengan mengidentifikasi minat fesyen Anda. Apakah Anda suka busana muslimah? Atau baju-baju khas Korea?

Tulis dan catat baik-baik. Usahakan untuk memilih satu dari daftar yang telah Anda buat.

Di samping itu, Anda juga bisa mengamati hasil penjualan pesaing di niche tersebut. Pelajari baik-baik ragam busana dengan keuntungan tertinggi.

Atau, tidak ada salahnya jika Anda mulai dengan memperhatikan minat beli masyarakat. Jenis baju seperti apa yang paling diburu pada saat itu? Itu menandakan adanya peluang bagi Anda untuk mengisi niche tersebut.

Ambil foto produk dengan semenarik mungkin

Tahukah Anda?

Foto produk merupakan elemen penting dari toko online Anda yang membantu calon pelanggan memvisualisasikan item yang Anda tawarkan. Bagaimanapun juga, berbelanja secara online tidak memungkinkan pembeli untuk menyentuh pakaian-pakaian Anda secara nyata, bukan?

Inilah mengapa Anda sebaiknya mengambil foto produk dengan semenarik mungkin untuk meyakinkan pelanggan.

Faktanya, para konsumen cenderung menyukai toko baju online yang memajang foto produk dengan resolusi tinggi. Dengan demikian, mereka bisa mengamati produk tersebut dari berbagai sudut yang menunjukkan setiap detailnya, contohnya bentuk kancing baju, ragam jahitan, dan tekstur kain yang digunakan.

Selain itu, pembeli juga menginginkan foto produk yang diambil ketika dikenakan oleh seorang model. Dengan demikian, mereka dapat membayangkan bagaimana kira-kira tampilannya ketika pakaian tersebut melekat di badan mereka.

Misalnya, beberapa jenis kain cenderung flowy saat dipakai, sementara jenis lainnya mengikuti lekuk tubuh dengan baik.

Coba berjualan di marketplace

Sebetulnya, ini merupakan cara jual baju online bagi pemula yang ingin kami tegaskan bagi Anda yang merintis bisnis ini dengan modal sedikit. Pasalnya, membuat toko online Anda sendiri akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sementara itu, bukan cuma lebih ekonomis, tetapi berdagang di marketplace pun terbilang mudah. Anda hanya perlu membuat akun baru. Selepasnya, Anda akan mendapatkan akses instan ke banyak pelanggan potensial.

Selain karena faktor kemudahannya, ada beberapa manfaat lain dari berjualan di marketplace, antara lain:

  • Jika Anda ingin mempopulerkan toko baju online Anda, marketplace adalah tempat yang tepat untuk menarik minat pelanggan dan meningkatkan brand awareness tentang produk-produk Anda.
  • Tokopedia dan Shopee adalah contoh marketplace populer dengan cakupan pasar yang lumayan besar di Indonesia. Ini artinya, setiap kali orang-orang hendak berbelanja secara online, ada kemungkinan besar mereka akan pergi ke marketplace alih-alih mengunjungi platform lainnya.

Bukan cuma itu, di marketplace, terdapat berbagai pemasok grosir yang membuka peluang berjualan secara reselling dan dropshipping. Maknanya, jika Anda kebetulan tidak mengantongi modal besar, ini menjadi cara buka usaha baju kecil-kecilan yang layak Anda pertimbangkan.

Promosikan toko baju online Anda

Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan oleh para pedagang online: Bagaimana cara promosi jualan online agar cepat laku? Ini lantaran tidak sedikit yang mengeluhkan ketidakefektifan dari metode yang mereka pilih.

Salah satu cara promosi baju online termudah yang sepatutnya Anda coba yakni dengan membuat blog khusus bisnis Anda. Di sana, Anda sebaiknya mengunggah konten-konten berkualitas tinggi secara berkala yang berujung pada authority building untuk toko Anda.

Sederhananya, ini berarti Anda bisa menjadi โ€œpakarโ€ dalam niche Anda. Dengan demikian, Anda akan menarik perhatian konsumen tertarget. Lalu, pada akhirnya, visibilitas dan penjualan Anda pun meningkat.

Beri konsumen penawaran menarik

Posisikan Anda sebagai konsumen. Pembeli mana yang tidak tertarik dengan penawaran-penawaran menguntungkan? Walaupun begitu, jangan sampai Anda keliru memilih jenisnya. Salah-salah, bukannya menjadi cara jual baju supaya laris, Anda justru mendatangkan kerugian belaka.

Dari sekian banyak contoh penawaran menarik, memberikan diskon masih menjadi salah satu cara sukses jual baju online yang paling populer.

Ketika harus memutuskan jenis diskon mana yang sebaiknya Anda gunakan (apakah itu diskon sekian persen atau potongan harga sekian rupiah), pikirkan mana yang akan terlihat lebih menarik bagi pembeli.

Juga, selalu pertimbangkan keuntungan Anda. Terlebih lagi, pastikan untuk tidak terus-menerus mengadakan sale, karena orang-orang akan mengharapkan ini sebagai hal wajar dari toko baju Anda.

Di samping itu, berikut adalah jenis penawaran lainnya yang juga tidak kalah menariknya bagi calon pembeli potensial:

  • Free shipping (gratis biaya pengiriman)
  • Buy one get one free (beli satu gratis satu, atau sesuaikan dengan kemampuan toko Anda)
  • Giveaway produk dan kupon
  • Potongan harga menjelang hari besar tertentu, misalnya: diskon Ramadhan, diskon tahun baru, dsb

Penutup

Tidak sulit menjadi usahawan sukses. Dengan menerapkan cara berjualan online agar cepat laku yang tepat dan dibarengi dengan usaha yang konsisten, Anda juga berkesempatan meraup keuntungan besar dari bisnis Anda.

Anda bisa bergabung sebagai agen distributor Aulia Fashion, salah satu perusahaan fashion muslimah terbesar di Indonesia. Faktanya, berbisnis dengan model reselling ataupun dropshipping tidak kalah menguntungkan dengan memproduksi barang dagangan Anda sendiri, lo.

Lalu, cara jual baju online agar cepat laku mana dari daftar di atas yang Anda rasa patut untuk Anda praktikkan sekarang juga? Semoga trik di atas membantu Anda untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan dan mendongkrak penjualan bisnis Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.