cara jualan di marketplace fb biar laris

7 Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris Manis

Diposting pada

Facebook Marketplace adalah platform berjualan yang terintegrasi dengan Facebook di mana para penggunanya dapat menjual atau membeli produk-produk tertentu dalam lingkup regional. Walau penggunaannya tidak sulit, banyak orang yang lumayan penasaran dengan cara jualan di marketplace FB biar laris.

Ini karena pemanfaatan fitur-fiturnya yang cukup canggih masih dirasa belum maksimal untuk meningkatkan penjualan kebanyakan seller. Alhasil, trik-trik tambahan pun diperlukan guna menarik minat lebih banyak pelanggan.

Lantas, apa saja cara-cara yang bisa Anda terapkan agar toko online Anda banjir orderan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pilih produk dengan minat beli tinggi

Untuk mengetahui barang apa yang paling konsumen minati saat ini, Anda dapat melakukan market research sederhana dan amati tren pembelian konsumen. Anda tidak perlu repot-repot menyewa ahli analitik. Cukup ikuti info terbaru tentang produk-produk yang sedang tren.

Sebagai pemilik bisnis skala kecil dan menengah, mengikuti perkembangan tren akan menguntungkan toko online Anda. Berkatnya, Anda akan memiliki kesempatan untuk memanfaatkan keyword yang sedang populer di internet untuk mempromosikan bisnis Anda.

Kesimpulannya, langkah pertama yang mesti Anda ambil yakni dengan memikirkan item yang sedang tren dalam beberapa bulan atau tahun terakhir.

Pilih supplier yang mendukung pertumbuhan bisnis Anda

Dengan modal kecil, Anda tentunya memiliki keterbatasan dalam menentukan model bisnis Anda. Alhasil, berjualan dengan metode reselling (menjual kembali) adalah pilihan yang paling menguntungkan.

Sayangnya, menemukan supplier yang tepat bukanlah perkara mudah. Banyak yang menawarkan diskon khusus untuk reseller, tetapi meraup keuntungan sebanyak mungkin dengan mark-up harga tinggi bukanlah rahasia sukses terbaik.

Justru, kunci dari kesuksesan seorang reseller yaitu supplier yang mendukung pertumbuhan bisnisnya dalam jangka panjang. Inilah mengapa peran pemasok sangat krusial.

Apabila saat ini Anda belum terpikirkan tentang item apa yang hendak Anda jual dan darimana Anda bisa memperoleh stok jualan Anda, mengapa tidak bermitra dengan Aulia Fashion?

Di Aulia Fashion, Anda bukan cuma memperoleh status keanggotaan sebagai distributor dan menerima diskon spesial, tetapi Anda juga akan mendapatkan pelatihan khusus tentang berniaga online.

Aulia Fashion sebagai salah satu perusahaan baju muslimah terbesar di Indonesia percaya bahwa kesuksesan tidak bisa diraih seorang diri. Dengan tim yang kompak dan supportive, Anda akan menerima bimbingan seumur hidup untuk mengembangkan bisnis Anda.

Tertarik untuk bergabung? Ikuti cara-caranya di sini.

Unggah foto produk terbaik dan beri deskripsi lengkap

Berikutnya, cara agar marketplace banyak dikunjungi yakni dengan memajang foto produk terbaik yang Anda punya.

Untuk mewujudkannya, Anda usah menyewa fotografer andal. Cukup bermodalkan smartphone atau kamera digital yang Anda punya di rumah, Anda juga bisa mengambil gambar produk sebaik profesional.

Kuncinya ada pada pencahayaan dan sudut pengambilan gambar yang Anda gunakan. Usahakan untuk selalu memotret di bawah sumber cahaya alami. Atau, jika tidak memungkinkan untuk memotret di luar ruangan, pastikan Anda tidak melakukan sesi pemotretan di ruangan gelap.

Kemudian, ambil gambar dari sudut pandang yang memungkinkan seluruh produk Anda terlihat jelas. Atau, apabila Anda menawarkan layanan jasa tertentu, desain gambar promosi semenarik mungkin.

Gambar yang bagus akan menarik minat pelanggan untuk melirik toko online Anda. Tetapi, itu saja tidak cukup. Deskripsi yang lengkap dan tidak menyesatkan juga akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap bisnis Anda. Jadi, jangan ragu untuk menyusun deskripsi sejelas mungkin, bahkan hingga ke detail terkecil.

Tanggapi pesan masuk dengan cekatan

Menanggapi inbox calon pembeli merupakan salah satu rahasia jualan laris di Facebook yang berpengaruh besar terhadap bisnis Anda. Fast response menunjukkan kepada konsumen bahwa Anda memperhatikan keinginan mereka dengan baik.

Juga, ini menandakan bahwa Anda peduli dengan kebutuhan mereka. Fast response membuat pelanggan merasa penting dan dihargai.

Promosikan produk dengan rutin

Mempromosikan barang dagangan Anda secara rutin akan berdampak bagus bagi visibilitas toko Anda. Ini adalah salah satu cara agar marketplace dilihat banyak orang yang ampuh. 

Promosi-promosi yang gencar Anda lakukan tersebut akan memberikan sinyal kepada calon pembeli bahwa toko online Anda siap melayani mereka kapanpun.

Di samping itu, ini juga menjadi cara banjir orderan di marketplace Facebook yang sekaligus berperan ganda sebagai strategi marketing efektif. Semakin sering Anda mempromosikan toko online Anda, maka semakin tinggi brand awareness yang konsumen miliki terhadap bisnis Anda.

Alhasil, semakin banyak pula orang yang tergugah untuk berbelanja di toko Anda. Namun, hindari mengunggah terlalu banyak postingan. Sebab, itu bukanlah cara posting jualan di Facebook yang disarankan.

Alih-alih mengundang banyak pelanggan, itu justru merusak reputasi bisnis Anda sebagai toko online yang spam-y.

Tawarkan jasa pengiriman yang bervariasi

Tahukah Anda? Jasa pengiriman yang Anda tawarkan kepada calon pembeli rupanya turut andil dalam menentukan kesuksesan cara menaikkan iklan di marketplace Facebook.

Pasalnya, konsumen tentu memiliki preference mereka masing-masing yang telah terbentuk melalui pengalaman berbelanja online sebelumnya di toko lain. Alhasil, tidak semua calon pembeli memikirkan tentang layanan ekspedisi yang sama ketika berbelanja.

Untuk meningkatkan kemungkinan konsumen berbelanja di toko Anda, Anda sebaiknya siap bekerja sama dengan berbagai macam jasa pengiriman yang ada. Dengan demikian, calon pembeli pun semakin yakin untuk membeli produk Anda karena kemudahan yang Anda sediakan untuk mereka.

Beri promo menarik

Anda sudah menerapkan keenam di atas, dan Anda masih bertanya-tanya, “Kenapa marketplace FB sepi?” Mungkin, inilah saatnya untuk mengeluarkan jurus rahasia: memberikan promo menarik berupa potongan harga atau gratis ongkos kirim bagi calon pembeli Anda.

Ya, siapa yang tidak suka promo khusus? Terlebih lagi, Anda pun memadukannya dengan pelayanan yang cakap. Konsumen pun akan semakin jatuh cinta dengan toko online Anda.

Bukan mustahil jika ini akan berujung pada mouth-to-mouth marketing di mana para pelanggan dengan sendirinya mempromosikan produk di toko Anda kepada pelanggan lainnya. Atau, para pembeli setia Anda akan melakukan repeat order di lain hari. Dengan demikian, penjualan pun meningkat.

Dan yang terpenting, marketplace Anda tidak akan sepi lagi.

Penutup

Siapa bilang berjualan di marketplace Facebook itu sulit? Buktinya, tidak sedikit pedagang online yang berhasil meraup keuntungan menggiurkan setiap bulannya dengan berjualan di platform tersebut.

Tentu, selain menerapkan ketujuh cara jualan di marketplace FB biar laris di atas, kerja keras dan konsistensi menjadi faktor penentu lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Selalu berikan usaha terbaik Anda di setiap kesempatan. Niscaya, toko online Anda juga akan banjir orderan.

Semoga sukses.

Pengunjung juga mencari:

Rahasia Jualan Laris di Marketplace ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *