cara jualan online laris di Facebook

5 Cara Jualan Online Laris di Facebook untuk Pemula

Diposting pada

Dengan jumlah pengguna menembus angka 140 juta orang, Facebook menjadi salah satu media sosial terbesar di Indonesia. Para wirausahawan pun tidak lagi menganggap Facebook sekadar sebagai alat untuk berkomunikasi, melainkan lahan berbisnis pula. Namun, bagaimana cara jualan online laris di Facebook?

Memang betul, banyaknya pengguna berarti terdapat peluang yang besar untuk mendulang pundi-pundi rupiah dari Facebook. Tetapi, di sisi lain, ini juga berarti tingginya tingkat persaingan antara orang-orang dengan pemikiran yang sama.

Lantas, apakah itu seharusnya mengecilkan hati Anda untuk mencari rezeki dari sana?

Tentu tidak. Nyatanya, dengan menerapkan trik yang tepat, Anda juga berkesempatan untuk menjadi wirausahawan sukses, lo.

Cara Jualan Online Laris di Facebook

Di artikel ini, Anda akan mempelajari lima rahasia jualan laris di Facebook yang cocok buat pemula. Apa saja rahasianya? Berikut uraian lengkapnya.

Tentukan produk yang ingin dijual

Untuk menentukan produk apa yang hendak Anda jual, sedikitnya ada tiga metode yang bisa Anda tempuh.

Cara pertama yakni dengan mengamati kebutuhan yang belum terpenuhi di pasar. Di awal tahun 2020, hanya segelintir orang yang menjual masker medis secara online, apalagi masker-masker fashionable. Namun, karena fenomena global yang sedang terjadi, masker pun laris diperjualbelikan.

Sementara itu, metode lainnya yakni dengan berkaca pada diri Anda sendiri. Pernahkah Anda mencoba berbelanja sesuatu di Facebook dan merasa kecewa dengan range harga atau model barang yang ditawarkan? Kemungkinan besar Anda bukan satu-satunya yang merasa demikian.

Ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk menonjolkan toko online Anda dari para kompetitor.

Atau, coba cara yang terakhir, yaitu dengan memperhatikan tren jualan paling laris di Facebook yang sedang in. Contohnya, dalam beberapa tahun terakhir penjualan baju muslimah mengalami peningkatan.

Ini karena market untuk busana muslimah semakin meluas. Banyak orang yang tertarik dengan fesyen Islami. Alhasil, produsen baju muslimah seperti Aulia Fashion pun menemui adanya lonjakan pada pendaftaran agen distributor.

Bergabung dengan perusahaan konveksi besar seperti ini akan selalu memperkaya informasi Anda tentang perkembangan tren.

Buat halaman bisnis

Anda mungkin bertanya-tanya, “Mengapa saya harus membuat halaman bisnis di Facebook? Bukankah mayoritas orang berdagang dengan akun pribadinya di sana?”

Pertanyaan bagus.

Sebetulnya, amat disayangkan hanya sedikit orang yang menyadari pentingnya halaman bisnis bagi perkembangan toko online mereka.

Padahal, salah satu keuntungan terbesar dari halaman bisnis Facebook adalah terciptanya peluang besar agar postingan bisnis Anda menjangkau pengguna Facebook lewat tombol like, share, dan berbagi komentar.

Anda tidak akan menjumpai fitur keren ini apabila Anda memasarkan produk Anda lewat halaman profil. Artinya, hanya orang yang berteman dengan Anda saja yang bisa melihat postingan Anda.

Terlebih lagi, cara buat page jualan di Facebook sama sekali tidak sulit. Facebook sendiri menyediakan panduan sederhana yang mudah diikuti untuk membuat halaman bisnis Anda. Selanjutnya, jangan lupa mengisi page tersebut dengan informasi dasar toko online Anda.

Unggah konten bermanfaat secara berkala

Tahukah Anda?

Faktanya, calon pembeli potensial akan kabur meninggalkan halaman bisnis Anda jika 9 dari 10 konten yang Anda unggah semuanya berbau hard selling. Apa itu hard selling? Pada dasarnya, hard selling adalah metode penjualan secara to-the-point.

Sebaliknya, soft selling justru bekerja lebih efektif di media sosial ketimbang hard selling. Soft selling sendiri tidak bersifat direct. Ujung tombak dari strategi ini adalah penggunaan media dan kata-kata yang menggugah emosi pelanggan untuk membujuk mereka dalam membeli produk Anda.

Lalu, bagaimana cara posting jualan di Facebook yang paling ideal?

Yang terpenting, Anda mesti sering-sering mengunggah konten yang menawarkan solusi bagi permasalahan pelanggan Anda. Atau, Anda juga boleh upload foto lucu yang menghibur mereka, selama itu berkaitan dengan barang dagangan Anda.

Misalnya, kalau Anda berjualan baju muslimah, Anda dapat memposting artikel tentang mode busana muslimah terkini, dan dilanjutkan dengan video cara mix-and-match gamis dan hijab yang menarik. Sesekali, Anda juga dapat memasukkan postingan tentang promo diskon dan obral yang Anda lakukan.

Tingkatkan brand awareness pelanggan

Sebetulnya, brand awareness dan ketertarikan pelanggan saling terikat satu sama lain. Pasalnya, ini bukan hanya tentang apakah seseorang mengetahui nama toko online Anda atau tidak. Namun, ini lebih ke persoalan apakah toko online Anda penting bagi mereka secara pribadi atau tidak.

Akhirnya, inilah mengapa Anda perlu meningkatkan brand awareness pelanggan terhadap bisnis Anda.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang Facebook sediakan, Anda tidak perlu repot memikirkan strateginya dari nol. Terlebih lagi, ini adalah panduan yang memuat cara jualan online di Facebook bagi pemula. Jadi, kami akan memberitahu Anda trik-trik termudah untuk melakukannya, antara lain:

Jalankan Facebook Ads

Dibandingkan dengan metode marketing konvensional, Anda dapat memanfaatkan iklan berbayar di Facebook untuk mengakses grup pengguna Facebook tertentu dengan cepat.

Artinya, ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk terlibat langsung dengan target pembeli dan meningkatkan brand awareness toko, tetapi juga mendorong orang-orang untuk mengambil langkah-langkah berikutnya setelah mengunjungi halaman Anda, seperti meninggalkan like dan komentar.

Balas komentar dari calon pembeli

Cara lainnya untuk meningkatkan brand awareness toko Anda yaitu dengan menanggapi komentar di Facebook page Anda. Entah itu berupa pertanyaan atau komentar tentang pakaian-pakaian yang Anda promosikan, jangan pernah menganggap remeh komentar pembeli.

Semakin tinggi intensitas Anda dalam merespons komentar-komentar tersebut, kehadiran bisnis Anda pun semakin terasa oleh target konsumen Anda.

Bagikan testimoni dan ulasan pembeli

Alih-alih menelan mentah-mentah status yang Anda unggah tentang alasan mengapa calon pembeli seharusnya berbelanja di toko Anda, testimoni dan ulasan pembeli memungkinkan pelanggan potensial mendengar langsung pendapat dari pelanggan lainnya mengapa membeli pakaian di toko Anda adalah keputusan baik.

Ini karena konsumen secara alami mempercayai satu sama lain lebih dari omongan-omongan marketing. Sehingga, testimoni menambah bobot pada keputusan belanja yang akan mereka buat.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak ragu menampilkan testimoni dan ulasan pembeli yang Anda peroleh secara publik di halaman bisnis Anda.

Penutup

Berjualan di Facebook merupakan langkah cerdas untuk meraih penghasilan tambahan. Seperti yang kami jabarkan di awal, persaingannya lumayan sengit, tetapi dengan lebih dari 140 juta pengguna aktif di Indonesia, jumlah calon pembeli yang tersedia lebih dari cukup untuk Anda.

Bahkan jika Anda seorang pemula sekalipun, saran-saran di atas tentunya tidak sulit untuk Anda terapkan. Selama Anda bersikukuh untuk tidak berhenti belajar, bisnis Anda pun akan berkembang pesat seiring berjalannya waktu.

Akhir kata, semoga kelima cara jualan online laris di Facebook yang telah kami uraikan di atas dapat menambah pengetahuan Anda tentang trik jualan online agar cepat laku khususnya di media sosial.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *