5 Cara Jualan Online Laris di WhatsApp Untuk Pemula

Rata-rata pelakon usaha kebanyakan memiliki pertanyaan ini di benak mereka: Bagaimana sebetulnya cara jualan online laris di WhatsApp? Nyatanya, tidak sedikit yang mengeluhkan susahnya menggaet minat pelanggan. Alhasil, penjualan nyaris tidak mengalami adanya peningkatan berarti.

Apakah betul berniaga via media sosial pilihan sebagian besar rakyat Indonesia itu tergolong susah? Sebetulnya tidak! Hanya saja, Anda dituntut untuk menjadi lebih tech-savvy. Pasalnya, WhatsApp memiliki fitur-fitur rahasia yang perlu Anda eksplorasi guna menerapkan strategi marketing yang tepat.

Dengan kata lain, meraup omzet jutaan rupiah per bulannya barangkali bukan sekadar impian Anda belaka! Berikut cara banjir orderan di WhatsApp yang bisa Anda praktikkan untuk meningkatkan profit bisnis Anda. Apa saja?

Daftar akun WhatsApp Business

Tahukah Anda? Seperti media sosial lainnya yang berbondong-bondong mengeluarkan versi “bisnis” dari aplikasinya, WhatsApp pun tidak ingin ketinggalan dan merilis “WhatsApp Business”.

Apa itu WhatsApp Business? Singkatnya, ini adalah aplikasi gratis yang didesain secara khusus untuk pelaku bisnis skala kecil dan menengah. Di dalamnya tersedia berbagai macam fitur yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dan terhubung dengan konsumen.

Lalu, mengapa Anda sebaiknya membuat akun bisnis WhatsApp?

Pengaturan-pengaturan di dalamnya memberikan Anda akses yang lebih luas kepada calon pembeli tentang bisnis Anda secara langsung dari aplikasi. Beberapa pengaturan tersebut mencakup:

  • Menambahkan informasi dasar bisnis Anda yang meliputi detail tentang produk atau layanan Anda
  • Mengatur jam buka dan lokasi toko
  • Menambahkan alamat email dan website resmi atau URL marketplace toko online Anda

Seluruh fitur-fitur tersebut tentunya mempermudah pekerjaan Anda, terlebih dengan adanya “greeting messages” dan ”away messages”.

Gunakan fitur katalog

Ini merupakan fitur lainnya dari WhatsApp Business yang tidak boleh Anda lewatkan.

Katalog memungkinkan online shop Anda memajang produk yang Anda tawarkan kepada para calon pembeli, sehingga mereka dapat dengan mudah menelusuri dan mengecek deskripsi dari produk yang diminati.

Dengan fitur ini, Anda tidak perlu repot-repot mengirimkan informasi dan gambar dari setiap item satu-persatu secara manual. Kini, semuanya dikelompokkan dengan rapi di profil bisnis Anda. Jadi, Anda tidak perlu mengarahkan pelanggan Anda ke marketplace atau situs web toko online Anda.

Lebih lanjut lagi, untuk setiap item dalam katalog Anda, Anda dapat menambahkan informasi terperinci mengenai produk-produk tersebut, contohnya harga, deskripsi, dan kode barang. Ini tentunya memudahkan pelanggan untuk berbelanja di toko Anda, bukan?

Sigap dalam menanggapi chat calon pembeli

Ketika bisnis Anda berada di jaringan media sosial, termasuk WhatsApp, kemungkinan besar Anda akan menerima pertanyaan dari calon pelanggan nyaris setiap saat.

Mereka tentu memiliki banyak pertanyaan terkait produk Anda. Ada juga pelanggan yang hendak menyampaikan keluhan mereka tentang pelayanan Anda. Selebihnya, pelanggan juga penasaran dengan pandangan Anda terhadap mereka yang telah memilih berbelanja di toko Anda ketimbang toko pesaing.

Inilah mengapa calon pembeli berekspektasi untuk mendapatkan tanggapan yang cepat (fast response). Alasan utama yang mendasari ekspektasi ini yakni respons yang cepat membuat pelanggan Anda merasa penting.

Sayangnya, mustahil untuk siap kapanpun. Ada hal-hal lain terkait bisnis Anda yang juga memerlukan perhatian Anda. Di sinilah Anda sebaiknya mengaktifkan fitur “away messages”.

Jadi, ketika Anda sibuk, Anda dapat mengandalkan fitur ini untuk mengirim pesan balasan secara otomatis. Pun, Anda dapat mengaktifkan away messages pada jadwal tertentu, misalnya selama jam tutup toko online Anda.

Dengan begitu, Anda akan dapat selalu memenuhi ekspektasi konsumen terhadap Anda.

Hindari menyebar spam messages

Kalau Anda bertanya-tanya apa itu spam messages, ini adalah tipe pesan yang harus Anda hindari, terutama dalam menerapkan strategi marketing Anda.

Ketika Anda mengirim banyak chat dalam satu waktu sekaligus kepada basis konsumen Anda, itu tidak akan meninggalkan kesan bagus tentang bisnis Anda di mata mereka. Selain itu, dengan menyebarkan spam messages, Anda telah sukses menampilkan diri Anda sebagai pemilik bisnis yang putus asa.

Yang terburuk, pelanggan tetap Anda akan berbondong-bondong mengabaikan dan memblokir akun Anda, jika Anda tetap bersikeras melakukannya.

Jadi, daripada membuang waktu melakoni pekerjaan yang sia-sia, ada baiknya jika Anda justru mempelajari tentang waktu yang tepat untuk jualan di WhatsApp. Dengan demikian, Anda akan berpotensi meningkatkan engagement rate konsumen untuk membeli produk Anda.

Juga, kurangi menyebar pesan dengan kesan sales-y. Daripada itu, cari inspirasi kreatif status WA untuk jualan guna menarik minat pelanggan.

Gunakan copywriting yang menarik

Copywriting memiliki peranan penting bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Pasalnya, copywriting dapat mendorong profitabilitas bisnis Anda secara maksimal. Cara kerjanya yaitu dengan meyakinkan calon pembeli Anda bahwa produk yang Anda tawarkan mempunyai value penting bagi kehidupan mereka.

Sayangnya, masih banyak pemilik jarang yang tampaknya belum mengaplikasikan salah satu cara promosi lewat WhatsApp yang satu ini. Padahal, ada segudang contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp menarik, seperti:

  • Hei, jangan lupa bagikan ulasan dan testimoni positif setelah menggunakan jasa kami, ya!
  • Mau makan a la restoran bintang lima tapi harga kaki lima? Yuk, order di sini aja!
  • Khusus hari ini! Dapatkan potongan harga Rp50.000,00 setiap pembelian set gamis dan hijab.

Penutup

Sekarang adalah saatnya bagi Anda untuk mencoba langsung masing-masing dari cara berjualan online agar cepat laku di atas dengan memanfaatkan akun bisnis WhatsApp Anda.

Tetapi, apabila sejauh ini Anda masih menghadapi dilema dalam menentukan produk apa yang sebaiknya Anda jual, mengapa tidak melirik niche pakaian muslimah? Nyatanya, keuntungan dari bisnis ini diprediksi selalu meningkat secara konsisten sebanyak 10% per tahunnya.

Maknanya, Anda sebaiknya tidak memandang remeh peluang ini. Bahkan, keuntungan tersebut akan berlipat ganda apabila Anda memercayakan Aulia Fashion sebagai mitra Anda.

Bersama Aulia Fashion, salah satu produsen baju muslimah terbesar di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2008, Anda berkesempatan untuk mengembangkan bisnis Anda lewat pembinaan dan sharing rutin. Selain itu, Anda juga berhak memperoleh diskon khusus distributor dan pelayanan eksklusif.

Bagaimana? Tertarik untuk berbisnis baju muslimah di WhatsApp? Ayo, bergabung dengan Aulia Fashion sekarang dan ikuti kelima cara jualan online laris di WhatsApp di atas untuk meraup omzet tidak terbatas!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.