cara membuka usaha butik muslimah

Cara Membuka Usaha Butik Muslimah: Fokuskan Pada 3 Hal Ini!

Diposting pada

Sebenarnya, buka butik butuh modal berapa? Bagaimana cara membuka usaha butik muslimah yang sukses di tengah persaingan digital yang semakin ketat?

Fokus artikel ini adalah membahas apa saja yang perlu Anda ketahui sebelum membuka butik muslimah.

Buka usaha butik muslimah tidak segampang membalikkan telapak tangan — tapi tidak juga sesulit yang Anda bayangkan, kok.

Cara Membuka Usaha Butik Muslimah

Semakin menjamur orang yang buka butik online bukan berarti butik offline “mati”. Masih ada, kok, orang-orang yang “fetish”-nya datang langsung ke butik untuk belanja.

Daripada memilih salah satu, kenapa tidak maksimalkan keduanya?

Toh, ada cara dan panduannya yang sebenarnya tersedia gratis di internet.

Segmen Pasar: Menengah ke Bawah Atau ke Atas?

Feny Mustafa, pemilik brand busana muslim asal Indonesia sadar betul betapa pentingnya penentuan segmen.

Bayangkan, beliau punya tiga brand baju muslim berbeda: Shafira, Zoya, dan Mezora.

Bisa ditebak, masing-masing brand punya target segmen pasar yang berbeda.

Hal ini menjadi tips buka butik nomor satu: penentuan segmen pasar itu penting — dari awal butik berdiri, Anda sudah harus punya target pasar yang akan jadi sasaran utama pemasaran.

Tapi, jangan salah kaprah.. bukan berarti Anda harus punya lebih dari satu butik dengan masing-masing segmen pasar yang berbeda.

Fokus saja ke satu butik dengan segmen pasar khusus. Semisal nantinya Anda menemui kendala, beralih segmen pasar adalah hal yang wajar untuk sebuah butik.

Istilahnya, pivoting — banyak bisnis yang melakukan hal ini, kok. Starbucks misalnya, yang tadinya menjual mesin pembuat kopi, pivoting menjadi brand penjual kopi.

Kesimpulannya: menentukan segmen pasar sebelum membuat butik itu penting — tapi jangan terpaku pada hal ini, sampai-sampai menunda pembuatan butik terealisasi.

Produk: Produksi Mandiri vs Suplier

Produksi mandiri akan memberikan Anda kebebasan total perihal kreatifitas produk. Meski memakan waktu dan biaya lebih, hasil akhir produk sudah pasti memuaskan hasrat Anda.

Yang perlu diperhatikan adalah, tiga hal ini harus jadi pertimbangan:

  1. Biaya bahan-bahan pakaian
  2. Pengeluaran (cost) ongkos tukang jahit
  3. Pembelian aksesoris pakaian yang tepat; sesuai bujet

Produksi mandiri punya pengeluaran yang lebih besar dibandingkan mengambil produk dari suplier. Ditambah lagi hal-hal tidak terduga lainnya yang (mungkin) terjadi di pabrik.

Saran saya: sebelum Anda bisa produksi 2.000 pcs per produk untuk menekan cost konveksi, produksi mandiri bukan pilihan tepat di awal pembangunan butik.

“Berarti, ambil barang dari suplier untuk butik adalah opsi terbaik?

Bukan yang terbaik — Tapi yang paling efektif dan efisien.

Asalkan Anda dapat suplier dan produsen busana muslimah yang tepat, Anda bisa memangkas proses buat butik menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien.

Ketika memilih suplier busana muslimah untuk butik, pastikan:

  1. Produsen punya stok produk banyak untuk setiap artikel
  2. Suplier tahu dan menyiapkan produk best seller untuk toko baju muslim Anda
  3. Suplier terbukti konsisten menyiapkan produk yang bagus — tidak cacat dan membuat toko rugi karena tingkat retur tinggi

Tambahan: toko baju muslim yang punya suplier tetap akan lebih berhasil karena bisa fokus jualan baik offline maupun online karena tidak stress memikirkan alur produksi barang setiap hari.

Strategi Pemasaran: Maksimalkan Digital Marketing

Uang yang dikeluarkan tidak banyak; tapi menjangkau orang lebih banyak — inilah alasan kuat sebuah butik harus memaksimalkan digital marketing.

Butik kecil ataupun besar wajib menjalankan digital marketing — minimal, tahu cara kerja iklan di media sosial (Instagram, Facebook, Twitter) populer.

“Saya tidak punya waktu belajar digital marketing, urusan produk saja belum beres!”

Inilah alasan lainnya Anda tidak perlu produksi mandiri di awal butik beroperasi — punya suplier yang siap menyuplai produk adalah kunci sukses bisnis butik.

Punya produk siap jual — Ready stock setiap waktu — Kualitas produk terjaga konsistensinya — Tinggal fokus di pemasaran — Enak, kan?

Aulia Fashion membuka kesempatan untuk menjadi mitra bagi Anda yang ingin memulai usaha butik.

Sebagai distributor baju muslim terbesar di Indonesia, sejak tahun 2008 Aulia Fashion berpengalaman menangani butik skala kecil, menengah, hingga besar.

Penutup

Adakah cara membuka usaha butik muslimah yang lebih efektif dan efisien selain cara di atas? Sekali lagi, kalau Anda mencari suplier untuk butik muslimah, klik di sini untuk daftar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *