cara menata baju di koper

Cara Menata Baju di Koper agar Rapi dan Muat Banyak

Diposting pada

Auliafashion.id – Cara Menata Baju di Koper – Travelling merupakan salah satu kebutuhan yang dapat dilakukan menjelang weekend atau waktu liburan untuk melepas penat dan merefresh pikiran. Sebelum melakukan kegiatan travelling, Anda biasanya harus menyiapkan barang bawaan dalam koper.

Nah, terkadang hal ini dapat menjadi permasalahan bagi para traveler. Apalagi jika liburannya berlangsung selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu di luar negeri, sehingga memungkinkan untuk membawa banyak sekali barang.

Mayoritas wanita biasanya membawa lebih banyak pakaian untuk travelling. Apa Anda juga melakukannya? Namun ketika isi  koper menjadi overload, Anda kerap kali kebingungan untuk mengurangi muatan koper.

Cara Menata Baju di Koper agar Rapi

Lalu bagaimana membuat isi koper menjadi cukup terhadap barang bawaan Anda. Jangan khawatir, karena masalah ini masih bisa kita siasati kok. Dengan cara menata baju di koper menggunakan trik-trik berikut agar koper Anda lebih rapi dan muat lebih banyak.

1. Buat Packing List Barang yang Akan Anda Bawa

cara menata koper agar rapi

Cara menata baju di koper yang pertama yaitu dengan menyiapkan semua barang yang akan Anda bawa. Anda perlu membuat packing list berisi kebutuhan selama liburan nanti. Rencanakan baju yang akan Anda pakai dan sesuai dengan lama perjalanan Anda.

Tak perlu membawa seluruh isi lemari, karena yang Anda butuhkan adalah kemampuan mix and match dalam berpakaian. Misalnya ada beberapa outfit yang bisa dipakai beberapa kali, untuk terlihat berbeda, Anda tinggal

Setelah itu, pastikan kembali pakaian yang Anda bawa dalam koper apakah sudah sesuai dengan jadwal travelling Anda atau belum, karena jangan sampai melebihi kapasitas dengan membawa pakaian yang tidak Anda perlukan. Sesuaikan dengan kebutuhan juga, ya.

Misalnya Anda travelling untuk melakukan pemotretan produk fashion, bawalah produk tersebut bersama pakaian pribadi Anda untuk dikenakan usai pemotretan.

2. Cara Menata Baju di Koper: Gulung Pakaian Bawaan Anda

cara menata isi koper agar muat banyak

Salah satu cara menata isi koper agar tetap rapi dan muat banyak adalah dengan menggulung pakaian. Gulung semua pakaian yang Anda bawa, mulai dari T-Shirt, celana, rok, sampai syal.

Namun untuk pakaian yang mudah kusut jangan digulung, ya. Dengan menggulung pakaian, Anda akan menghemat lebih banyak ruang dalam koper. Sehingga membawa satu koper pun akan muat untuk pakaian Anda.

3. Tumpuk Pakaian Sesuai Jadwal Travelling

menyusun baju di koper

Pakaian yang sudah dilipat dan digulung bisa mulai ditata di dalam koper. Tipsnya, tumpuk pakaian yang akan dibawa dengan urutan yang paling bawah adalah pakaian yang akan dipakai paling terakhir.

Jadi, yang pakaian yang ditumpuk paling atas adalah pakaian yang pertama Anda pakai saat travelling. Cara packing barang seperti ini akan memudahkan Anda dalam mengambil pakaian, membuat koper terorganisir dengan baik, dan isi koper Anda jadi anti berantakan deh.

4. Letakkan Benda Mudah Pecah di Bagian Tengah Koper

cara menata baju di koper agar tidak kusut

Jika Anda membawa barang mudah pecah dalam koper, seperti kamera, kacamata, atau souvenir, maka ikuti cara menata koper satu ini. Khusus untuk barang pecah belah harus disimpan di dalam tas kecil yang berukuran cukup tebal.

Kalau tak punya pouch tebal, Anda bisa menggunakan tas kecil bisa namun dengan syarat bungkus terlebih dahulu semua barang tersebut dengan bubble wrap, kardus, atau kertas koran untuk melindunginya.

Anda juga bisa membungkusnya dengan kain atau sepotong baju yang dibawa dalam koper. Kemudian, letakkan barang mudah pecah tersebut di bagian tengah, dengan diapit oleh tumpukan pakaian. cara menata isi koper agar muat banyak ini akan mencegah barang tersebut pecah di dalam koper.

5. Gunakan Travel Bag Organizer Supaya Lebih Rapi

cara menata koper umroh

Anda bisa menggunakan travel bag organizer atau yang disebut juga packing cube agar menata baju di koper jadi lebih rapi. Packing barang dengan travel bag organizer tak hanya membuat pakaian lebih rapi dan tertata, tapi juga memudahkan Anda dalam mencari dan mengambil barang.

Biasanya, travel bag organizer dijual dalam beberapa bagian, sesuai dengan kelompok barangnya. Packing setiap barang sesuai denga kelompoknya supaya barang tidak tercampur dan mudah untuk mengambilnya saat ingin dipakai.

Misalnya pacing aksesoris Anda seperti kacamata, kalung, gelang dalam satu wadah, lalu packing juga perlengkapan make up Anda dalam travel bag organizer yang berbeda.

6. Cara Menata Baju di Koper: Manfaatkan Segala Ruang

Anda harus memanfaatkan segala ruang dalam koper Anda untuk diletakkan barang. Tapi tetap membawa barang-barang seperlunya saja ya, jangan terlalu banyak membawa isi koper Anda.

Anda bisa memanfaatkan sepatu yang ada dalam koper menjadi tempat kabel charger, headset dan baterai kamera sehingga menghemat space dalam koper. Adanya kantung pada koper juga manfaatkan untuk meletakkan aksesoris, kuas make up, dan lain sebagainya.

7. Maksimal Bawa 3 Sepatu

trik menata koper

Cara menata baju di koper selanjutnya yaitu jangan terlalu banyak membawa sepatu. Karena sepatu atau sandal akan memakan banyak space dalam koper Anda dan tidak muat untuk meletakkan perlengkapan lainnya.

Aturan dasar packing alas kaki adalah membawa satu sandal kasual, sneakers atau sepatu kasual dan sepatu untuk acara formal. Tapi ini pun tergantung dari kegiatan yang akan Anda lakukan saat travelling nanti.

Hal paling penting yang harus Anda lakukan saat berangkat, gunakanlah sepatu yang paling berat dan masukkan dua sepatu lainnya dalam koper. Ini salah satu trik agar koper Anda tidak berat atau overload.

8. Tak Perlu Bawa Peralatan Mandi

Bila Anda nanti akan tinggal di hotel saat travelling, tak perlu membawa perlengkapan mandi dan gunakan persediaan yang tersedia di tempat menginap. Biasanya di tempat saudara menginap pun tersedia sabun dan shampoo yang bisa Anda gunakan. Lagipula kita pun bisa cari toko di tempat tujuan untuk membeli perlengkapan mandi hingga membeli baju santai sehari-hari.

9. Vacuum Bag untuk Pakaian yang Kotor

tips menata koper

Salah satu cara menata isi koper agar muat banyak adalah dengan vakum baju tebal seperti jaket dan lainnya. Gunakan vacuum sealer dan vacuum travel bag yang terancang khusus untuk traveling.

Ketika baju Anda packing dalam vacuum travel bag, maka tak akan ada lagi udara di dalamnya sehingga membuat baju-baju kamu terkompresi dan kamu pun punya lebih banyak ruang untuk menyimpan barang lainnya.

Keunggulan lain dari vacuum travel bag adalah baju tak akan berbau apek meski telah Anda packing selama berhari-hari. Walau begitu, baju yang telah di vacuum akan mudah kusut sehingga Anda perlu menyetrikanya sesaat sebelum Anda pakai.

Beberapa produk vacuum travel bag ada yang menggunakan vacuum sealer guna menyedot udara dalam kantong tapi ada juga vacuum travel bag yang bisa langsung Anda gulung untuk mengeluarkan udaranya.

Keutamaan dari tips pada poin ini adalah jangan mencampur pakaian kotor Anda dengan pakaian-pakaian yang masih belum Anda kenakan karena akan menularkan bau dan kuman pada pakaian bersih lainnya. Jika Anda tidak mempunyai vacuum bag, Anda hanya perlu membungkus pakaian kotor dengan plastik, lalu ikat dengan erat.

Anda juga bisa memanfaatkan jasa laundry di tempat Anda menginap atau sekitarnya untuk mencuci baju-baju kotor Anda.

10. Bawa Gadget Seperlunya Saja

cara menyusun baju dalam koper

Trik satu ini juga sangat penting untuk Anda terapkan dalam tata cara menata koper agar rapi. Pilih gadget apa yang paling paling Anda butuhkan selama traveling.

Apakah benar kita butuh laptop, tablet atau gadget berat lainnya. Yang wajib Anda bawa sebenarnya hanya smartphone bersama kabel-kabelnya, kamera pocket jika Anda perlukan.

Namun jika travelling Anda ini akan berlanjut ke perjalanan bisnis, bolehlah Anda juga membawa laptop. Selalu rapikan charger gadget Anda agar tidak membuat isi koper menjadi berantakan.

 

Itu dia beberapa cara ampuh menata koper Anda agar rapi, muat banyak, dan tidak overload atau menimbulkan adanya koper-koper lainnya lagi. Anda dapat mencoba cara-cara ini ketika hendak liburan ke luar kota hingga luar negeri. Ingatlah selalu bahwa liburan berarti having fun di tempat yang hendak Anda tuju, bukannya membawa muatan terlalu banyak yang akan membebani Anda sendiri nantinya di tempat tujuan.

Selain itu, ketika hendak perjalanan pulang jangan membeli terlalu banyak souvenir, snack atau pakaian baru untuk oleh-oleh karena barang bawaan Anda akan membludak lagi. Namun jika momen liburan masih jauh dan Anda ingin membeli oleh-oleh khas suatu daerah, maka Anda bisa berbelanja online melalui marketplace atau website.

Selamat menerapka cara menata isi koper agar muat banyak di atas saat traveling ya, Aulialovers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *