cara mendapatkan pelanggan setia - tips Aulia Fashion

6 Cara Mendapatkan Pelanggan Setia untuk Bisnis Fashion Anda

Diposting pada

Auliafashion.id – cara mendapatkan pelanggan setia – Sebagai pebisnis, tentunya membangun hubungan baik dengan pelanggan ialah salah satu kunci dari kesuksesan berbisnis. Agar customer Anda merasa nyaman saat membeli barang atau jasa, maka Anda harus membangun hubungan baik dengan pekanggan mulai dari awal berbisnis. Karena pada akhirnya hubungan yang terjalin dengan baik ini akan mempengaruhi profit bisnis.

Ada berbagai cara untuk mendapatkan pelanggan setia. Kuncinya, pada saat pelanggan Anda dilibatkan dalam bisnis Anda, mereka akan merasa dihargai oleh Anda. Misalnya dengan mendengarkan saran atau masukan dari mereka tentang kualitas produk Anda. Ambil masukan-masukan yang positif untuk meng-upgrade kualitas produk. Melalui proses ini, terjalin hubungan baik dengan pelanggan yang akan membuatnya kembali membeli produk Anda. Nah, inilah 6 cara mendapatkan pelanggan setia agar terjalin hubungan baik dalam berbisnis.

1. Berkomunikasi dengan Baik

cara mendapatkan pelanggan setia - tips Aulia Fashion 1

Komunikasi adalah kunci terpenting untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Mempromosikan bisnis Anda dan mendengarkan pelanggan Anda sama pentingnya. Daripada hanya memberi tahu pelanggan tentang bisnis Anda, bicaralah dengan mereka. Cari tahu apa yang pelanggan Anda butuhkan, lalu tunjukkan kepada mereka bahwa Anda memiliki solusi untuk masalah mereka.

Terapkan hal ini pada karyawan Anda juga, ajari mereka cara berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan. Dibandingkan hanya menunggu komplain yang datang, mulailah dengan mengembangkan keterampilan komunikasi dengan pelanggan.

Namun, pastikan komplain dan masukan dari pelanggan haruslah Anda tindak lanjuti secara cepat dan tepat waktu untuk memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi.

Jika Anda memiliki media sosial usaha Anda, pastikan untuk selalu fast respond kepada pelanggan.

2. Tingkatkan Kualitas Produk

cara mendapatkan pelanggan setia - tips Aulia Fashion 2

Jika pelanggan Anda mengharapkan produk atau layanan yang terbaik. Anda harus terus menaikkan nilai jual dari bisnis Anda. Singkatnya adalah kualitas dari barang atau jasa yang dijual harus mampu membuat pelanggan terkesan. Untuk melebihi harapan pelanggan, Anda bisa mengantarkan produk atau layanan lebih cepat dari yang perkiraan waktu saat barang sampai. Bila Anda memberikan lebih awal dari yang diharapkan, pelanggan akan senang dengan kejutannya. Misalnya, beritahu pelanggan pesanan mereka akan siap pada akhir bulan, namun pada akhirnya Anda dapat membuatnya siap seminggu sebelumnya.

3. Maksimalkan Media Online

cara mendapatkan pelanggan setia - tips Aulia Fashion 3

Sosial media bukan hanya sarana yang tepat untuk promosi saja, tetapi bisa juga menjadi rahasia efektif dalam menjaring pelanggan baru serta menyapa para pelanggan setia. Untuk menjaring lebih banyak pelanggan, perluas jaringan dengan memanfaatkan berbagai media sosial.

Anggap saja rahasia menarik pelanggan baru yang satu ini seperti jaring laba-laba. Jika jaring tersebut semakin kuat dan luas tentu semakin besar juga kita bisa mendapatkan kesempatan untuk menangkap mangsa dalam jumlah yang lebih besar.

Tapi, Anda harus selalu update media sosial yang Anda pakai untuk berbisnis. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda masih berada di lingkaran pergaulan klien atau pelanggan.

Dengan ini, Anda juga bisa mengingatkan pelanggan bahwa Anda berada disana. Jadi saat mereka membutuhkan produk tertentu, mereka akan pergi ke toko Anda bukan ke kompetitor.

4. Mintalah Feedback

cara mendapatkan pelanggan setia - tips Aulia Fashion 4

Selalu mintalah feedback kepada pelanggan Anda. Masukan atau feedback ini berguna untuk menunjukkan bahwa Anda sedang mendengarkan. Lakukan survei, hubungi pelanggan Anda satu per satu untuk menanyakan pendapat mereka tentang barang atau jasa yang dibelinya.

Umpan balik dari pelanggan akan membantu Anda mengasah kebutuhan spesifik pelanggan sehingga Anda dapat menemukan solusi terbaik untuk masalah mereka. Semakin baik penawaran Anda dalam memenuhi kebutuhan mereka, semakin besar bisnis Anda dapat berkembang. Selalu dengarkan baik-baik komentar yang ada dan tanggapi dengan segera, baik yang berupa pujian ataupun keluhan. Bahkan umpan balik negatif adalah sesuatu yang berharga dan bisa memberi Anda ukuran kepuasan pelanggan yang jujur.

5. Buatlah Diskon atau Giveaway

cara mendapatkan pelanggan setia - tips Aulia Fashion 5

Cara mendapatkan pelanggan setia selanjutnya adalah dengan membuat diskon dan memberi hadiah atau giveaway. Kapan Anda terakhir kali menawarkan diskon atau penawaran khusus pada pelanggan? Mulai sekarang cobalah untuk memberikan diskon, giveaway atau penawaran khusus lainnya secara rutin pada pelanggan.

Gunakanlah kesempatan pada momen-momen penting seperti lebaran, kemerdekaan, atau akhir tahun untuk memberikan diskon pada pelanggan. Potongan harga ini berguna untuk menarik minat pelanggan baru dan juga mempertahankan pelanggan lama.

6. Teruslah Berinovasi

cara mendapatkan pelanggan setia - tips Aulia Fashion 6

Jika bisnis Anda sudah lumayan ramai, janganlah stuck dengan produk dan hasil pencapaian Anda. Teruslah berinovasi karena saat ini persaingan semakin ramai karena banyak orang yang menjadi pengusaha. Sehingga beberapa bisnis yang telah sukses hari ini merupakan sebuah bisnis yang terus-menerus melakukan inovasi demi mempertahankan eksistensinya.

Penggunaan inovasi baru bisa menjadi cara mendapatkan pelanggan setia yang tepat untuk menghadapi persaingan, dan dinilai cukup efektif untuk memenangkan pasar. Tidak adanya inovasi akan membuat konsumen merasa bosan, meninggalkan produk tersebut, dan bisa dipastikan bisnis akan tenggelam di tengah ketatnya persaingan.

Hal inilah yang mendorong para pelaku usaha, baik skala kecil maupun besar dituntut untuk selalu berinovasi untuk meningkatkan daya saing produknya. Melakukan terobosan atau inovasi dapat dimulai dari hal-hal yang sederhana.

Itulah berbagai cara mendapatkan pelanggan setia yang dapat Anda terapkan saat berbisnis. Ciptakan relasi yang baik dan strategi marketing yang tepat. Usahakan selalu membuat pelanggan Anda merasa nyaman dan produk Anda akan menjawab kebutuhan mereka hingga puas. Selalu berinovasilah untuk mempertahankan dan memenangkan persaingan bisnis. Selamat mencoba dan selamat berjuang, Aulialovers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *