meningkatkan imun

8 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami saat Corona Melanda

Diposting pada

Aulia Fashion – Saat ini menjaga kesehatan bagi tubuh amat penting dilakukan, karena dapat menjaga diri dari serangan virus covid-19 yang tengah mewabah. Oleh karenanya, meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh sangatlah penting dilakukan. Anda dapat memperkuat kekebalan tubuh dengan mengubah pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Cara ini dapat meningkatkan imunitas saat corona melanda sehingga tubuh dan dapat membantu melawan patogen atau organisme penyebab penyakit.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tetap Sehat

Lalu, bagaimana sih cara meningkatkan imun tubuh secara alami? Inilah 8 tips meningkatkan imun tubuh saat corona melanda dari Aulia Fashion agar tetap sehat dalam menghadapi pandemi virus corona.

1. Meningkatkan Imun dengan Tidur Cukup

meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat

Waktu istirahat yang cukup juga menentukan turun naiknya imunitas tubuh. Faktanya, kualitas tidur yang tak memadai atau buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit.

Istirahat yang cukup dapat memperkuat kekebalan alami tubuh Anda. Selain itu, Anda dapat tidur lebih banyak saat sakit untuk memungkinkan sistem kekebalan tubuh melawan penyakit dengan lebih baik.

Orang dewasa membutuhkan 7 jam atau lebih tidur setiap malam, sementara remaja 8–10 jam dan anak-anak yang lebih muda dan bayi hingga 14 jam. Jika Anda sulit tidur, cobalah membatasi waktu dari layar gadget selama satu jam sebelum tidur, karena cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel, televisi, dan komputer dapat mengganggu ritme sirkadian atau siklus bangun-tidur alami tubuh Anda.

Cara menjaga kualitas tidur lainnya termasuk tidur di ruangan yang benar-benar gelap atau menggunakan masker tidur, tidur pada waktu yang sama setiap malam, dan berolahraga secara teratur untuk tingkatkan imunitas dapat Anda coba untuk membantu Anda cepat terlelap.

2. Rileks atau Santai

meningkatkan imunitas saat corona

Stres merupakan salah satu sumber penyakit. Semakin tinggi kadar stres, semakin sedikit antibodi dan sel darah putih yang dihasilkan tubuh.

Stres bahkan selanjutnya bisa membawa seseorang pada gaya hidup sembarangan, misalnya pola makan yang tidak sehat. Stres jelas bisa menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit.

Meluangkan waktu sejenak di tengah stres akibat kesibukan yang tak pernah berakhir sangatlah dianjurkan. Stres yang dibiarkan bisa menyebabkan perubahan-perubahan fisiologis yang dapat melemahkan sistem imunitas tubuh seseorang.

Tekanan yang terus-menerus mengakibatkan menurunnya zat-zat kimia dalam tubuh, seperti hormon adrenalin dan kortisol, yang akhirnya menekan dan merusak sisten imun dalam tubuh. Karena itulah Anda tetap dianjurkan untuk rileks dan bersikap tenang agar daya tahan tubuh Anda tetap terkendali.

3. Konsumsi Makanan Berserat yang Kaya Akan Antioksidan

meningkatkan imun secara alami

Cukup banyak pekerja kantor biasanya mengalami penyakit yang disebut Sick Building Syndrome (SBS). SBS bisa dipahami sebagai penyakit yang muncul karena terkontaminasi dengan radikal bebas dari alat elektronik di sekitar.

Radikal bebas juga bisa terjadi dari metabolisme dalam tubuh, asap rokok, dan polusi udara. Saat berada dalam ruangan tertutup dan ber-AC, radikal bebas ini ikut terbawa melalui orang-orang yang sebelumnya telah terkontaminasi dengan polusi-polusi kendaraan bermotor saat beraktivitas di luar.

Radikal bebas ini selanjutnya akan terus berputar dalam ruangan tertutup, dan tanpa sadar kita bisa ikut menghirup udara tersebut sehingga lambat laun kesehatan akan terganggu. Antioksidan di sini akan membantu menetralisasi radikal bebas sehingga tubuh terhindar dari berbagai kerusakan sel dan jaringan.

Selain itu, antioksidan juga diperlukan untuk mengangkat radikal bebas yang ada dalam darah yang bisa menekan daya tahan tubuh. Agar bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan dalam jumlah cukup, misalnya: buah kiwi, jeruk, apel, anggur, berry, sayuran hijau, wortel, bayam, polong-polongan, biji-bijian, aneka jamur, dan bawang putih.

4. Meningkatkan Imun Secara Alami:  Mengonsumsi Vitamin dan Mineral

meningkatkan imun saat flu

Cara meningkatkan imun secara alami ialah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin. Buah-buahan dapat meningkatkan imun tubuh secara alami.

Kekuatan imunitas secara menyeluruh juga tergantung pada pasokan vitamin dan mineral yang optimal. Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan berbagai macam vitamin.

Apa fungsi vitamin-vitamin ini? Vitamin A sebagai pendongkrak pertahanan tubuh dengan cepat; Kemudian vitamin B kompleks di mana vitamin B6 yang berfungsi sebagai T-Cell sangat memengaruhi produksi antibodi penting untuk mengatasi setiap infeksi; Sedangkan, vitamin C sebagai nutrisi utama peningkat imunitas atau masker immune-boasting nutrient yang membantu sel-sel imunitas menjadi dewasa, meningkatkan performa antibodi, dan antibakteri; Vitamin E sebagai antioksidan.

Selain itu, sejumlah mineral juga dikaitkan dengan antioksidan dan telah terbukti dapat memengaruhi daya tahan tubuh secara positif, di antaranya: zat besi, mangan, selenium, dan seng yang menjadi mineral terpenting selain selenium.

5. Cara Meningkatkan Imun dengan Rutin Berolahraga

Cara meningkatkan imun untuk melawan virus corona juga bisa dengan rutin berolahraga. Keistimewaan olahraga amat banyak, salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Olahraga bisa merangsang kinerja antibodi dan sel-sel darah putih. Sel darah putih merupakan sel kekebalan tubuh yang melawan berbagai penyakit. Melalui olahraga juga, sel darah putih bisa bersirkulasi lebih cepat. Alhasil, sel-sel tersebut bisa lebih awal untuk mendeteksi penyakit.

Menariknya lagi, olahraga juga bisa membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernapasan. Kondisi inilah yang bisa mengurangi risiko terjangkit flu atau penyakit lainnya. Karena sangat bermafaat bagi tubuh, jangan lupa untuk berolahraga ya di sela-sela aktivitas Anda di pagi hari.

6. Terhidrasi dengan Baik

meningkatkan imun agar terhindar dari corona

Hidrasi tidak selalu melindungi Anda dari kuman dan virus, tetapi mencegah dehidrasi penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan menghambat kinerja fisik Anda, fokus, suasana hati, pencernaan, dan fungsi jantung dan ginjal. Komplikasi ini dapat meningkatkan kerentanan Anda terhadap penyakit.

Untuk mencegah dehidrasi, Anda harus minum cukup cairan setiap hari. Air putih direkomendasikan karena bebas dari kalori, zat tambahan, dan gula. Kemudian sebaiknya batasi asupan jus buah dan teh manis karena kandungan gula yang tinggi.

Dengan meminum air putih yang cukup setiap harinya, tubuh Anda akan terhidrasi dengan baik sehingga organ tubuh tetap bekerja secara optimal dan menghindarkan Anda dari resiko turunya sistem imun tubuh.

7. Memperbanyak Bersosialisasi dengan Teman

meningkatkan imunitas diri

Menurut para ahli, seringnya menyendiri atau tidak ada waktu untuk bertemu dengan kerabat atau bersosialisasi akan mengubah sistem imunitas tubuh pada tingkat seluler. Artinya, kesehatan fisik dan mental akan menurun dan terganggu.

Maka dari itu, bersosialisasilah dengan orang-orang di sekeliling untuk membuat pikiran rileks dan meningkatkan daya tahan tubuh. Meski tak bisa bertemu secara langsung, Anda dapat menyapanya melalui aplikasi video call untuk bersilaturahmi dan saling menanyakan kabar.

8. Cara Meningkatkan Imun dengan Berjemur

apa manfaat berjemur pagi

Cara meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat yang terakhir yaitu dengan cara berjemur di bawah terik matahari. Paparan ringan sinar matahari terutama pada jam tertentu seperti antara pukul 08.00-09.00 WIB atau pukul 11.00-13.00 WIB, dapat meningkatkan produksi vitamin D yang juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh.

Anda dapat berjemur pada waktu-waktu ini selama 10-15 menit, dan cukup 2-3 kali dalam seminggu untuk menghasilkan vitamin D yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Tak hanya itu, paparan sinar matahari dapat membantu menekan sistem imun yang aktif, itulah mengapa sinar matahari digunakan untuk mengobati penyakit autoimun seperti psoriasis.

Selain itu, karena sel darah putih akan mengalami peningkatan saat terpapar sinar matahari maka hal tersebut akan membantu untuk memerangi penyakit dan mencegah infeksi pada tubuh. Berjemur di pagi hari sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca juga: 7 Tips Online Meeting

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh yang wajib Anda coba dari rumah. Cara ini mudah dilakukan karena bersifat alami.

Tetap jaga kesehatan Anda dan keluarga demi melawan pandemi covid-19 ini. Dan biar Aulia yang menjaga penampilan Anda agar tetap cantik dan anggun. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *