Ciri-Ciri Tempat Usaha yang Strategis dan Ramai Pengunjung

Setuju atau tidak, tempat usaha yang strategis sangat menentukan kesuksesan usaha. Tempat yang mudah terjangkau dan lalu lintas tinggi, biasanya menjadi tempat-tempat pilihan untuk membuka bisnis. Lalu, tahukah Anda bagaimana ciri-ciri tempat usaha yang strategis?

Untuk yang baru pertama kali membuka usaha sendiri, hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Seperti yang kita ketahui bersama, pemilihan lokasi sangat mempengaruhi ramai atau tidaknya usaha yang saat ini sedang dijalankan.

Lokasi yang tepat akan membuat usaha kita lebih maju. Sebaliknya, lokasi yang kurang strategis, apalagi aksesnya yang susah, akan membuat usaha Anda sulit berkembang.

Karena hal penting tersebut, kita harus benar-benar memperhatikan pemilihan lokasi usaha. Artikel ini akan tuntas tentang karakteristik tempat usaha yang strategis. Simak penjelasan lengkapnya pada poin-poin berikut.

Dekat dengan Target Pasar

Sebagai pengusaha, Anda pasti memiliki barang atau jasa yang kalian tawarkan kepada konsumen. Hal ini menjadi pertimbangan utama dalam memilih lokasi usaha.

Pemilihan tempat usaha sangat bergantung pada siapa target pasar Anda. Dalam hal ini, semakin dekat dengan target pasar, kemungkinan usaha berkembang pun bisa lebih tinggi.

Sebagai contoh, jika Anda adalah pengusaha baju, lokasi usaha yang disarankan untuk Anda adalah pasar atau mall atau pusat-pusat perbelanjaan yang menjajakan baju. 

Target pasar Anda ada di sana. Ketika ingin membeli baju, beberapa orang masih menggunakan tradisi lama, yakni berbelanja baju di pasar, bukan secara online.

Lalu, jika Anda ingin membuka usaha bimbel atau les-lesan, pilih lokasi yang dekat dengan sekolah. Lokasi ini menjadi strategis karena siswa yang pulang dari sekolah tidak membutuhkan waktu lama untuk datang ke bimbel.

Kemudian, jika Anda tidak bisa membuka usaha di tempat-tempat potensial tersebut, masih ada alternatif lainnya. Simak penjelasan berikutnya.

Akses ke Lokasi Mudah

Jika Anda tidak bisa menemukan lokasi bisnis yang dekat dengan target pasar, entah itu karena harga sewanya yang mahal atau karena hal lainnya, pastikan Anda memilih tempat usaha yang aksesnya mudah.

Tempat yang aksesnya mudah tak selalu yang berada di tengah kota. Anda bisa memilih tempat usaha di mana pun. Pastikan saja lokasinya mudah dijangkau.

Tempat yang terpelosok pun bisa viral dengan bantuan strategi marketing yang sesuai. Pastikan saja akses ke lokasi usaha mudah sehingga calon konsumen tidak kesulitan untuk menemukan lokasi Anda.

Dekat dengan Bisnis Lain yang Menunjang

Kemudian, Anda juga bisa memilih lokasi usaha yang dekat dengan usaha-usaha lainnya yang masih berkaitan dengan usaha Anda.

Misalnya, Anda memiliki usaha baju. Anda bisa memilih lokasi usaha yang dekat dengan usaha yang berkaitan dengan usaha Anda, misalnya usaha aksesoris. Contoh lainnya, usaha bengkel dengan usaha motor bekas, dan lain sebagainya.

Dengan berada di dekat usaha yang mendukung satu sama lain, hal ini pun akan memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka. Jadi, jika takut bersaing dengan pelaku usaha yang sejenis, Anda bisa memilih lokasi di sebelah jenis usaha lainnya yang serupa.  

Dilalui Banyak Orang

Idealnya, jika lokasi usaha banyak dilalui oleh orang, kemungkinan usaha Anda berkembang akan jauh lebih besar. Anda bisa melakukan promosi langsung kepada konsumen yang lewat.

Anda tinggal memberikan promo-promo tertentu yang menarik bagi pengunjung. Ajak mereka untuk mampir sebentar ke lokasi Anda. Lalu, buat mereka puas dengan layanan Anda.

Memberikan kesan pertama yang memuaskan akan membuat pengunjung ketagihan untuk datang ke lokasi Anda. Hal ini berlaku untuk semua bisnis.

Dekat dengan Kompetitor

Untuk Anda yang memiliki nyali besar, silakan membuka usaha di dekat kompetitor. Mengapa hal ini masuk dalam tempat strategis untuk jualan?

Jawabannya sederhana. Anda tidak perlu capek-capek untuk mencari pelanggan. Konsumen yang biasa mengunjungi toko kompetitor akan melirik toko Anda sebagai pesaing. 

Awalnya, mereka akan coba-coba. Jika ternyata produk dan pelayanan Anda lebih bagus dari kompetitor, mereka pun akan memilih Anda.

Dari lima ciri di atas, bisa disimpulkan bahwa lokasi strategis adalah yang lokasinya mudah dijangkau oleh target market. Ini menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.

Selanjutnya, Anda bisa memetakan sendiri bagaimana ciri-ciri tempat usaha yang strategis yang menurut Anda paling pas dengan target pasar. 

Anda bisa mempraktikkan ilmu di atas dengan menjadi reseller di Aulia Fashion. Brand baju muslimah ini sudah terbukti bisa mensukseskan ribuan reseller-nya di seluruh Indonesia lho. Semoga bermanfaat! 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *