Paling Laku! 10 Ide Usaha Kreatif Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

Ide kreatif di bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan tinggal dalam hitungan hari tapi dompet Anda makin menipis? Mau memulai usaha di bulan Ramadhan tapi bingung? Tidak perlu khawatir. 

Ada macam-macam ide kreatif di bulan Ramadhan yang Anda bisa putar menjadi uang jajan dan usaha jangka panjang yang dapat Anda temukan di sini.

Ramadhan merupakan dengan bulan penuh berkah. Bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam. 

Meski masih ditengah-tengan pandemi, namun tetap Anda tetap dapat mendapatkan penghasilan tambahan. 

Karena di bulan ini pintu pahala dan rezeki dibuka lebar salah satunya dengan menjalankan ide-ide usaha kreatif Ramadhan berikut.

Ini 10 Ide Usaha Kreatif Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

Berbisnis di bulan Ramadhan tidak perlu tempat dan modal besar. Usaha kecil juga bisa mendapatkan untung besar. Inilah 10 ide usaha kreatif yang bisa Anda coba:

Berjualan Takjil

Tidak lengkap jika memasuki bulan Ramadhan tidak menemukan takjil. Setelah puasa sehari penuh orang-orang menginginkan santapan yang menyegarkan sekaligus mengenyangkan. Anda dapat berjualan es buah, es kelapa muda, es dawet, es sirup, dan kolak.

Anda cukup berdagang di depan rumah atau jalan-jalan yang ramai orang untuk ngabuburit. Namun, untuk Anda yang tidak punya tempat berjualan. Anda dapat menjualnya secara online seperti lewat marketplace, ojek online, hingga sosial media.

Berjualan Jajanan Pasar

Selain takjil, Anda dapat menambahkan jajanan pasar sebagai pendamping minuman manis. Harganya murah dan porsinya yang kecil cukup untuk melepas lapar. Seperti aneka bubur, risoles, kue pukis, nagasari, kue lumpur, ketan, dan lain-lain.

Seperti halnya berjualan takjil, Anda tidak membutuhkan ruang yang besar. Cukup sediakan satu meja dan kursi di depan rumah. Bisa juga dijual dalam jumlah banyak untuk acara buka puasa Bersama.

Berjualan Hampers Lebaran

Saat mendekati lebaran biasanya sebagian orang yang memiliki banyak teman dan saudara saling memberikan barang berupa sarung, mukena, hijab, gamis, kopiah, atau kue kering yang tertata di atas kotak dengan cantik.

Ide usaha kreatif bulan Ramadhan yang memudahkan para pekerja yang tidak memiliki waktu luang menghiasnya dan lebih cepat menguntungkan untuk Anda tentunya.

Usaha ini butuh keterampilan kreatif yang maksimal. Tampilan kartu ucapan dan hampers menarik akan menarik pembeli.

Layanan Pesan Antar Menu Sahur

Selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu membuka layanan pesan antar menu sahur. Bagi Anda yang tinggal di perkotaan, usaha ini bisa menjadi pilihan. Orang-orang biasanya capek saat dini hari untuk keluar rumah mencari menu sahur. Ada juga pekerja yang tidak sempat memasak.

Mereka akan mencari layanan yang cepat dan dekat dari lokasi tanpa pikir Panjang. Anda dapat membuat beberapa paket makanan yang bervariasi setiap minggunya.

Katering Kue Kering Lebaran

Mendekati idul fitri, umat muslim bersiap-siap menyambut tamu dengan sajian kue kering. Usaha yang memiliki banyak pesaing. Tapi, tak ada salahnya jika Anda mencoba. Keuntungan besar bisa didapat karena banyak orang mencarinya. 

Jenis-jenis kue yang dapat Anda coba jual, diantaranya nastar, kue kacang, kue semprit, kastengel, dan putri salju.

Berjualan Ketupat dan Kurma

Ketupat dan kurma menjadi bagian dari bulan Ramadhan yang tidak terpisahkan. Anda bisa berjualan kurma di awal hingga pertengahan bulan Ramadhan. Lalu, Anda sambung dengan berjualan ketupat yang masih kosong atau yang sudah jadi saat mendekati idul fitri. 

Usaha kreatif yang menjanjikan ini masih sedikit kompetitornya, sehingga Anda dapat menambah penghasilan dengan maksimal.

Berjualan Perlengkapan Ibadah Sholat

Berjualan perlengkapan sholat dapat menjadi ide bisnis kreatif bulan Ramadhan. Orang-orang ingin memasuki bulan suci penuh anugerah dengan perlengkapan sholat agar ibadah lebih maksimal. 

Selain itu, bulan Ramadhan juga waktu untuk membeli perlengkapan sholat baru sebagai hadiah untuk diri sendiri atau orang lain.

Perlengkapan ibadah sholat yang paling banyak paling diminati antara lain sajadah, tasbih, sarung, kopiah, mukena, hingga buku tuntunan sholat.

Berjualan Kuota dan Pulsa

Tahun ini menjadi tahun kedua bulan Ramadhan dan lebaran di masa pandemi. Larangan mudik ke tempat yang terlalu jauh sudah terbit. Orang-orang yang kampung halamannya jauh hanya bisa menyapa keluarga lewat chat atau video call

Di sini Anda dapat menerapkan ide usaha kreatif berjualan pulsa dan kuota yang dapat membantu mereka tetap bersilaturahmi meski tidak bertemu secara langsung.

Usaha Laundry

Jika Anda memiliki banyak waktu luang lebih di bulan Ramadhan. Usaha laundry pas dijadikan bisnis kreatif baru Anda. Di bulan ini, banyak ART (asisten rumah tangga) kembali ke kampung halamannya sehingga pemilik rumah kesulitan mencuci pakaian sendiri.

Menuju lebaran, orang-orang juga biasanya mencuci baju mereka untuk ditinggal mudik atau dipakai saat lebaran nanti. Meski melelahkan, jika menjalankannya dengan tekun. Keuntungan yang Anda dapat juga lebih besar.

Reseller Baju Muslim Aulia Fashion

Bagi Anda yang tidak ingin pusing-pusing mencari tempat berjualan dan sekaligus mencari usaha sampingan di Bulan Ramadhan. Bergabung menjadi reseller baju muslim Aulia Fashion mungkin bisa menjadi jawaban ide kreatif di bulan Ramadhan Anda.

Aulia Fashion adalah sebuah perusahaan yang sudah bertahun-tahun yang bergerak di bidang fashion Muslimah Indonesia. 

Lewat prinsip rizki yang berkah itu adalah rezeki yang bermanfaat bagi banyak orang, menyebar dan meluas tanpa batas. Berdasar Ukhuwah Islamiyah meski tidak bisa muka langsung, namun silaturahmi tetap terjaga.

Menjadi bagian dari reseller Aulia Fashion, Anda akan mendapatkan fasilitas berupa:

  • Diskon besar
  • 6 hari/ Minggu pelayanan (kecuali hari libur
  • Halaman profil di website resmi Aulia Fashion
  • Grup WhatsApp + pembinaan dan sharing

Jika Anda tertarik menjadi bagian Aulia Fashion, Silahkan menuju menu reseller untuk mendaftar atau klik di sini.

Bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Semoga Anda terbantu dengan macam-macam ide kreatif usaha di bulan Ramadhan yang saya sampaikan di atas, serta dapat membantu Anda menjalankan ibadah puasa dengan penuh syukur. Aamiin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.