hikmah di bulan ramadhan by aulia fashion

Inilah 9 Hikmah Melaksanakan Puasa Ramadhan

Posted on 5 views

Auliafashion.id – Alhamdulillah bulan Ramadhan nan suci ini telah tiba. Di bulan ini semua umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Namun puasa Ramadhan tak hanya sekedar menahan makan dan haus saja, banyak nilai dan hikmah yang didapat dari berpuasa di bulan suci ini. Di antara banyak keutamaannya, keutamaan puasa Ramadhan dapat berguna bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Untuk menyempurnakan puasa Anda di bulan ini, tentunya Anda perlu mengetahui hikmah-hikmah puasa Ramadhan yang sedang Anda jalani. Selamat menyimak ulasan Aulia Fashion berikut.

1. Melatih Disiplin dalam Mengatur Waktu

Berpuasa membuat rutinitas Anda sedikit berubah dari biasanya. Anda akan terbiasa bangun di pagi hari sebelum subuh untuk sahur. Rutinitas ini akan membuat kebiasaan untuk bangun lebih pagi dan mencari rejeki. Anda juga akan terbiasa beristirahat tepat waktu di malam hari. Karena untuk menjaga agar tubuh tetap fit di siang hari meski sedang berpuasa, maka secara otomatis tubuh Anda akan memerlukan istirahat yang cukup di malam hari. Jadi antara waktu istirahat dan waktu terjaga Anda dapat lebih seimbang dan melatih tubuh menjadi lebih disiplin.

2. Menjadi Lebih Tabah

hikmah di bulan ramadhan by aulia fashion 1

Puasa Ramadhan mempunyai larangan-larangan yang akan membiasakan Anda melatih diri untuk lebih tabah. Anda harus menahan sifat-sifat buruk, seperti marah-marah, berburuk sangka, berbohong, dan lain sebagainya. Berpuasa akan melatih sifat sabar atas segala perbuatan orang lain kepada kita. Sifat ini akan memiliki pengaruh positif yang akan berdampak baik kepada kepribadian Anda dikala bulan-bulan setelah Ramadhan.

3. Menjaga Keseimbangan Hidup

hikmah di bulan ramadhan by aulia fashion 3

Terkadang sebagai manusia, kita melupakan hal-hal yang dapat memperbanyak amalan kita untuk bekal usai kehidupan karena lebih mementingkan hal-hal duniawi. Kewajiban seorang insan muslim terkadang terlupa karena lebih mengejar hal-hal duniawi seperti pekerjaan, hawa nafsu, rutinitas yang sibuk, dan lain-lain. Maka pada bulan puasa ini kita dilatih untuk kembali mengingat dan melaksanakan seluruh kewajiban beribadah kepada Allah SWT.

4. Lebih Peduli Kepada Sesama dan Mempererat Silaturrahmi

hikmah di bulan ramadhan by aulia fashion 4

Dalam Islam ada persaudaraan sesama muslim, akan tampak jelas jika berada di bulan Ramadhan. Banyak juga orang memberikan takjil untuk buka puasa secara gratis di jalan raya maupun di masjid. Di malam hari juga terbiasa sholat tarawih bersama di masjid, memberi dan mendapat ilmu di setiap ceramah dan diskusi keagamaan yang dilaksanakan di Masjid. Apalagi ketika Anda berada di rumah tentunya akan menjadi semakin dekat dengan keluarga Anda karena terbiasa makan berbuka puasa bersama, dan sahur bersama.

5. Lebih Fokus untuk Beribadah

hikmah di bulan ramadhan by aulia fashion 5

Tujuan puasa adalah melatih diri kita agar dapat menghindari dosa-dosa di hari yang lain di luar bulan Ramadhan. Kalau tujuan tercapai maka puasa berhasil. Tapi jika tujuannya gagal maka puasa tidak ada arti apa-apa. Jadi, Anda akan terbiasa berorientasi kepada tujuan dalam melakukan segala bentuk amal ibadah.

6. Melakukan Kegiatan Mulia yang Merupakan Ibadah

hikmah di bulan ramadhan by aulia fashion 6

Seperti yang kita ketahui, di bulan suci Ramadhan amal dan ibadah akan dilipatgandakan pahalanya. Karena itu perbuatan-perbuatan baik Anda seperti pada setiap langkah kaki menuju masjid untuk ibadah, membantu orang lain yang kekurangan, membaca Al-Qur’an, bersedekah, hingga beristirahat selama bulan puasa dapat dihitung sebagai ibadah.

7. Berhati-Hati dalam Berbuat

Puasa Ramadhan akan sempurna apabila kita menghindari keharaman mata, telinga, perkataan dan perbuatan. Latihan ini menimbulkan kemajuan positif bagi kita jika di luar bulan Ramadhan, kita juga dapat menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan dosa seperti berprasangka buruk, berkata kasar, berbohong, dan lain sebagainya.

8. Melatih Hidup Lebih Sederhana

Hikmah di balik puasa Ramadhan selanjutnya yaitu dapat melatih hidup lebih sederhana. Ketika berpuasa, kita terbiasa menahan makan dan minum yang berlebihan, berbeda dengan kehidupan sehari-hari di luar bulan Ramadhan. Kebiasaan itulah yang akan melatih diri Anda menjadi hidup lebih sederhana dan menahan hawa nafsu dari hal-hal berlebihan di dunia ini.

9. Lebih Bersyukur Jalani Hidup

hikmah di bulan ramadhan by aulia fashion 9

Menahan lapar, haus, dan perbuatan merugikan selama bulan suci Ramadhan membuat kita lebih bersyukur dalam menjalani hidup. Dengan makan hanya ada saat berbuka dan sahur, kita menjadi lebih mensykuri nikmat yang kita miliki. Sehingga kita dapat menjadi pribadi yang lebih mensyukuri nikmat Allah SWT.

Baca juga: 7 Momen yang Paling Dirindukan dan Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Itulah hikmah puasa Ramadhan yang dapat Anda teladani di bulan suci ini. Hikmah puasa Ramadhan pun bermanfaat juga dalam membentuk akhlak mulia yang dapat dibiasakan hingga di luar bulan Ramadhan. Tetap semangat saat berpuasa dan teruslah menyempurnakan ibadah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *