kain khas jambi

Ciptakan Busana Muslim Favoritmu dengan Ragam Motif Kain Khas Jambi

Diposting pada

Kain khas Jambi merupakan salah satu kekayaan budaya dari Provinsi Jambi, Indonesia. Biasanya di setiap daerah di Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beraneka ragam.

Kekayaan tersebut dapat berupa ciri khas daerah, rumah tradisional, tarian tradisional, kain atau pakaian tradisional, dan masih banyak lagi. Berbeda daerah dapat membuat ciri khas yang berbeda pula pada kekayaan budaya Indonesia.

Kali ini Aulia Fashion akan membahas mengenai salah satu kekayaan budaya di provinsi Jambi. Jambi adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di pesisir Timur di bagian tengah Pulau Sumatera.

Jambi kaya akan alam, kultur yang menarik, dan juga kekayaan kreatifitas rakyatnya turut menyempurnakan khasanah budaya nusantara. Salah satu kekayaan khas Jambi yaitu kainnya.

Jambi mempunyai kain tenun Jambi (songket) dan kain batik yang terkenal akan corak atau motif khasnya. Tahukah anda, kain khas Jambi ini dapat anda jadikan sebagai kombinasi dalam berbusana muslim. Mari kita membahas motif-motif khas pada kain khas Jambi.

Batik Jambi turun menurun berkembang dari keluarga Raja-raja Melayu Jambi dan berangsur-angsur surut setelah kerajaan runtuh.  Pada era tahun 1980-an atas prakarsa Ibu Gubernur pada masa itu mendatangkan ahli batik dari Yogyakarta untuk menghidupkan kembali budaya Batik Jambi.

Ragam Motif Kain Khas Jambi Paling Menarik

Hingga kini batik tulis Jambi lebih berkembang pesat dan bermunculan motif-motif baru. Selain terdapat pada batik tulis, motif-motif ini juga dapat anda temukan pada kain songket khas Jambi.

Kain-kain etnik bermotif menarik ini dapat anda kenakan sebagai bawahan kebaya atau pada acara-acara formal lainnya. Selain itu, kain tradisional khas Jambi ini juga cocok menjadi variasi gamis syar’i etnik.

Berikut motif-motif batik Jambi yang patut untuk Anda ketahui.

1. Kain Tenun Jambi Motif Durian Pecah

Keistimewaaan buah durian kiranya telah menjadi sumber inspirasi bagi terciptanya motif durian pecah. Filosofi dari durian pecah ini bisa juga mengandung arti sebagai pemimpin yang mempunyai sifat amanah, tegas dalam ucapan, kuat dalam pendirian dan membawa berkah dan manfaat bagi orang lain dan alam sekitar.

kain tenun jambi

2. Motif Merak Ngeram

Motif ini  ibarat seekor burung merak yang sedang mengerami telornya. Burung merak adalah burung yang mempunyai bulu yang indah dan termasuk binatang langka yang terlindungi.

Ciri kain batik jambi motif merak ngeram yang indah ini menampilkan kesan anggun, yang merupakan penggambaran “kasih sayang dan tanggung jawab seorang ibu”.

3. Kain Khas Jambi Motif Angsa Duo

Motif  Angso Duo   tergolong motif fauna yang melegenda dan sarat dengan nilai-nilai sejarah, terutama sejarah Kota Jambi “Tanah Pilih Pusako Betuah”. Motif ini memiliki kandungan pesan yang cukup mendalam yaitu nilai kerukunan, kegigihan dan kesabaran dalam berusaha, serta nilai keselarasan antara sesama manusia sebagai mahluk yang mulia.

4. Motif Kuao Berhias

Kain tradisional Jambi motif  Kuao Berhias merupakan salah satu motif batik lama yang ada di Jambi. Terinspirasi oleh pengrajin batik dari binatang unggas yang bernama Kuao, kemudian terciptalah motif ini

Makna dari motif ini ialah agar kita bercermin terhadap kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri (Intropeksi) karenanya kita bisa memperbaiki yang ada.

kain tradisional jambi

5. Motif Riang-Riang

Motif  riang-riang  berasal dari nama hewan serangga Reriang. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi orang lain dan lingkungannya.

Seperti serangga riang-riang, dengan bentuk badan yang kecil dan kemampuan yang juga kecil, tetapi masih mampu memberikan sinar dalam kegelapan dan dapat menimbulkan keindahan dalam kegelapan.

Ketika dia berbunyi orang yang mendengar merasa bising dan ringam, tetapi bila tidak berbunyi terasa sunyi.

6. Kain Khas Jambi Motif Kaco Piring

Motif  Kaco Piring  menyerupai bunga kaca piring dan piring kaca yang banyak beredar di Jambi. Berbagai motif khas Jambi terinspirasi oleh kehidupan masyarakat sekitar serta alam dan sekitarnya.

ciri kain batik jambi

7. Kain Khas Jambi Motif Daun Keladi

Motif  Daun Keladi  memiliki arti sebagai “dapat melakukan kerja sama, kuat dan setia kawan” sarat dengan filosofi “teguh dengan janji dalam tiga sepilin/tigo tungku sejarangan kok bulat dapat digulingkan, kok pipih dapat dilayangkan”. Makna lain mengandung nasehat “Jangan seperti air di atas daun talas, artinya tidak dapat dipegang janjinya.

Tetapi kandungan pesannya adalah “Jadilah orang yang teguh menepati janji (dapat dipercaya)”.

8. Motif Relung Kangkung

Ciri kain batik jambi motif relung kangkung ini biasanya terdapat dalam pada batik dan ukiran. Jika motif ini terdapat pada batik, maka dapat diartikan sebuah pola garis yang membentuk gambar menyerupai tumbuhan kangkung.

Motif ini memiliki makna filosofi “perjuangan hidup yang pantang menyerah untuk mencapai cita-cita dan sikap yang arif untuk menyelesaikan setiap persoalan yang datang agar kehidupan dapat berjalan sebagaimana mestinya”.

kain batik jambi motif

9. Kain Tradisional Jambi Motif Bungo Teratai

Motif  Bungo Teratai   memiliki makna filosofi kesucian, keindahan dan ketegaran hidup. Selain itu motif ini mempunyai dua perumpamaan: 1) Seorang gadis seumpama bunga, harus tetap mampu menjaga kesuciannya walau hidup berada dalam lingkungan yang kurang baik, harus pandai menyaring dan menjaga diri tetap tegar dan segar menampakan keindahan, jangan layu sebelum berkembang. 2) Alam menjadi guru bagi siapapun orang yang mampu mengambil makna setiap peristiwa yang terjadi di lingkungannya.

10. Motif Bungo Melati

Motif  Bungo Melati  memiliki makna filosofi selain lambang kesucian cinta adalah sifat konaah dan syukur atas apa yang ada, tidak ada iri dengan yang lain, sesungguhnya Allah menciptakan semua bentuk dan keadaaan mahluk-Nya sesuai perannya masing – masing.

11. Motif Kepak Lepas

Motif Kepak Lepas  memiliki makna filosofi berisi tentang nasehat: 1) Hendaknya manusia dapat mensyukuri dan menjaga apa yang sudah menjadi karunia Allah kepadanya. 2) Jangan menyia-nyiakan sesuatu yang sudah anda dapat, dan menyesal kemudian setelah dia tiada. 3) Kehidupan tidak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya, bila komponen yang paling penting sudah tidak berfungsi atau telah lepas (bagaikan burung lepas sayapnya).

toko bahan kain di jambi

Itulah motif-motif kain khas Jambi yang dapat anda jadikan referensi bahan busana muslim anda atau sebagai bahan bisnis gamis syar’i di kota Jambi. Berbagai pilihan model baju dapat anda pilih untuk menempatkan kain batik atau kain tenun Jambi ini untuk atasan, rok, ataupun outer pada busana muslim anda.

Karena kain-kain tradisional Jambi ini terkenal akan ciri khas benang emasnya, anda dapat terlihat lebih menawan dan elegan pada saat memakainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *