berjemur pagi hari

Inilah 8 Manfaat Berjemur di Pagi Hari Saat Pandemi

Diposting pada

Aulia Fashion –Belum terbiasa berjemur di pagi hari? Aulialovers sudah tahu belum kalau munculnya pandemi virus covid-19 yang telah menginfeksi banyak orang sedunia hingga di Indonesia membuat banyak orang yang membiasakan diri melakukan kegiatan-kegiatan sehat dan dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Salah satu kegiatan tersebut ialah berjemur di pagi hari. Kapan sih waktu yang baik berjemur pada pagi hari?

Secara umum, World Health Organization (WHO) mengelompokkan indeks sinar UV menjadi 1-10, di mana 1 merupakan kadar UV paling rendah (jam 09.00-10.00 pagi) dan 10 adalah kadar UV paling tinggi (di atas jam 10.00 pagi). Waktu yang baik berjemur matahari pagi yaitu sekitar jam 9 pagi hingga 11 siang untuk berjemur namun sebentar saja ya, yaitu selama 15 menit.

Sebelum berjemur, gunakan lotion yang mengandung SPF 30 atau lebih pada area kulit yang terpapar matahari. Hal ini berguna agar kulit tak mudah kering dan gelap.

Untuk Aulialovers, sebaiknya Anda mengenakan jilbab instan saat melakukan aktivitas ini.

Manfaat Berjemur Saat Pandemi

Nah, apa saja sih manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan kita, terutama di tengah pandemi covid-19 ini? Inilah penjelasannya.

1. Berjemur Pagi Hari dapat Menurunkan Tekanan Darah

 manfaat berjemur pagi hari

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang berasal dari University of Edinburgh, pada saat berjemur, senyawa yang disebut nitric oxide akan dilepaskan ke dalam pembuluh darah segera setelah sinar matahari menyentuh kulit.

Senyawa tersebut dapat berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Temuan ini sangat penting karena sebelumnya orang-orang menganggap bahwa satu-satunya manfaat berjemur di waktu yang pas bagi manusia adalah untuk merangsang produksi vitamin D.

Selain menurunkan tekanan darah, berjemur dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

waktu yang baik berjemur matahari pagi

Manfaat yang kedua yaitu dapat meningkatkan fungsi otak. Beberapa penelitian menemukan bahwa sinar matahari dapat membantu memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus, yang merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk membentuk, mengatur, dan menyimpan memori.

Jadi kesimpulannya, vitamin D yang didapatkan dari berjemur di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak Anda.

3. Tulang Menjadi Lebih Kuat

berjemur di pagi hari untuk menjaga kesehatan

Dengan berjemur, tulang Anda juga bisa menjadi kuat dan tak mudah keropos. Seperti yang sudah banyak diketahui, vitamin D merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang.

Namun nggak hanya itu saja, vitamin D3 juga ternyata memiliki peran penting untuk kepadatan tulang. Vitamin D3 adalah vitamin yang larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan vitamin D ketika sinar matahari mengenai kulit.

Hal itu dapat mengatur penyerapan kalsium. Jika Anda memiliki kandungan vitamin D3 yang lebih tinggi di dalam darah maka kecil kemungkinannya Anda akan menderita patah tulang dan osteoporosis.

Itulah mengapa berjemur menjadi sangat penting untuk kesehatan tulang pada orang dewasa hingga yang lebih tua.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ini dia manfaat yang paling Anda cari dari berjemur pagi hari untuk mencegah penyebaran covid-19, yaitu sinar matahari pagi dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Paparan sinar matahari dapat membantu menekan sistem imun yang aktif, itulah mengapa sinar matahari digunakan untuk mengobati penyakit autoimun seperti psoriasis.

Selain itu, karena sel darah putih akan mengalami peningkatan saat terpapar sinar matahari maka hal tersebut akan membantu untuk memerangi penyakit dan mencegah infeksi pada tubuh. Berjemur di pagi hari sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

5. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Bahkan, risiko penyakit kanker bisa diminimalisir dengan berjemur lho, Aulialovers.  Karena kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko kanker, seperti kanker payudara dan usus besar.

Tetapi dengan berjemur saat pagi, maka risiko kanker tersebut bisa menjadi lebih rendah. Drs. Frank dan Cedric Garland dari University of California mengamati bahwa pasien kanker usus besar di New York tiga kali lebih tinggi daripada di Mexico yang merupakan negara yang selalu terpapar sinar matahari cukup tinggi.

Selain itu, suplementasi vitamin D terbukti dapat menurunkan risiko pengembangan segala bentuk kanker hingga 60%.

6. Berjemur di Pagi Hari Meningkatkan Kualitas Tidur

fungsi berjemur di pagi hari

Jika Anda sering mengalami insomnia atau gangguan tidur di malam hari, maka Anda perlu mencoba untuk berjemur di pagi hari. Tahukah Aulialovers, saat sinar matahari mengenai mata, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin.

Hormon ini biasanya membuat kita mengantuk dan membantu untuk cepat tidur. Sinar matahari akan membuat tubuh memiliki gambaran yang jelas bahwa ini bukanlah malam hari, sehingga akan membantu mempertahankan ritme sirkadian yang normal.

Ketika di luar mulai gelap maka tubuh akan mendapatkan gambaran yang jelas sehingga merasa lelah dan mengantuk menjelang waktu tidur.

7. Menghilangkan Depresi Ringan

berjemur di pagi hari dapat mencegah penyakit

Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan gangguan yang disebut Seasonal Affective Disorder (SAD). SAD adalah depresi yang umum dirasakan saat berada di musim dingin. Hal serupa juga terjadi pada orang-orang yang bekerja berjam-jam di gedung perkantoran dan jarang keluar untuk berjemur.

Berjemur dapat meningkatkan kadar anti-depresan alami di otak yang dapat membantu meringankan dan menghilangkan bentuk-bentuk depresi ringan. Hal itu dikarenakan saat berjemur, otak dapat memproduksi lebih banyak serotonin, bahan kimia yang dapat mengangkat suasana hati. Sangat bermanfaat sekali bukan untuk meningkatkan mood?

8. Berjemur dapat Menyembuhkan Beberapa Penyakit Kulit

dampak positif berjemur di pagi hari

Manfaat berjemur pagi hari yang terakhir, yaitu dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Paparan sinar matahari di pagi hari dapat membantu penyembuhan gangguan kulit seperti jerawat, psoriasis, eksim, penyakit kuning, dan infeksi jamur pada kulit lainnya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa terapi berjemur ini selama empat minggu terbukti berhasil digunakan untuk menghilangkan gejala psoriasis secara signifikan pada 84% subjek. Untuk mencegah efek samping negatif dari radiasi UV dan memastikan manfaat yang didapat lebih besar dari risiko yang ditimbulkan maka sebaiknya lakukan metode pengobatan alternatif ini di bawah pengawasan medis.

Baca juga: 11 Cara Sederhana Mencegah Virus Corona

Banyaak banget kan manfaatnya? Itulah manfaat berjemur di pagi hari untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Berjemurlah di waktu yang tepat dan budayakan kebiasaan ini secara rutin.

Tubuh yang sering berjemur di pagi hari akan lebih sehat daripada yang selalu berada di dalam ruangan. Makanya, jangan malas berjemur ya, Aulialovers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *