model jahitan gamis modern

7 Model Jahitan Gamis Modern yang Membuatnya Awet

Diposting pada

Aulia FashionModel Jahitan Gamis Modern – Gamis yang bagus biasanya dilihat dari pola jahitannya yang rapi dan ukurannya simetris. Banyak industri garmen, terutama baju muslim yang selalu memperbaiki kualitas pola jahitan bajunya agar lebih halus dan rapi.

Namun tahukah Aulialovers, bahwa gamis yang cantik dan anggun ini pada dasarnya memiliki berbagai pola jahitan baju gamis yang beraneka ragam.

Model Jahitan Gamis Modern

Nah, kali ini kita akan mengulas tentang jenis atau model jahitan gamis modern yang membuat sebuah gamis dan jilbabnya jadi awet dan nyaman dikenakan. Check this out!

1. Model Jahitan Overdeck

model jahitan gamis terbaru

Model jahitan gamis modern overdeck adalah salah satu jenis jahitan dari hasil mesin overdeck high speed. Jahitan jenis ini biasanya terdapat pada bagian lengan dan bawah gamis.

Kain dapat terlipat dengan rapi oleh jahitannya oleh mesin ini. Mesin ini pun bisa Anda modifikasi menjadi salah satu jahitan yang bernama jahit kumis. Bedanya, jahit overdeck menggunakan 3 benang dan 2 jarum sedangkan jahit kumis itu menggunakan 5 benang dan 3 jarum.

2. Jahitan Baju Gamis Rantai

Seperti nama polanya, jahit rantai ini menghasilkan jahitan seperti rantai. Jahit rantai biasanya berguna untuk menjahit baju gamis dari bagian pundak kiri, belakang leher dan pundak kanan.

Awalnya hanya salah satu teknik jahitan yang mempermudah pengerjaan gamis, tapi untuk saat ini dapat menjadi salah satu acuan untuk pembuatan gamis yang berkualitas. Karena kita lihat dari hasilnya cukup rapi dan unik.

Untuk jahitan rantai ini terdapat kain atau yang bernama bis yang berfungsi sebagai penutup jahitan obras pada pundak agar terlihat rapi. Jenis jahitan bis ini merupakan turunan dari jahit rantai.

3. Jahitan Lurus

jahitan baju gamis

Jahit lurus biasanya digunakan untuk menjahit lurus. Jahitan ini biasanya digunakan untuk menjahit kemeja.

Polanya yang lurus dan rapi membuat model jahitan ini digunakan juga untuk membuat pola jahitan baju gamis.

4. Jahitan Obras

model jahitan baju gamis anak

Jahit obras adalah jenis jahitan dari hasil mesin obras high speed. Fungsi mesin ini adalah untuk menggabungkan dua potongan menjadi satu.

Pada gamis biasanya berguna untuk menggabungkan rib dengan potongan pola badan gamis, potongan badan satu dengan yang lain dan juga potongan badan dengan potongan lengan.

Biasanya pada model jahitan gamis modern, jahitan obras bisa kita terapkan untuk menyatukan helai demi helai kain bahan gamis. Atau menyatukan potongan dan jenis warna yang berbeda

Mesin obras menggunakan jenis benang 3, 4 dan 5 benang dan menggunakan 1 atau 2 jarum. Secara umum gamis ataupun kaos di usaha garment biasanya menggunakan jenis jahit obras dengan benang 4 dan jarum 2.

5. Jahitan Superimposed sebagai Model Jahitan Gamis Terbaru

Jenis jahitan ini merupakan jenis jahitan yang biasanya berguna untuk menyambungkan 2 helai kain agar menjadi sebuah kesatuan yang utuh. Biasanya cara membuatnya dengan menggunakan dua benang yang satu berada di bawah dan yang satu berada pada jarum

Pada kali ini jahitan ini di lakukan untuk menyambungkan kain di dekat pinggir kain dengan jahitan satu baris lurus tanpa terpotong.

Jahitan jenis ini bisa menggunakan jenis setikan 301 atau 401 untuk membuat jahitan yang rapi dan sederhana. Selain itu dapat juga menggunakan setikan 500 atau 516 ( salah satu setikan kombinasi ) agar hasilnya lebih sempurna lagi.

Jahitan ini dibuat untuk penahan beban dengan jahitan rapi pada gamis, kaos, kemeja, dan produk-produk garmen lainnya.

6. Model Jahitan Gamis Modern: Jahitan Rata

Jenis jahitan ini sering para penjahit sebut dengan jahitan butt. Pada jenis jahitan ini cara menjahitnya yaitu dengan menyambung tekukan dua pinggiran kain dengan rata lalu jahit dengan setikan kunci zig-zag dan setikan rantai kelas 600.

Jahitannya seperti itu agar menghasilkan produk sambungan yang tebak tambahan kain sama rata, seperti baju pada produk garment dasar. Benang yang Anda pakai haruslah lembut dan kuat, pada atasnya dapat menggunakan benang dekoratif yang kuat.

Karena jahitan yang pinggirannya tidak saling tumpang tindih tapi tertindas bersama, maka jahitan ini dapat kita sebut dengan jahitan rata. Model jahitan gamis terbaru ini sering berguna untuk pembuatan produk garment halus yang memerlukan jahitan dengan sisa kain.

7. Jahitan Pinggir atau Tidas

pola jahitan baju

Jenis jahitan ini yang paling sederhana adalah serging. Yaitu setikan yang terdapat pada bagian pinggir dengan satu helai kain tertekuk atau menggunakan setikan tertutup.

Kemudian pola ini dapat Anda tindas dengan setikan pinggir agar memperoleh hasil yang rapi dan seratnya tidak terurai. Biasanya jenis jahitan ini berfungsi untuk pembuatan alur bordir yang terdapat pada permukaan gamis, bagian mansetnya, serta bagian atas jilbab.

 

Oke itulah model jahitan gamis modern yang perlu Anda ketahui demi mencari set gamis yang berkualitas bagus. Selalu telitilah detail pada jahitan dan pastikan tidak ada benang berlebih yang belum rapi.

Seperti pola jahitan baju gamis di Aulia Fashion yang selalu rapi, halus, dan teratur. Sehingga kualitasnya selalu premium dan oke punya. Ya kan, Aulialovers?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *