Pekerjaan Terbaik dalam Islam Menurut Nabi Muhammad SAW

Aulia Fashion – Bekerja termasuk kewajiban setiap orang untuk mengikuti bakat dan minat serta memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Ketahuilah bahwa Allah ‘Azza Wa jalla dengan kelembutan hikmah-Nya, menjadikan dunia ini sebagai negeri mencari sebab dan usaha.

Islam, sebagai agama yang sempurna, tidak melupakan sisi kehidupan dunianya seorang muslim, bahkan menganjurkan kepada mereka untuk bekerja dan mencari rejeki. Banyak orang yang bertanya-tanya sebenarnya pekerjaan yang terbaik dalam islam itu apa saja?

Mungkinkah Anda juga bertanya-tanya tentang hal ini? Seorang sahabat Rasulullah juga pernah bertanya kepada Rasulullah:

“Wahai Rasulullah, mata pencaharian apakah yang paling baik?” Nabi Muhammad kemudian bersabda, “Pekerjaan seorang laki-laki dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur (diberkahi)”. (HR.Ahmad 4:141)

Dari hadis ini, kita sudah mendapatkan gambaran besar seperti apa profesi atau pekerjaan yang terbaik menurut Rasulullah SAW.

Beberapa Pekerjaan Terbaik dalam Islam yang untuk Wanita

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak ulasan lengkap Aulia Fashion tentang pekerjaan terbaik dalam Islam menurut Rasulullah SAW.

1. Pekerjaan yang Halal sebagai Pekerjaan Terbaik dalam Islam

 pekerjaan yang terbaik dalam islam

Rasulullah mengatakan bahwa cara mencari harta adalah dengan menempuh cara yang halal. Maksudnya adalah usaha yang berkah atau halal.

Pada zaman Nabi Muhammad SAW, para sahabat tidak bertanya manakah pekerjaan yang paling banyak penghasilannya. Namun, yang mereka bertanya adalah manakah yang paling berkah.

Sehingga dari sini kita dapat memetik pelajaran bahwa tujuan dalam mencari rezeki adalah mencari yang paling berkah, bukan semata-mata karena menghasilkan banyak uang.

Wujud dari kita bekerja selain mendapat rezeki halal adalah pengakuan dari lingkungan atas prestasi kerja kita.

“Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil dan siapa yang bersusah payah mencari nafkah untuk keluarga maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza Wajalla (H.R. Ahmad).

Terus meminta pada Allah untuk mendapatkan pekerjaan yang halal sebagaimana yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ajarkan berikut ini,

“Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak”

Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu] (HR. Tirmidzi no. 3563, hasan menurut At Tirmidzi, begitu pula hasan kata Syaikh Al Albani).

Pekerjaan halal untuk wanita bisa kita mulai dari bekerja dari rumah, seperti berjualan online atau membuka toko di rumah.

2. Pekerjaan dengan Tangan Sendiri

pekerjaan yang halal

Sebetulnya ada dua pekerjaan terbaik dalam Islam yang dikatakan paling diberkahi. Pertama adalah pekerjaan dengan tangan sendiri. Hal ini juga disebutkan pula dalam hadits yang lain.

“Tidaklah seseorang memakan suatu makanan yang lebih baik dari makanan yang ia makan dari hasil kerja keras tangannya sendiri. Karena Nabi Daud ‘alaihis salam dahulu bekerja pula dengan hasil kerja keras tangannya.” (HR. Bukhari no. 2072).

Hadis tersebut juga menerangkan bahwa mencari kerja dengan tangan sendiri sudah dicontohkan sejak zaman nabi. Pada saat itu contoh pekerjaan dengan tangan sendiri adalah bercocok tanam, kerajinan, mengolah kayu, pandai besi, dan menulis.

Sedangkan di era modern ini dapat Anda sesuaikan dengan pekerjaan apapun yang halal dan Anda lakukan dengan tangan Anda sendiri.

3. Berdangan/Pekerjaan Jual Beli yang Mabrur

pekerjaan halal untuk wanita

Pekerjaan terbaik dalam Islam yang terakhir adalah jual beli yang mabrur. Menurut Syaikh ‘Abdullah Al Fauzan, jual beli yang mabrur adalah jual beli yang memenuhi syarat dan rukun jual beli.

Proses jual beli juga harus didasari oleh kejujuran, serta menghindarkan diri dari penipuan dan pengelabuan. Apa saja jual beli yang mabrur?

Jual beli mabrur harus memenuhi syarat dan rukun jual beli. Di antaranya, ridho antara penjual dan pembeli, barang yang dijual mubah pemanfaatannya (bukan barang haram), uang dan barang bisa diserah-terimakan, tidak ada ghoror atau mengandung ketidakjelasan.

 

Pekerjaan yang terbaik dalam islam dan profesional adalah praktek bersikap dan berperilaku mencontoh Rasulullah yaitu bersifat siddiq, fathonah, amanah dan tabligh agar kita mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat. Sifat siddiq adalah dapat dipercaya dan jujur.

Sedangkan sifat fathonah adalah harus pintar. Sifat amanah adalah melaksanakan tugas yang dibebankan dan tabligh adalah mampu melakukan komunikasi yang baik.

Baca juga: 8+ Tips Sehat Ala Rasulullah

Itulah pekerjaan terbaik dalam Islam yang bisa menginspirasi pekerjaan yang selama ini Anda lakukan. Tetap semangat dalam bekerja dan semoga pekerjaan kita selalu berkah dan mendapat ridho Allah SWT. Amin ya rabbal alamin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.