Inilah Perkembangan Baju Muslim di Indonesia Dari Zaman ke Zaman

Inilah Perkembangan Baju Muslim di Indonesia Dari Zaman ke Zaman

Diposting pada

Di Indonesia, karena sebagian besar penduduknya beragam Islam, maka baju muslim bukan termasuk barang yang susah untuk didapatkan. Bahkan saat ini seiring dengan perkembangan mode, beragam jenis serta model baju muslim menjadi sangat banyak berada di pasaran, terutama bagi para muslimah. Bahkan kabarnya, perkembangan industri yang sangat hebat ini juga mulai dilirik oleh beberapa produsen dari luar lho.

Keadaan pasar yang meroket ini, tentu tak bisa lepas dari perkembangan tren dalam dunia mode Islam  yang memang terbilang inovatif, bersamaan dengan munculnya peran aktif para desainer serta konsumen yang memang mayoritas beragama Islam. Selain itu kesadaran akan pentingnya menutup aurat dan bukan hanya sekedar mementingkan penampilan juga menjadi faktor pendorong lainnya.

Perkembangan fashion baju muslim di tanah air saat ini mengalami kemajuan yang sangat signifikan, bahkan banyak pengamat dunia fashion yang memprediksikan Indonesia akan menjadi pusat produksi dunia beberapa tahun ke depan. Bukti nyata akan hal ini adalah adanya penggunaan baju muslim yang sudah terlihat universal, bukan hanya pada saat acara keagamaan saja, namun juga dalam aktivitas sehari-hari, mulai dari ibu rumah tangga, pebisnis, pesohor tanah air hingga yang para muslimah yang bekerja di kantor.

Keadaan ini tentu menaikkan pamor busana fashion baju muslim karena telah berhasil merebut hati semua kalangan, mulai dari kelas bawah hingga menengah ke atas. Dengan pangsa pasar yang sedemikian besar,  tentu ini merupakan sebuah lahan subur bagi para desainer dan produsen,  untuk mulai banyak bermunculan menunjukkan karyanya, sehingga pemakaian baju model ini tidak lagi dikaitkan dengan hal-hal kuno. Yang juga sangat menggembirakan, para remaja muslim sekarang pun juga berani dan merasakan kepercayaan diri yang tinggi, saat menggunakan busana yang sesuai dengan anjuran agama.

Ada hal yang menarik di dalam industri baju muslim, yaitu produknya yang tidak hanya bermuara pada satu titik saja. Ada begitu banyak jenis produk lain yang bisa menarik perhatian para konsumen sebagai pendamping produk utama. Misalnya berbagai macam aksesoris atau pernak-pernik pemanis penampilan, jilbab, kaos kaki, kaos tangan, kopiah dan masih banyak lagi lainnya.

baju gamis

Untuk model sendiri, baju muslim moderen saat ini lebih condong pada tampilan yang sederhana, namun tetap terkesan elegan. Tren baju wanita saat ini sangat menghindari penggunaan aksen-aksen tambahan yang membuat tampilan sangat “ramai”, yang membuat kesan sederhana sesuai dengan anjuran Islam, terabaikan. Di luar itu, pemilihan warna juga menjadi salah satu kunci untuk menghasilkan kesan sederhana namun elegan. Khusus bagi muslimah, warna-warna yang cerah alami akan mampu membuatnya cocok ketika dipadukan dengan berbagai model jilbab, sehingga kesan modern didapatkan.

Selain beberapa faktor di atas, dalam pemilihan busana, para muslimah saat ini juga tidak mau mengabaikan adanya tuntutan aspek-aspek syar’i sesuai ajaran agama, meski masih banyak juga para produsen yang mengabaikan hal ini, misalnya bentuk baju yang menonjolkan lekuk indah tubuh pemakainya di bagian dada. Biasanya hal itu disebabkan karena masuknya pengaruh budaya barat yang dianggap memiliki aspek modern, yang dipaksakan dengan budaya timur dalam merancang sebuah busana. Produsen baju muslim yang baik dan syar’i juga pasti akan memperhatikan pemilihan bahannya, yaitu yang meski tebal sehingga dapat menutup aurat secara aman, namun akan tetap nyaman saat digunakan.

busana fashion

Nah itulah tadi gambaran singkat mengenai perkembangan baju muslim di Indonesia. Tertarik mengenakan busana muslim dengan kain buatan Indonesia? Semoga artikel ini dapat menambah wawasan mengenai tren serta pangsa pasarnya di Indonesia.

Grosir Baju Muslim Indonesia

081-232-500-800

Pengunjung juga mencari:

baju muslim, busana muslim dari masa ke masa, advertorial tentang fashion muslim, busana muslim era sekarang, perkembangan perusahaan fashion muslim ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *