Ternyata Seperti Ini Sejarah Gamis di Indonesia Dulu Hingga Kini

Aulia FashionSejarah Gamis – Busana apa yang Anda kenakan saat bepergian atau saat menghadiri suatu pesta? Jika Anda bosan mengenakan dress, Anda bisa mencoba mengenakan gamis syar’i.

Gamis bisa Anda kenakan di segala suasana lho, baik untuk bersantai atau acara formal. Selain mudah untuk Anda pakai, busana gamis memiliki beragam variasi bentuk dan warna yang menawan.

Sebelumnya busana muslim di Indonesia mengalami perkembangan busana muslim dari masa ke masa. Perkembangan dari segi warna, bahan, bentuk, dan variasi sangat beragam dan banyak sekali mengalami modifikasi.

Sejarah Gamis dari Masa ke Masa

Tahukah Anda bahwa gamis punya sejarahnya sendiri lho sebelum sampai ke Indonesia dan populer oleh banyak muslimah seperti saat ini. Mau tahu bagaimana perkembangan busana muslim dari masa ke masa, terutama sejarah gamis?

Marilah simak ulasan Aulia Fashion berikut ini.

1. Sejarah Gamis

ciri ciri gamis

Sejarah gamis bermula saat perkembangan agama Islam mulai Berjaya sekitar abad ke 7. Busana gamis diadopsi dari budaya Arab pada abad tersebut.

Gamis pada awalnya merupakan sebuah pakaian yang mirip jubah, berbentuk panjang menjuntai dan menutup seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Gamis sering berpadu dengan cadar, yaitu kain penutup wajah wanita.

Pakaian gamis dan cadar ini sering kali disebut dengan kebiasaan di timur tengah yang berdebu dan berpasir sehingga digunakan untuk melindungi saluran pernafasan. Oleh karena itu baju gamis  pada zaman dahulu dapat digunakan oleh perempuan maupun laki laki.

Seiring dengan perkembangan zaman terutama di Indonesia, gamis hanya dikenakan oleh wanita berjilbab. Gamis semakin hari menjadi sebuah pakaian modern yang sering kali dikenakan muslimah Indonesia.

Yang awalnya hanya merupakan sebuah pakaian yang berguna untuk menutupi aurat, kini gamis sudah berkembang menjadi tren muslimah modern saat ini. Gamis yang berkembang di Indonesia sudah memiliki beragam warna dan bentuk.

Bahkan ada pula baju gamis yang disesuaikan dengan budaya negeri kita yaitu memiliki motif batik. Biasanya produsen gamis memproduksi gamis sesuai kebutuhan pasar.

Begitu pula dengan jilbab gamis, biasanya berbagai jilbab gamis memiliki berbagai macam kreasi agar tidak terkesan monoton dan tetap terlihat trendy. Hal ini menjadi salah satu bentuk promosi agar jilbab juga dikenakan oleh kalangan muda di Indonesia.

2. Ciri-Ciri Gamis

jenis jenis gamis

Berbeda dengan baju muslim pada umumnya, gamis mempunyai ciri khas dan modelnya tersendiri. Perbedaan baju muslim dengan gamis syar’i salah satunya ialah pada bahan yang diaplikasikan.

Kain yang diterapkan pada pakaian gamis wajib tebal dan tidak tipis. Pakaian yang tipis cenderung akan membentuk lekuk tubuh.

Ciri kedua baju gamis adalah harus longgar dan tidak ketat. Gamis yang longgar akan membuat Anda nyaman untuk bergerak leluasa.

Ciri gamis selanjutnya ialah panjang dan syar’i. Gamis umumnya menjuntai dari atas hingga menutup kaki.

Banyak gamis yang warnanya serasi dengan warna pada jilbabnya. Jika Anda mencari gamis berwarna cantik, yuk intip seri gamis koleksi Aulia Fashion.

3. Jenis-Jenis Gamis

perkembangan busana muslim dari masa ke masa

Jenis-jenis gamis pada umumnya terbagi menjadi 3 macam, yaitu abaya, tunik, dan gamis pada umumnya. Abaya adalah busana terusan khas Timur Tengah, yang mempunyai ciri-ciri gamis berbentuk lurus dan menyerupai jubah dengan lengan panjang.

Model dan warnanya terbentuk khusus karena memang hanya untuk kaum wanita. Sedangkan tunik adalah busana atasan longgar yang menutupi bagian dada, lengan hingga lutut. Biasanya tunik akan berpadu dengan kombinasi celana panjang kulot.

Sedangkan ciri-ciri gamis berbentuk panjang hingga mata kaki, serta memiliki jilbab syar’i berwarna senada. Bentuk gamis sendiri sudah mempunyai banyak modifikasi hingga saat ini, sehingga memiliki banyak variasi.

Saat mengenakan busana muslim, seperti gamis, terdapat pro dan kontra memakai gamis sebagai ‘sebuah trend’ atau ‘menjalankan syariat agama’ untuk berbusana menutup aurat, sopan, dan rapi. Baiklah, kita sebenarnya bisa memadukan kedua hal tersebut.

Agama islam ialah agama yang mampu mengikuti perkembangan zaman dan bersaing dengan budaya yang ada tanpa harus menghilangkan nilai-nilai yang ada di dalam agama sebagai bentuk sebuah syariat. Nilai kerapian dan keindahan juga ada dalamnya, sebagai bentuk pengamalan hadits yang berbunyi:

“Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada kesombongan seberat biji debu. Ada seorang yang bertanya, ‘Sesungguhnya setiap orang yang suka (memakai) baju yang indah, dan alas kaki yang bagus, (apakah ini termasuk kesombongan?’.

Rasulullah bersabda, ‘Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan, kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain’.” (H.R. Muslim).

Baca juga: Model Baju Gamis Masa Kini

Itulah sejarah gamis yang dapat kita telusuri dari zaman dulu hingga zaman modern saat ini. Tren fashion muslimah semakin tahun semakin berubah hingga menciptakan model gamis yang modis, anggun, dan modern

Namun, tetap pilihlah gamis yang syar’i, berkualitas dan nyaman untuk dipakai seperti Set Gamis Aulia Fashion ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.