Suka Belanja? Berikut 7 Tips Hemat Belanja yang Nggak Bikin Kantong Jebol!

Auliafashion.id – Tips Hemat Belanja – Sebagian besar wanita pasti doyan sekali belanja, apalagi belanja baju. Baju memanglah kebutuhan primer seseorang, namun berbelanja baju secara berlebihan juga salah lho. Apalagi jika Anda termasuk orang yang selalu update style terbaru dan mengikuti perkembangan merek tertentu. Konsumtif akan segala model pakaian yang Anda suka terkadang bisa membuat lupa diri, hingga pada akhirnya baru menyadari bahwa keuangan semakin menipis.

Nah, Anda harus punya trik nih untuk menghemat pengeluaran saat membeli atau berbelanja baju. Inilah tips hemat belanja baju yang bisa membuat keuangan Anda aman dan tidak boros.

1. Belilah Saat Diskon

tips hemat belanja by Aulia Fashion 1

Poin pertama tips hemat belanja baju yang memang jurus andalan ketika ingin berbelanja yaitu berburu diskon. Ya, beberapa department store memberikan diskon pada momen-momen tertentu seperti sebelum lebaran atau menjelang akhir tahun. Nah, inilah kesempatan Anda untuk membeli baju dengan harga ekstra hemat dari harga biasanya. Belilah baju seperlunya saja ya dan meluangkan uang Anda untuk keperluan lainnya.

2. Tips Hemat Belanja dengan Memilih Baju yang Berkualitas

tips hemat belanja by Aulia Fashion 2

Agar anggaran belanja baju tidak membengkak, belilah baju yang berkualitas bagus. Jangan membeli baju yang murah atau kurang berkualitas. Sadarilah, lebih baik membeli pakaian dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun bisa bertahan lama dibandingkan membeli baju dengan harga murah dan mudah rusak setelah beberapa kali pemakaian saja. Fokus pada kualitas saat akan membeli busana yang akan dikenakan dalam jangka panjang.

3. Mix and Match Baju Baru dan Baju Lama

tips hemat belanja by Aulia Fashion 3

Jangan pernah memaksakan diri Anda untuk membeli baju baru saat pengeluaran keuangan sedang banyak-banyaknya. Anda bisa membeli beberapa saja dan menyiasatinya dengan mix and match baju baru dengan baju lama Anda di lemari. Tenang saja, penampilan Anda masih tetap oke dan kece kok. Misalnya Anda memadukan basic shirt Anda dengan floral dan outer warna netral sudah membuat penampilan Anda semakin modis. Buat mix and match yang dapat memberi nuansa baru pada style penampilan Anda yang membuat orang-orang tidak akan menyangka bahwa outfit-outfit itu dari koleksi lama Anda di lemari.

4. Beli yang Dibutuhkan, Bukan Diinginkan

tips hemat belanja by Aulia Fashion 4

Kebanyakan wanita membeli baju dengan alasan menginginkan mempunyai baju dengan model tersebut. Hal ini yang membuat pengeluaran semakin membengkak dan dompet jebol. Jika Anda termasuk wanita yang membeli baju dengan alasan itu, mulai sekarang Anda perlu menyiasatinya dengan membeli baju yang Anda butuhkan saja, bukan yang Anda inginkan. Maka dari itu, sebelum pergi untuk membeli baju, Anda perlu mengetahui dengan pasti apa yang ingin dibeli. Selain itu, usahakan Anda juga membawa teman ataupun keluarga yang tegas dalam mengatur keuangan, agar nantinya tidak kalap melihat baju-baju yang dijual.

5. Tips Hemat Belanja dengan Membeli Baju Sesuai Tubuh Anda

tips hemat belanja by Aulia Fashion 5

Pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil sangat tidak nyaman saat dikenakan. Sehingga membuat Anda seringkali membeli pakaian baru yang cocok dengan ukuran tubuh Anda. Hal ini membuat Anda kerap membeli baju baru dan membuat anggaran belanja bulanan semakin membengkak.

Cara mengatasi hal ini sebaiknya pilihlah pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh saat akan membeli. Cobalah baju yang Anda pilih di ruang ganti sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembelian. Hal ini bermanfaat untuk mencegah Anda membeli pakaian yang tidak pas saat dikenakan.

Bagaimana jika sudah terlanjur membeli pakaian yang tidak pas? Jangan membuang pakaian tersebut, solusinya Anda bisa membawa pakaian dengan size yang terlalu besar untuk ukuran Anda ke penjahit dan meminta mereka untuk menyesuaikan ukuran pakaian dengan bentuk tubuh Anda. Sedangkan untuk baju size kekecilan bisa Anda jual kembali secara online.

6. Belanja di Online Shop

tips hemat belanja by Aulia Fashion 6

Tips hemat belanja baju selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk menekan budget pembelian baju lebaran adalah dengan berbelanja di online shop. Selain ada begitu banyak baju murah disana dan banyak promo potongan harga, Anda juga tidak perlu mengeluarkan dana lagi untuk pergi ke department store untuk berbelanja. Saat ini pun sudah banyak online shop yang free ongkir alias gratis ongkos kirim saat berbelanja. Bermanfaat sekali bukan untuk menghemat uang bulanan Anda?

7. Tips Hemat Belanja dengan Berpikir Ulang Saat Akan Membeli Baju

tips hemat belanja by Aulia Fashion 7

Anda harus menahan keinginan membeli baju baru saat melihat koleksi-koleksi merek favorit Anda atau saat sedang berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan. Sebelum melakukan pembelian, pertimbangkan dengan matang apakah Anda benar-benar membutuhkan pakaian tersebut, muat tidaknya size ukuran tersebut, dan awetkah bahan pakaian itu untuk dikenakan dalam jangka waktu panjang. Membeli pakaian yang tidak diperlukan bisa memboroskan anggaran yang sebenarnya bisa digunakan untuk membeli keperluan lain yang lebih bermanfaat.

Nah, itu dia tips hemat belanja ala Aulia Fashion yang membuat kantong Anda aman dan dapat berhemat dengan mudah. Terapkan tips-tips di atas agar pengeluaran Anda tidak membengkak. Anda juga dapat belajar padu padan busana Anda agar terlihat modis dengan mengikuti artikel maupun video tutorial seputar fashion. Alokasikan anggaran belanja baju muslim yang selama ini berlebihan untuk keperluan Anda yang lain yang lupa Anda beli atau masih berada dalam waiting list kebutuhan hidup Anda. Selamat mencoba.

Leave a Comment