Step by Step Mencuci Masker Kain dengan Benar

Aulia Fashion – Tips Mencuci Masker – Memakai masker kain merupakan alternatif aman dan awet, mengingat semakin langkanya masker medis. Arahan pemerintah agar masyarakat menggunakan masker kain, sedangkan masker medis digunakan khusus untuk rumah sakit harus kita terapkan.

Apalagi di tengah pandemi virus covid-19 yang melanda jagat raya ini, sehingga saat di luar rumah kita diwajibkan untuk selalu menggunakan masker demi mencegah penyebaran dan penularan virus. Masker kain mempunyai banyak varian yang dapat Anda pilih sesuai style yang Anda inginkan.

Mulai dari masker kain warna polos, motif garis, motif polkadot, vector, dan motif-motif lain yang Anda inginkan. Bahkan tak jarang ada jasa cetak masker kain custom sesuai keinginan kita.

Selain ekonomis, masker kain bisa dipakai berulang kali dan berganti-ganti, masker ini bisa dicuci dan dipakai kembali. Jika Anda menggunakan masker kain, Anda harus mempunyai beberapa buah, agar saat yang satu kotor dan masih dicuci, Anda bisa mempunyai cadangan masker yang lain.

Cara Mencuci Masker Kain yang Benar

Namun meskipun masker kain bisa dipakai berulang kali, Anda tetap harus menjaga kebersihannya dengan cara membersihkan masker yang benar. AdaΒ cara membersihkan masker yang benar agar masker Anda bebas kotoran, virus dan bakteri, serta lebih tahan lama.

Berikut, Aulia Fashion merangkum empat cara mencuci masker kain dengan benar.

1. Cuci dengan Air Hangat Setiap Hari

mencuci masker kain

Spesialis penyakit menular dari Universitas Columbia Daniel Griffin mengatakan, masker kain yang sudah Anda gunakan wajib dicuci setiap hari karena kuman dan bakteri pasti akan menempel setelah dipakai beraktivitas seharian.

Jadi, Aulialovers jangan malas mencuci dan membersihkan masker cantikmu, ya. Hal ini bertujuan supaya masker kainmu terbebas dari kuman dan bakteri yang telah tersaring pada permukaan depan masker usai kita kenakan seharian.

Gimana sih cara membersihkan masker dengan baik dan benar?

Pertama-tama siapkan wadah berisi air hangat kemudian cuci masker menggunakan detergen. Air hangat berperan penting karena mikroorganisme tidak kuat dalam suhu panas, terutama di atas 60 derajat celsius.

2. Mencuci Masker Menggunakan Detergent atau Disinfektan

cara membersihkan masker yang benar

Untuk cairan pembersih, kenakan detergent atau disinfektan. Anda bisa mencucinya secara manual dengan tangan maupun dengan menggunakan mesin cuci. Rendam masker dalam wadah berisi air hangat dengan detergen atau disinfektan.

Diamkan selama 30 menit. Waktu ini efektif dan ampuh untuk mengangkat noda dan membunuh virus, kuman, dan bakteri. Kucek perlahan agar tidak merusak serat kain atau warnanya.

Bilas menggunakan air mengalir pada wastafel hingga benar-benar bersih dan sisa detergen hilang.

3. Setelah Mencuci Masker, Keringkan di Bawah Sinar Matahari

masker kain hijab

Setelah mencuci dan memerasnya hingga tidak ada air yang menetes, kini saatnya Anda harus mengeringkannya di bawah sinar matahari. Sinar matahari ternyata memiliki kemampuan dalam membunuh mikroorganisme.

So, make sure kalau Aulialovers menjemur masker-masker kainmu di halaman depan rumah yang benar-benar terpancar sinar matahari secara langsung.

Jemurlah dan biarkan hingga benar-benar kering.

4. Simpan Masker di Tempat yang Kering

cara mencuci masker kain yang benar

Kini masker Anda telah kering. Sebaiknya, simpan dulu masker Anda sebelum kembali Anda pakai. Kami menganjurkan untuk menyimpan masker kain Anda di tempat yang bersih dan kering.

Jangan menempatkannya pada tempat yang lembap karena tempat ini adalah lokasi favorit bakteri, kuman, serta virus untuk berkembang biak. Aulialovers bisa menyimpan masker cantik Anda dalam lemari atau laci khusus untuk menyimpan masker.

Anda juga bisa mencucinya dengan menambahkan sedikit pewangi, agar kalau menyimpan dalam waktu lama pun, masker Anda tetap harum dan lembut.

Baca juga: Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Nah, itulah cara mencuci masker kain dengan benar. Setiap orang selalu anjurkan memiliki minimal tiga buah masker untuk menjaga sirkulasi pemakaiannya.

Tetaplah memberikan proteksi bagi diri Anda dengan mengenakan masker saat di luar rumah. Meski tak seunggul masker medis, masker kain dapat mengurangi percikan virus dan kuman dari saluran pernapasan atau droplet sebanyak 71 hingga 97 persen, lho. Jadi biasakan untuk menggunakannya kemana saja, ya.

Bagi Anda pencinta dunia fashion yang ingin tetap tampil modis dan menarik, Aulia Fashion punya nih koleksi terbaru Masker Hijab Aulia Fashion yang desainnya cantik-cantik dan fashionable abis!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.