tips merawat aksesoris

Tips Merawat Aksesoris Agar Tidak Mudah Berkarat

Diposting pada

Aulia Fashion – Tips Merawat Aksesoris – Tak lengkaplah penampilan tanpa adanya aksesoris. Peran aksesoris sangatlah penting untuk menyempurnakan penampilan.

Aksesoris mempunyai beragam jenis mulai dari anting, kalung, cincin, gelang, bross, dan lain sebagainya. Penampilan Anda bisa menjadi semakin cantik dan anggun apabila menggunakan aksesoris.

Anda pun bisa memadupadankannya dengan pakaian yang sedang Anda kenakan. Namun apabila digunakan dalam jangka waktu lama, aksesoris pun rawan rusak atau berkarat.

Jika Anda mempunyai aksesoris berupa perhiasan, aksesoris satu ini memiliki ragam jenisnya, lho. Ada yang terbuat dari perak, emas, batu permata, dan mutiara. Masing-masing memiliki keindahannya tersendiri.

Di balik indah dan kemilaunya, ternyata banyak yang belum sadar penyebab perhiasan tersebut rusak dan tidak bertahan lama. Tanpa sadar perhiasan menjadi kotor karena minyak yang menempel, sisa sabun yang tertinggal, atau pun paparan debu yang akhirnya membentuk noda-noda halus pada perhiasan. Perawatan pada perhiasan sangat perlu jika ingin mempertahankan kelimaunya.

Tips Merawat Aksesoris agar Tidak Berkarat

Karena itu aksesoris juga perlu perawatan dan dibersihkan secara khusus. Luangkan akhir pekan Anda untuk menerapkan cara merawat aksesoris agar tidak berkarat. Bagaimana caranya? Nih, Aulia Fashion beri tips merawat aksesoris pada ulasan berikut ini.

1. Simpan Aksesoris dalam Kotak Khusus yang Dialasi Bahan Lembut

cara merawat aksesoris agar tidak berkarat

Jika Anda mengoleksi banyak sekali aksesoris, termasuk aksesoris jilbab, maka tips merawat aksesoris yang pertama ini, Aulialovers wajib mempunyai kotak khusus untuk menyimpan aksesoris-aksesoris Anda. Sebaiknya pilih kotak aksesoris atau kotak perhiasan yang mempunyai sekat-sekat sehingga tetap terpisah satu sama lain.

2. Tips Merawat Aksesoris: Pisahkan Aksesoris Agar Tidak Bergesekan

Aksesoris Jilbab

Aksesoris yang disimpan jadi satu dengan aksesoris lainnya akan mudah rusak karena sering bergesekan dengan aksesoris lainnya. Karena itu, pisahkan aksesoris Anda sesuai dengan bahan atau jenis aksesoris.

Cara ini merupakan cara merawat aksesoris agar tidak berkarat karena bergesekan dengan aksesoris lainnya. Misalnya gelang berbahan titanium berbeda sekat dengan gelang berbahan plastik, atau kotak aksesoris kalung terpisah dengan kotak aksesoris bross dan gelang.

3. Anda Bisa Menggunakan Plastic Clip untuk Memisahkan Jenis Aksesoris

Anda juga bisa memisahkan aksesoris Anda dengan menggunakan plastic clip sehingga tetap bersih dan tidak mudah berdebu. Aksesoris yang bisa Anda masukkan ke plastic clip ialah aksesoris jilbab, perhiasan yang menggunakan rantai, gelang, karet rambut, dan sebagainya. Pastikan aksesoris Anda kering terlebih dahulu ya, sebelum dimasukkan dalam plastic clip.

4. Untuk Aksesoris dengan Ukuran Panjang Rapikan Tali/Rantainya Agar Tak Mudah Kusut

cara merawat aksesoris titanium

Untuk cara merawat aksesoris titanium seperti kalung, headband, dan aksesoris yang berukuran panjang, rapikan rantai atau talinya sebelum disimpan agar tidak kusut dan saling menyatu. Karena saat tidak rapi atau menyatu satu sama lain, Anda pasti kerepotan dalam mengambil salah satu aksesoris Anda.

5. Hindarkan Aksesoris dari Bahan Kimia Bersuhu Panas

Hindari aksesoris Anda dari kontak langsung dengan bahan kimia, bahan bersuhu panas, bahan bersuhu terlau dingin, hairspray, parfum, aseton, dan sebagainya agar tidak rusak.

6. Jangan Gunakan Aksesoris Saat Berenang dan Saat Berolahraga

Lepas semua aksesoris saat mandi ataupun berenang. Kandungan klorin dalam kolam renang juga dapat memudarkan kilau aksesori. Selain itu, hindari menggunakan aksesori saat berolahraga, atau mengerjakan pekerjaan rumah.

Keringat yang menempel pun akan merusak fisik aksesoris tersebut. Step ini merupakan cara merawat aksesoris titanium agar tidak mudah berkarat dan rusak.

7. Simpan Aksesoris dalam Keadaan Kering, Jauhkan dari Sinar Matahari

tips merawat aksesoris imitasi

Aksesoris yang lembap dan disimpan dalam wadah rapat akan membuat aksesoris jadi cepat rusak bahkan berjamur. Simpanlah aksesoris Anda dalam keadaan kering dan selalu hindarkan dari sinar matahari agar warnanya tidak cepat pudar.

8. Tips Merawat Aksesoris: Selipkan Silica Gel pada Aksesoris Berbahan Logam

Sisipkan silica gel khusus logam pada kotak penyimpan aksesoris untuk mencegah warnanya memudar.

9. Bersihkan Aksesoris Berbahan Kulit dengan Pembersih Khusus Leather

cara merawat bahan kulit sintetis

Untuk aksesoris berbahan kulit, bersihkan dengan pembersih khusus leather atau minyak kayu putih. Bersihkan minimal sebulan sekali, ya.

10. Cuci Aksesoris Secara Rutin dengan Deterjen Selama Sebulan Sekali

Usahakan untuk membersihkan aksesoris secara rutin menggunakan deterjen setidaknya satu bulan sekali. Bilas hingga bersih dan keringkan tanpa terkena sinar matahari.

 

Aksesoris Anda dijamin dapat lebih awet, terawat, dan bersih selalu jika menerapkan tips-tips merawat aksesoris di atas. Tentu saja aksesoris favorit Anda juga terselamatkan karena dapat bertahan lama dan tidak mudah berkarat. Ingin membawa aksesoris beserta baju muslim dalam koper saat traveling pun bisa dan tetap bagus terawat. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *