tips photoshoot

Tips Photoshoot di Rumah Agar Hasilnya Aesthetic

Diposting pada

Aulia Fashiontips photoshoot –  Melakukan photoshoot di dalam rumah? Why not. Untuk mengatasi sesi photoshoot yang aman karena kondisi pandemi virus covid-19 yang semakin tersebar, Anda bisa mengisi waktu dengan melakukan sesi photoshoot di rumah.

Selain menarik dan bernilai estetik, hasil photoshoot dapat Anda upload untuk feeds akun instagram Anda. Namun untuk menghasilkan hasil photoshoot yang bagus, ada beberapa trik tersendiri lho, mulai dari menyiapkan peralatan yang tepat hingga mengatur pencahayaan dan spot yang tepat untuk foto.

Tips Photoshoot Keren di Rumah

Yuk, simak tips-tips photoshoot di rumah ala Aulia Fashion berikut agar hasil foto Anda lebih estetik dan keren.

1. Siapkan Peralatan

properti photoshoot di rumah

Tips photoshoot keren di rumah yang pertama kali harus Anda lakukan ialah menyiapkan peralatannya terlebih dahulu. Peralatan tersebut berupa kamera DSLR, kamera mirrorless ataupun smartphone, reflector, lampu softbox (jika perlu).

2. Pencahayaan dan Spot Photoshoot

photoshoot di rumah

Pencahayaan amatlah berperan penting dalam melakukan aktivitas photoshoot. Tentukan style, pencahayaan, juga spot-spot menarik yang ada di rumah Anda sebelum melakukan pemotretan.

Pastikan pencahayaan di rumah, baik di dalam maupun di luar, mendukung selama pemotretan sehingga hasilnya bagus ketika dibidik. Kemudian arahkan sang model untuk berpose atau bergaya.

3. Tips Photoshoot di Rumah: Tambahkan Properti Pelengkap

photoshoot di rumah

Meski dilakukan di rumah, bukan berarti sesi photoshoot tak butuh properti. Demi hasil makin maksimal dan lebih terasa estetikanya, Anda bisa menggunakan properti photoshoot di rumah yang membuat foto jadi semakin aesthetic, seperti bunga, cermin, pot tanaman, dan sebagainya. Tentunya hasil foto akan tampak lebih menarik.

4. Tips Photoshoot di Rumah: Siapkan Tripod

Demi menstabilkan foto agar hasilnya tidak blur atau tidak tepat sasaran, sebaiknya Anda menggunakan properti photoshoot di rumah satu ini: tripod. Anda juga bisa mengatur tinggi-pendeknya tripod untuk membidik gambar, apakah setinggi badan model, lebih pendek agar model terlihat lebih tinggi, atau meletakkan kamera lebih tinggi untuk memotret aktivitas seperti membaca buku atau aktivitas bersantai.

5. Manfaatkan Barang-Barang di Rumah untuk Membuat Trik Sederhana

photoshoot di rumah aesthetic

Di era instagram seperti sekarang, kemampuan ataupun skill fotografi dirasa makin penting demi memunculkan foto-foto terbaik. Semakin menguasai fotografi, termasuk editingnya dan ilmu personal branding, maka sukseslah ia jadi selebgram yang populer.

Banyak yang beranggapan bahwa peralatan fotografi yang canggih itu harganya sangat mahal. Namun, kalau Anda mau repot sedikit, Anda bisa lho menghasilkan foto yang berkelas dengan alat-alat sederhana yang bisa didapatkan dengan begitu mudahnya.

Misalnya dengan menggunakan sunglasses berwarna kuning maupun biru sebagai filter kamera, dengan mendekatkannya pada lensa; kemudian untuk menghasilkan bayangan jendela seperti garis-garis pada wajah, Anda bisa membuatnya dengan menggunakan kertas yang sudah Anda lubangi seperti lubang jendela untuk menghasilkan bayangan foto yang estetik.

Selain itu, pada malam hari Anda juga bisa berkreasi dengan memotong kertas dengan lubang tengah berbentuk hati, letakkan di depan lensa, potret lampu-lampu kota yang berwarna-warni di malam hari, hasilnya lampu kota akan nampak berupa cahaya yang berbentuk hati.

6. Maksimalkan dengan Software Photo Editing

Untuk menghasilkan konten foto yang berkualitas untuk dipublikasi di sosial media, apalagi di Instagram, tentunya Anda harus menyiapkan berbagai peralatan untuk membuatnya tampak sempurna. Jangan mengeluh dengan hasil kamera yang kurang memadai, karena itu bisa anda akali dengan aplikasi atau software edit foto.

Anda bisa membuat terang cahaya menjadi lebih sesuai, warna yang kontras dan saturasinya pas, serta menghilangkan noda-noda yang tidak Anda inginkan pada foto, misalnya bekas jerawat ataupun debu atau benda lain yang muncul pada foto. Jika ingin menghasilkan foto yang bagus, fokus pertama kali untuk mengenali satu persatu fitur di dalam aplikasi atau software-nya, dan edit foto harus terlatih secara terus menerus agar mendapatkan hasil terbaik.

 

Oke itulah tips photoshoot di rumah yang dapat Anda contoh untuk menghilangkan penat karena di rumah terus. Aktivitas photoshoot keren di rumah juga dapat membantu upgrade kemampuan fotografi, modelling, serta editing yang Anda miliki.

Selamat mencoba dan berlatih menghasilkan foto yang bernilai estetik, Aulialovers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *