keutamaan puasa dzulhijjah - Aulia Fashion

Wajib Tahu! Inilah 7 Keutamaan Puasa Dzulhijjah Menjelang Idul Adha

Posted on 17 views

Auliafashion.id – Tinggal menghitung hari, kita telah merayakan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah yaitu tanggal 31 Juli 2020. Amalan yang paling utama dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah yaitu berkurban, baik berkurban sapi, kambing, maupun domba. Selain berkurban, ada juga amalan sunnah yang tak kalah penting untuk dilaksanakan oleh umat Islam yaitu menjalankan sholat ied di pagi hari dan menjalankan puasa sunnah Dzulhijjah.

Karena bulan Dzulhijjah termasuk salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu caranya yaitu dengan berpuasa Dzulhijjah, lalu melanjutkannya dengan puasa Sunnah Tarwiyah dan puasa Arafah. Apa saja keutamaan puasa Dzulhijjah bagi umat muslim? Yuk, simak ulasan lengkap dari Aulia Fashion berikut.

1. Berpuasa pada Tanggal 1 Dzulhijjah Akan Diampuni Dosanya

keutamaan puasa dzulhijjah - Aulia Fashion 1

Hari pertama Dzulhijjah adalah hari di mana Allah mengampuni dosa Nabi Adam AS. Karenanya, barang siapa yang berpuasa pada hari itu, maka Allah akan mengampuni segala dosanya.

2. Keutamaan Puasa Tanggal 2 Dzulhijjah Seperti Ibadah Selama Satu Tahun

keutamaan puasa dzulhijjah - Aulia Fashion 2

Pada tanggal ini, terjadi peristiwa di mana Allah mengabulkan doa Nabi Yunus AS. Nabi Yunus pun dikeluarkan dari perut ikan nun. Maka umat muslim yang puasa pada tanggal 2 Dzulhijjah dianggap sama seperti beribadah satu tahun.

3. Dikabulkan Doanya pada Puasa Tanggal 3 Dzulhijjah

keutamaan puasa dzulhijjah - Aulia Fashion 3

Hari ketiga pada bulan Dzulhijjah ialah hari dikabulkannya doa Nabi Zakaria AS. Barang siapa yang berpuasa pada hari itu, Allah akan mengabulkan doanya.

4. Berpuasa Pada 4 Dzulhijjah Memiliki Keutamaan Dihilangkan Kesusahannya

keutamaan puasa dzulhijjah - Aulia Fashion 4

Pada tanggal 4 Dzulhijjah, Nabi Isa AS dilahirkan. Orang yang berpuasa di tanggal Nabi Isa dilahirkan pun, akan diselamatkan dari kesengsaraan dan kemiskinan.

5. Sementara Itu, Puasa pada Tanggal 5 Dzulhijjah Akan Terlepas Dari Sifat Munafik

keutamaan puasa dzulhijjah - Aulia Fashion 5

Peristiwa yang terjadi pada tanggal 5 Dzulhijjah adalah Nabi Musa AS dilahirkan. Ia juga dimuliakan doanya. Orang yang berpuasa hari itu, akan terlepas dari sifat munafik dan siksa kubur.

6. Berpuasa pada Tanggal 6 Dzulhijjah, Allah Akan Membuka Pintu Rahmat

keutamaan puasa dzulhijjah - Aulia Fashion 6

Di momen itu, Allah membuka pintu kebaikan para nabi-Nya. Makanya jangan heran jika keutamaannya puasa di tanggal 6 Dzulhijjah adalah Allah akan memandangnya dengan pandangan rahmat dan tidak akan disisihkan.

7. Dijauhkan dari Pintu Kesusahan dan Kesukaran pada Puasa Tanggal 7 Dzulhijah

keutamaan puasa dzulhijjah - Aulia Fashion 7

Hari ketujuh bulan Dzulhijjah ialah hari ditutupnya pintu-pintu jahanam dan tidak akan dibuka kembali sebelum hari yang kesepuluh. Barang siapa yang berpuasa pada hari itu, Allah akan menutup 30 pintu kesusahannya dan kesukaran serta membuka 30 pintu kesenangan dan kemudahan.

Baca juga: 5 Amalan di Bulan Syawal yang Dianjurkan untuk Anda Lakukan

Wah, istimewa sekali ya keutamaan Puasa Dzulhijjah menjelang momen Idul Adha ini. Puasa sunnah Dzulhijjah ini dianjurkan untuk dilaksanakan umat muslim yang tidak melakukan ibadah haji. Jadi, Aulialovers jangan sampai melewatkan puasa Dzulhijjah tanggal 22-28 Juli tahun 2020 karena banyak sekali keutamaannya. Sempurnakan juga dengan melaksanakan Puasa Tarwiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah (29 Juli 2020) dan Puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah (30 Juli 2020). Tak lupa, Set Gamis Aulia Fashion juga akan melengkapi momen Hari Raya Idhul Adha Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *