Perbedaan Cadar Dan Niqab, Muslimah Wajib Tahu

perbedaan cadar dan niqab

Dalam muslim banyak sekali busana yang digunakan untuk menutup aurat seperti jilbab, hijab, cadar, niqab, dan banyak lainnya. Namun sebenarnya Apakah Anda tahu perbedaan cadar dan niqab? Kedua hal tersebut memang tidak seterkenal yang lainnya, tapi Anda harus tahu nih perbedaannya.

Dalam muslim, kedudukan seorang wanita adalah mulia dan berharga. Terbukti dari turunnya perintah untuk wanita muslim menutup aurat, yang hingga kini masih perempuan dari remaja hingga dewasa lakukan.

Arti dari kata aurat sendiri sangat banyak. Salah satu di antaranya adalah cacat pada mulut, bagian yang harus tertutupi, atau sesuatu yang buruk.

Namun menurut ulama fiqih menyebutkan aurat adalah bagian tubuh harus tertutup dan tidak boleh terlihat dari pandangan yang memang tidak boleh melihatnya, dan bagian yang harus tertutup ketika salat.

Surah Perintah Untuk Menutup Aurat

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surah Al-Ahzab ayat 59 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ قُل لِّأَزْوَٰجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ ٱلْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَٰبِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰٓ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

Artinya: “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
(Qs. Al-Ahzab: 59).

Allah SWT juga berfirman dalam surah An Nur ayat 31 yang berbunyi:

وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّۖ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اٰبَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اٰبَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اَخَوٰتِهِنَّ اَوْ نِسَاۤىِٕهِنَّ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُنَّ اَوِ التَّابِعِيْنَ غَيْرِ اُولِى الْاِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفْلِ الَّذِيْنَ لَمْ يَظْهَرُوْا عَلٰى عَوْرٰتِ النِّسَاۤءِ ۖوَلَا يَضْرِبْنَ بِاَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِيْنَ مِنْ زِيْنَتِهِنَّۗ وَتُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ – ٣١

Artinya: “Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.”
(QS. An-Nur: 31)
.

Tipe-tipe Kain Penutup Kepala Wanita Dan Apakah Ada Perbedaan Cadar dan Niqab

 

Apakah cadar dan niqab sama?

Setelah mengetahui surah-surah yang memerintahkan untuk menutup aurat, alangkah baiknya memulai untuk menutup aurat dari sekarang. Namun di luar sana banyak sekali tipe-tipe kain penutup kepala seperti Jilbab, Kerudung, Niqab, Burqa, dan Khimar. Perlu Anda ketahui juga terdapat kain penutup-penutup kepala dengan bentuk nama lain juga loh.

Banyaknya nama-nama kain penutup kepala ini memunculkan banyak pertanyaan-pertanyaan seperti “Apakah cadar dan niqab sama?”, “Apakah ada perbedaan cadar dan niqab?”, “Apa yang dimaksud dengan al khimar?”, dan “Apa namanya cadar?” Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seputar hal tersebut.

Bingung dengan perbedaannya? Yuk simak lebih lanjut.

Jilbab Dan Hijab, Kain Penutup Kepala Yang Banyak Anda Temukan Dalam Sehari-hari

Banyak orang menganggap bahwa jilbab sama dengan kerudung atau kain penutup kepala. Namun nyatanya di negara Afrika Utara dan Arab, jilbab lebih mengarah ke pakaian gamis longgar yang menjulur ke seluruh badan hingga mendekati tanah, sehingga tidak membentuk lekuk tubuh sama sekali.

Lalu apa perbedaanya dengan Hijab? Hijab berasal dari kata hajaba yang berarti “penghalang” atau “pembatas” yang berarti menyembunyikan, menghalangi atau menutupi dari pandangan orang lain. Di Indonesia sendiri Hijab mengarah ke tampilan muslimah secara keseluruhan

Tipe Kain Penutup Kepala Lainnya Dan Perbedaan Niqab dan Cadar

Apa yang dimaksud dengan al khimar?

 

  • Khimar

Bagi Anda yang tidak familiar dengan kain penutup kepala lain pasti bertanya-tanya Apa yang dimaksud dengan al khimar?

Khimar sendiri berasal dari bahasa arab khumur, yaitu sebuah kain yang menutupi kepala, leher, dan menjulur hingga dada bahkan pantat.

Atau mungkin Anda lebih familiar dengan jilbab yang panjang dan lebarnya menutup hingga dada, pergelangan tangan, hingga pantat. Kain penutup kepala yang Anda kira jilbab tersebut adalah Khimar loh. Sehingga pertanyaan “Apa yang dimaksud dengan al khimar?” sudah terjawab dengan pernyataan di atas ya.

  • Kerudung

Pasti Anda sudah familiar dengan kain penutup kepala yang satu ini. Kerudung adalah salah satu kain penutup kepala yang banyak orang gunakan.

Kerudung mirip dengan khimar, namun perbedaanya terletak pada kerudung hanya menutupi kepala atau rambut saja. Berbeda dengan khimar yang mampu menutupi dada, leher, hingga pantat.

  • Niqab

 

Apa namanya cadar?

Apabila Anda bertanya-tanya apakah ada perbedaan cadar dan niqab atau Apakah cadar dan niqab sama? Boleh banget nih untuk menyimak lebih lanjut.

Niqab adalah nama lain dari cadar sebuah kain penutup kepala yang menutupi kepala, leher dan wajah yang hanya menyisakan bagian mata untuk melihat.

Niqab sendiri tersusun atas cadar yang menutupi seluruh wajah kecuali bagian mata. Kemudian niqab adalah kain panjang yang menutupi tubuh hingga pantat. Jadi bisa Anda katakan bahwa niqab dan cadar adalah suatu kesatuan sehingga memiliki arti yang sama.

Untuk Anda yang bertanya “Apa namanya cadar?”, Penjelasan di atas adalah jawaban dari pertanyaan Anda ya, bahwa sesungguhnya cadar dan niqab adalah sama.

  • Burqa

Kain penutup kepala Burqa memiliki bentuk yang hampir sama dengan niqab. Burqa adalah pakaian muslimah yang menutupi bagian tubuh dari kepala hingga ujung kaki secara keseluruhan. Yang membedakan burqa dengan cadar adalah bahwa cadar tidak menutupi mata, namun burqa menutupi mata dengan kain jaring.

Akhir Kata

Setelah mengetahui apa perbedaan cadar dan niqab, dan mengetahui kain-kain penutup kepala lainnya. Belum lengkap kalau Anda belum mengetahui busana muslimah yang dapat Anda gunakan dengan kain-kain penutu kepala di atas.

Aulia Fashion menyediakan berbagai tipe dan desain busana muslimah yang dapat Anda pilih untuk Anda kenakan loh. Katalog dalam Aulia Fashion menyediakan berbagai busana muslimah dengan desain dan warna yang sangat bervariasi.

Bagaimana dengan kualitas dan bahan dari Aulia Fashion? Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa Aulia Fashion memiliki kualitas yang bagus dan tinggi, selain itu bahan yang digunakan juga tebal namun terasa ringan saat Anda kenakan. Tunggu apalagi nih, yuk cek katalog dari Aulia Fashion

Bacaan Lainnya :

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *