Wajib Tahu! Inilah 7 Keutamaan Puasa Dzulhijjah Menjelang Idul Adha

Aulia Fashion โ€“ Puasa Dzulhijjah โ€“ Tinggal menghitung hari, kita telah merayakan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah yaitu tanggal 31 Juli 2020. Amalan yang paling utama dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah yaitu berkurban, baik berkurban sapi, kambing, maupun domba.

Keutamaan Bulan Dzulhijjah di antaranya bisa melakukan sejumlah amalan sunah, mulai dari sedekah, puasa, kurban, hingga salat Idul Adha yang jika kits kerjakan tentu saja akan mendapatkan pahala.

Selain berkurban, ada juga amalan sunnah yang tak kalah penting untuk umat Islam laksanakan yaitu menjalankan sholat ied di pagi hari dan menjalankan puasa sunnah Dzulhijjah. Sayangnya sejak datang pandemi covid-19, kita harus untuk melaksanakan sholat ied di rumah masing-masing bersama keluarga.

Karena bulan Dzulhijjah termasuk salah satu bulan yang mulia, umat muslim haruslah memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu caranya yaitu dengan berpuasa Dzulhijjah, lalu melanjutkannya dengan puasa Sunnah Tarwiyah dan puasa Arafah.

Niat Puasa Dzulhijjah

Sebelum melaksanakan puasa sunnah ini, yuk mengenal niatnya terlebih dahulu.


ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฐููŠู’ ุงู„ู’ุญูุฌู‘ูŽุฉู ุณูู†ู‘ูŽุฉู‹ ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

“Nawaitu shauma syahri dhilhijjati sunnatan lillahi taโ€™ala.”

Artinya: “Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala”

Beberapa Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Apa saja sih keutamaan dan keistimewaan puasa Dzulhijjah bagi umat muslim? Yuk, simak ulasan lengkap dari Aulia Fashion berikut.

1. Berpuasa pada Tanggal 1 Dzulhijjah Akan Terampuni Dosanya

puasa dzulhijjah tahun 2020

Hari pertama Dzulhijjah adalah hari di mana Allah mengampuni dosa Nabi Adam AS. Karenanya, barang siapa yang berpuasa pada hari itu, maka Allah akan mengampuni segala dosanya.

Jadi di hari pertama Dzulhijjah, jangan sampai terlewat atau ketinggalan ya puasanya.

2. Keutamaan Puasa Tanggal 2 Seperti Ibadah Selama Satu Tahun

keutamaan puasa dzulhijjah

Pada tanggal ini, terjadi peristiwa di mana Allah mengabulkan doa Nabi Yunus AS. Nabi Yunus pun dikeluarkan dari perut ikan nun. Maka umat muslim yang puasa pada hari kedua ini dianggap sama seperti beribadah satu tahun.

3. Dikabulkan Doanya pada Puasa Tanggal 3 Dzulhijjah

keutamaan puasa dzulhijjah dan arafah

Hari ketiga pada bulan Dzulhijjah ialah hari terkabulnya doa Nabi Zakaria AS. Barang siapa yang berpuasa pada hari itu, Allah akan mengabulkan doanya.

4. Berpuasa Pada 4 Dzulhijjah Memiliki Keutamaan Dihilangkan Kesusahannya

keutamaan puasa awal dzulhijjah

Pada tanggal 4 Dzulhijjah, Nabi Isa AS lahir. Orang yang berpuasa di tanggal Nabi Isa lahir pun, akan selamat dari kesengsaraan dan kemiskinan.

5. Sementara Itu, Puasa pada Tanggal 5 Akan Terlepas Dari Sifat Munafik

puasa sunnah arafah dan asyura

Peristiwa yang terjadi pada tanggal 5 Dzulhijjah adalah Nabi Musa AS terlahir. Betapa mulia doa-doa Nabi Musa AS. Orang yang berpuasa hari itu, akan terlepas dari sifat munafik dan siksa kubur.

6. Berpuasa pada Tanggal 6, Allah Akan Membuka Pintu Rahmat

do'a puasa sunnah

Di momen itu, Allah membuka pintu kebaikan para nabi-Nya. Makanya jangan heran jika keutamaannya puasa di tanggal 6 Dzulhijjah adalah Allah akan memandangnya dengan pandangan rahmat dan tidak akan tersisihkan.

7. Terhindar dari Pintu Kesusahan dan Kesukaran pada Puasa Tanggal 7

contoh puasa sunnah

Hari ketujuh bulan Dzulhijjah ialah hari tertutupnya pintu-pintu jahanam dan tidak akan terbuka kembali sebelum hari yang kesepuluh. Barang siapa yang berpuasa pada hari itu, Allah akan menutup 30 pintu kesusahannya dan kesukaran serta membuka 30 pintu kesenangan dan kemudahan.

Rasulullah SAW memang menganjurkan umatnya untuk banyak beramal saleh pada bulan Dzulhijjah. Sebab, pahalanya sebanding dengan orang yang mati syahid di medan perang.

Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada hari-hari yang amal salehnya paling disukai oleh Allah SWT daripada hari-hari ini, yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.” Lalu, bertanya para sahabat, “Sekalipunย jihad fi sabilillah, wahai Rasulullah?” Rasulullah SAW menjawab, “Sekalipunย jihad fi sabilillah, kecuali seorang yang keluar (jihad fi sabilillah) dengan dirinya dan hartanya kemudian tidak kembali.”

Wah, istimewa sekali ya keutamaan Puasa Dzulhijjah menjelang momen Idul Adha ini. Puasa ini dianjurkan untuk dilaksanakan umat muslim yang tidak melakukan ibadah haji.

Jadi, Aulialovers jangan sampai melewatkan puasa pada tanggal 22-28 Juli tahun 2020 karena banyak sekali keutamaannya. Sempurnakan juga dengan melaksanakan Puasa Tarwiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah (29 Juli 2020) dan Puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah (30 Juli 2020).

Dengan melengkapi puasa-puasa sunnah di bulan Dzulhijjah tersebut, insya Allah Aulialovers akan mendapatkan keutamaan puasa dzulhijjah dan arafah. Tak lupa, Set Gamis Aulia Fashion juga akan melengkapi momen Hari Raya Idhul Adha Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.