peluang usaha fashion

8+ Peluang Usaha Fashion Muslim Wanita Paling Kreatif dan Menguntungkan

Diposting pada

Aulia Fashion – Ide peluang usaha di bidang fashion memang sangat menjanjikan dan menguntungkan karena merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi semua orang. Industri fashion juga menjadi salah satu industri yang mampu berkembang pesat di seluruh dunia.

Ada banyak sekali brand fashion baik merk nasional maupun internasional yang sudah sukses dikenal oleh semua orang. Namun industri fashion ialah industri yang sangat kompetitif.

Munculnya tren baru setiap tahun mengakibatkan pengusaha fashion manapun harus update mengenai tren busana, warna, motif, dan lain sebagainya yang sedang populer pada periode tertentu. Tetapi nilai estetika dan kesopanan juga menjadi hal yang harus diperhatikan bagi pengusaha fashion.

Pakaian yang bagus dan menarik akan menjadi pemakainya tampak lebih percaya diri. Tak heran, banyak orang terutama wanita yang tetap konsisten mengikuti perkembangan fashion terbaru sehingga sering membeli busana dan mengoleksinya.

Peluang Usaha Fashion Muslim Wanita Paling Menguntungkan

Karena itulah bisnis fashion menjadi bisnis yang tidak pernah ada matinya. Jika Anda pemula dalam berbisnis dan ingin memulai menjalankan usaha di bidang fashion, maka berikut Aulia Fashion akan memberikan beberapa peluang usaha fashion kreatif yang menguntungkan di tahun 2020 ini.

1. Fashion Designer

peluang usaha di bidang fashion

Bagi Anda yang mencintai dunia fashion dan mempunyai skill di bidang ini, karier sebagai fashion designer sangat cocok untuk Anda. Profesi ini membutuhkan keterampilan dan keahlian teknis yang kreatif.

Anda harus mempunyai kemampuan merancang busana, menjahit, kontras warna, dan lain sebagainya. Anda bisa memulainya dengan memasarkannya secara online, membuka toko dan tempat produksi kecil di kota Anda, kemudian secara konsisten memperkenalkan produk-produk Anda dalam skala nasional.

2. Peluang Usaha Fashion sebagai Fashion Blogger

peluang usaha fashion wanita

 Jika Anda hobi update tren fashion dan mengobservasi detail fashion, Anda bisa mencoba peluang usaha fashion wanita untuk menjadi fashion blogger. Fashion blogger biasanya memiliki sudut pandang atau cita rasa fashion secara personal.

Biasanya ia mengemasnya dalam bentuk tulisan, foto hingga video dokumentasi mengenai selera fashionnya. Sudah banyak fashion blogger di Indonesia yang sudah dikenal banyak orang.

Fashion blogger di Indonesia didominasi oleh wanita. Karena itu jika Anda berminat menjadi fashion blogger, coba gunakan sudut pandang yang berbeda yang sesuai dengan pribadi Anda untuk menilai tren fashion yang sedang berkembang saat ini.

3. Fashion Modelling atau Peragaan Busana

fashion show muslimah

Peluang usaha fashion muslim selanjutnya yaitu menjadi model fashion atau peraga busana. Tentu saja peluang ini bisa dicoba bagi Anda yang mempunyai bakat atau talenta sebagai model.

Biasanya seorang peraga busana harus memiliki kepercayaan diri lebih serta harus terbiasa difoto atau fotogenic. Selain itu, Anda harus mempunyai kemampuan melobi yang baik agar pendapatan yang diterima sebagai model dapat disepakati bersama kepala agen dengan baik sesuai kemampuan Anda.

4. Peluang Usaha Fashion sebagai Fotografer Fashion

peluang usaha fashion muslim

Jika ada peluang usaha di bidang fashion muslim menjadi peraga busana, pasti ada juga peluang bagi yang melakukan dokumentasi yaitu fotografer. Fotografi di bidang fashion akhir-akhir ini banyak diminati karena semakin banyaknya brand-brand nasional maupun brand indie bermunculan dan membutuhkan foto produk yang profesional.

Tak hanya brand fashion saja, fashion blogger maupun influencer Instagram juga membutuhkan fotografer fashion untuk foto OOTD. Tentu saja untuk menjajal profesi ini, Anda harus memiliki skill yang good quality dan juga kreativitas lebih.

5. Bisnis Majalah Fashion

Bagi Anda yang memiliki pengalaman di bidang redaksi majalah, Anda bisa mencoba untuk berbisnis majalah fashion. Tentu saja banyak hal yang perlu Anda persiapkan dan rencanakan dalam bidang satu ini, seperti memilih personal yang cakap atau terampil menulis, memotret, mendesain dan melayout majalah.

Selain itu, Anda juga harus memperhitungkan mengenai percetakan majalah, izin penerbitan, iklan dan pendistribusian majalah fashion Anda. Tetapi tentu saja tugas utama redaksi majalah fashion adalah menjaga penggemar mode untuk terus mengikuti berita dan update terbaru dalam industri fashion.

6. Peluang Usaha Fashion sebagai Jasa Konsultan Fashion

Konsultan fashion ialah orang yang lebih berfokus pada busana dan aksesoris yang sudah jadi untuk membantu orang yang mengalami kesulitan dalam memilih pakaian untuk acara-acara khusus atau untuk bekerja. Untuk menjadi konsultan fashion, Anda perlu banyak-banyak belajar segala hal mengenai fashion, misalnya dengan membaca majalah fashion lokal maupun internasional.

Kemudian membaca majalah mode, menonton fashion show, mengambil pendidikan di bidang fashion, dan sharing dengan teman yang memiliki kemampuan di bidang ini terlebih dahulu. Yang terpenting di bidang ini ialah Anda harus konsisten mengikuti perkembangan terbaru di bidang fashion.

7. Bisnis Sewa Busana atau Kostum

usaha fashion yang menguntungkan

Bisnis persewaan busana atau kostum juga bisa menjadi salah satu alternatif yang patut untuk Anda coba. Anda bisa memulai bisnis ini dengan skala rumahan.

Bermula dari mengoleksi berbagai macam busana dan kostum dari berbagai usia, Anda bisa menyewakannya untuk tetater, tari tradisional, syuting film, acara momen tertentu seperti hari pahlawan atau hari kartini, hingga kebaya maupun gaun untuk wisuda dan pernikahan.

8. Eksport dan Import Produk Fashion

usaha fashion yang menjanjikan

Mempunyai pengetahuan dan pengalaman di bidang eksport dan import? Anda bisa mencoba perniagaan produk fashion dengan skala internasional. Jika Anda mempunyai modal, Anda bisa mengeksport produk nasional ke luar negeri, atau sebaliknya mengimport busana-busana dari luar negeri untuk pasar Indonesia.

Anda bisa mencari busana-busana lokal yang berpeluang banyak pemuinat di mancanegara. Misalnya seperti eksport batik dan aksesoris-aksesoris etnik hasil karya anak bangsa.

 

Nah, itulah peluang usaha di bidang fashion yang dapat Anda mulai sejak kini. Bisnis fashion sangatlah menguntungkan tetapi sekaligus sangat kompetitif dengan semakin banyaknya pesaing.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa menghadapi tantangan yang ada di bisnis fashion ini. Dengan kreativitas, kerja keras dan pantang menyerah, Anda bisa sukses berbisnis di bidang fashion dengan kualitas yang Anda tawarkan.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *