tips memilih mukena

Inilah 8 Tips Memilih Mukena yang Bagus dan Nyaman untuk Sholat

Diposting pada

Aulia Fashion – Tips Memilih Mukena – Mukena menjadi barang bawaan wajib pada setiap tas wanita karena saat bepergian, Anda jadi bisa lebih higienis dengan menggunakan mukena milik pribadi. Mukena yang nyaman dan bersih juga menjadi penunjang saat beribadah. Saat mengenakan mukenah yang tidak nyaman saat Anda kenakan, terasa panas dan tidak menyerap keringat, pasti Anda merasa gerah dan membuat sholat sedikit terganggu.

Tips Memilih Mukena yang Bagus dan Nyaman

Nah, karena itu kali ini Aulia Fashion akan memberikan 8 tips memilih mukena yang nyaman berdasarkan bahan-bahan yang nyaman untuk dikenakan. Simak ulasan berikut, ya.

1. Mukena Berbahan Katun Jepang

tips memilih mukena yang nyaman

Mukena yang berbahan kain katun jepang amatlah nyaman kita kenakan saat sholat. Bahan katun jepang akan terasa dingin apabila kita gunakan dan mempunyai daya serap keringat yang baik.

Saat kita bandingkan dengan kain katun jenis lainnya, katun jepang memang memiliki kualitas dan warna yang cerah dan lebih bagus. Selain itu, kain katun merupakan bahan mukena yang dingin dan nyaman sekali kita pakai sholat.

Kain katun jepang memiliki berbagai macam motif yang beredar di pasaran. Keunggulan lain dari mukena berbahan katun jepang ini ialah bahwa kainnya tidak luntur atau cepat pudar walaupun Anda cuci berkali-kali.

2. Mukena Berbahan Katun Rayon

Jika Anda mencari tips memilih bahan mukena yang nyaman, maka katun rayon ialah jawabannya. Bahan mukena yang dingin dari kain katun rayon sangat kami rekomendasikan untuk Anda kenakan sehari-hari. Katun rayon ialah campuran dari katun dan rayon yang berbahan dasar serat kayu.

Biasanya mukena berbahan katun rayon terdapat pada model mukena Bali. Keunggulan mukena ini bahannya sangat dingin, lembut, nyaman, dan harganya cukup terjangkau.

Namun mukena berbahan katun rayon juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya bahannya yang ringan mudah kusut, teksturnya terlalu lembut dan berpori lebih besar daripada katun jenis lainnya.

3. Bahan Sutra

tips memilih bahan mukena

Mukena yang paling tampak elegan, glamor, dan mewah ialah mukena dengan bahan sutra. Mukena ini juga pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan bingkisan seserahan.

Bahan sutra pada mukena ini memiliki sifat yang kuat, elastis, dan nyaman saat Anda kenakan. Kain sutra memiliki tekstur yang licin dan sangat lembut. Karena itu mukena berbahan sutra mempunyai harga yang cenderung mahal karena kualitas dan kainnya yang eksklusif.

Mukena berbahan kain sutra ini tidak akan membuat Anda gerah saat cuaca panas, dan tidak membuat Anda kedinginan saat cuaca dingin.

4. Tips Memilih Mukena Berbahan Parasut

Mukena dengan bahan parasut ini memakai bahan parasut yang tipis dan ringan. Meskipun tipis, namun bahan parasut ini terkenal kuat dan tidak mudah kusut.

Mukena ini juga sangat adem apabila dipakai untuk shalat serta sangat mudah untuk disimpan. Mukena berbahan parasut ini amat ringan dan memiliki beragam warna.

Biasanya mukena parasut dikemas dalam tas yang mungil, sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana saat bepergian.

5. Bahan Katun Paris

bahan mukena yang dingin

Bahan katun paris cenderung lebih tipis bila dibandingkan dengan kain katun jepang. Kainnya berpori lebih lebar, adem saat dikenakan, dan dapat menyerap keringat dengan baik.

Mukena berbahan katun paris cocok untuk muslimah dengan mobilitas tinggi atau banyak beraktivitas, karena mukena ini dapat dilipat menjadi lebih kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

6. Bahan Katun Lokal

Jika Anda mencari mukena bahan katun yang kualitasnya bagus namun harganya lebih murah daripada katun jepang, maka pilih mukena berbahan kain katun lokal. Meski harganya lebih terjangkau, kualitas katun lokal ini cukup baik karena kainnya dingin, mampu menyerap keringat, serta nyaman digunakan untuk beribadah.

Mukena dengan kain katun lokal memiliki banyak warna dan beragam motif menarik yang bisa Anda pilih.

7. Tips Memilih Mukena Berbahan Spandex

bahan mukena yang nyaman

Mukena dengan bahan kain spandex bisa menjadi alternatif yang dapat Anda pilih untuk digunakan sebagai mukena sehari-hari. Bahannya lentur, mudah diatur namun kainnya tidak mudah menyerap keringat.

Anda dapat menggunakannya ketika di rumah karena kainnya sedikit berat apabila dibawa untuk bepergian.

8. Mukena Berbahan Silk

Tips memilih bahan mukena yang nyaman selanjutnya, pilihlah kain yang memiliki tekstur yang mengkilap seperti sutra, namun kainnya lebih tipis dan ringan seperti kain katun membuat mukena berbahan silk ini juga selalu banyak peminat oleh muslimah tanah air. Mukena dengan bahan kain silk ini nyaman dipakai, mudah Anda atur dan dingin, tidak membuat Anda gerah.

Meski tidak setebal kain sutra, kain silk ini memiliki ketebalan yang pas sehingga tidak menerawang saat Anda gunakan.

Nah, itulah tips memilih bahan mukena yang nyaman untuk Anda pakai dan kenakan untuk sehari-hari di rumah maupun untuk bepergian. Mukena dengan bahan kain mana nih yang menjadi favorit Anda?

Anda juga bisa lho menjadikan mukena sebagai kado untuk istri. Jangan lupa untuk memilih mukena yang nyaman Anda pakai, memiliki daya serap tinggi, ringan, dan elegan saat Anda kenakan, apalagi untuk momen-momen spesial seperti saat sholat tarawih saat Ramadhan maupun sholat Ied saat Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *