idul adha 2020

Panduan Sholat Idul Adha 2020 di Tengah Pandemi

Diposting pada

Aulia Fashion – Tak lama lagi Hari Raya Idul Adha 2020 telah tiba. Meski masih dalam keadaan new normal karena pandemi covid belum berakhir, namun kita masih bisa mengikuti sholat Idul Adha dan berlanjut dengan penyembelihan hewan kurban.

Berbeda dengan sholat wajib, sholat Idul Adha tidak mempunyai adzan dan iqamat di awal. Bacaan niat dan takbirnya juga berbeda dengan sholat lima waktu. Sholat Idul Adha dapat kita laksanakan secara berjamaah dengan dua rakaat dan terdapat khutbah setelahnya.

Pada tahun ini sejumlah kebijakan baru tercipta untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Mulai dari aturan dalam menjalankan salat Idul Adha, tata cara menyembelih, takbir keliling, hingga bagaimana aturan bagi pedagang hewan kurban.

Di masa pandemi ini, sholat ied tetap kita laksanan di tanah lapang namun dengan memenuhi prasyarat yang telah pemerintah tetapkan. Sedangkan untuk daerah-daerah yang belum memungkinan untuk melaksanakan sholat Idul Adha, bisa dilakukan di rumah bersama keluarga.

Tata Cara Sholat Idul Adha 2020 saat Pandemi

Nah, apa saja persyaratan sholat Idul Adha di tahun 2020 ini? Yuk, Aulia Fashion akan merangkumnya untuk Anda.

1. Panduan Tempat Sholat Idul Adha 2020

tata cara sholat idul adha saat pandemi

Terkait kondisi pandemi covid-19, pemerintah melalui Kementerian Agama sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 18 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441H/2020M menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19, yang isinya berupa tata cara sholat idul adha saat pandemi sebagai berikut:

  • Menyiapkan petugas untuk melakukan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan di area tempat pelaksanaan;
  • Melakukan pembersihan dan disinfeksi di area tempat pelaksanaan;
  • Membatasi jumlah pintu/jalur keluar masuk tempat pelaksanaan guna memudahkan penerapan dan pengawasan protokol kesehatan;
  • Menyediakan fasilitas cuci tangan/sabun/hand sanitizer di pintu/jalur masuk dan keluar;
  • Menyediakan alat pengecekan suhu di pintu/jalur masuk. Jika ditemukan jamaah dengan suhu >37,5°C (2 kali pemeriksaan dengan jarak 5 menit), tidak diperkenankan memasuki area tempat pelaksanaan;
  • Menerapkan pembatasan jarak dengan memberikan tanda khusus minimal jarak 1 meter;
  • Mempersingkat pelaksanaan sholat dan khutbah Idul Adha tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukunnya;
  • Tidak mewadahi sumbangan/sedekah Jemaah dengan cara menjalankan kotak, karena berpindah-pindah tangan rawan terhadap penularan penyakit.

2. Panduan Bagi Jamaah Sholat Idul Adha 2020

idul adha saat pandemi

Tata cara sholat idul adha saat pandemi tahun 2020 ini, anda juga harus melaksanakan protocol kesehatan saat tiba di masjid/area sholat sebagai berikut:

  • Jemaah dalam kondisi sehat;
    Membawa sajadah/alas shalat masing-masing;
  • Menggunakan masker sejak keluar rumah dan selama berada di area tempat pelaksanaan;
  • Menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer,
  • Menghindari kontak fisik, seperti bersalaman atau berpelukan;
  • Menjaga jarak antar jamaah lain minimal 1 (satu) meter;
  • Menghimbau untuk tidak mengikuti shalat Idul Adha di masjid/tanah lapang bagi anak-anak dan warga lanjut usia yang rentan tertular penyakit, serta orang dengan sakit bawaan yang berisiko tinggi terhadap virus covid-19.
khutbah idul adha saat pandemi

Demi menjaga kesehatan Aulialovers sekeluarga, sebaiknya terapkan syarat-syarat dan protokol kesehatan ini sejak berangkat sholat jamaah Idul Adha 2020 hingga selesai sholat, ya. Melaksanakan sholat Idul Adha secara berjamaah di tempat umum saat pandemi memang lebih beresiko daripada tahun-tahun sebelumnya.

Untuk alternatif lainnya, Anda bisa melaksanakan sholat Idul Adha berjamaah bersama keluarga Anda di rumah.

Terkait pelaksanaan sholat Idul Adha sendiri di rumah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa mengenai kaifiat penyelenggaraan sholat Id secara berjamaah yang sesuai dengan kondisi penyebaran Covid-19 di setiap wilayah. Jika wilayah tempat tinggal aman, sholat Id berjamaah dapat Anda kerjakan, selama tetap menerapkan protokol kesehatan dan physical distancing.

Sedangkan, bagi jamaah yang berstatus sakit akan melaksanakan salat di rumahnya masing-masing atau di tempat karantina. Pelaksanaan Salat Idul Adha di masjid membatasi jumlah jamaah 50 persen dengan mengatur jarak paling sedikit satu meter dan pelaksanaan sholat di lapangan atau ruang terbuka mempunyai aturan dengan mengatur jarak paling sedikit satu meter pula.

Setelah melaksanakan sholat Idul Adha, laksanakan momen berkurban sesuai protokol kesehatan juga, ya. Selalu jaga kesehatan dan kebersihan ya demi memutus rantai penyebaran virus dan demi masa depan keluarga Anda. Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Aulialovers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *