7 Tips Terlihat Profesional saat Online Meeting

tips tampil profesional saat online meeting

Aulia Fashion ā€“ Akhir-akhir ini kegiatan online meeting sangat sering dilakukan untuk meminimalisir adanya kontak fisik di tengah pandemic covid ini. Rutinitas ini akan membantu kegiatan perkantoran agar tetap produktif sesuai dengan plan yang direncanakan.

Apakah Anda juga melakukan kegiatan ini? Hal ini juga memudahkan Anda terhubung dengan seluruh tim tempat Anda bekerja meski masing-masing berjarak jauh.

Online meeting didefinisikan sebagai rapat dengan bertatap muka secara online atau melakukan panggilan video. Namun, jangan menyamakan meeting ini dengan kegiatan santai yang dapat Anda lakukan di rumah ya.

Tips Berpenampilan Saat Online Meeting yang Simple dan Rapi

Ada beberapa hal termasuk penampilan yang harus Anda perhatikan dalam melakukan meeting. Apa saja itu? Simak tips-tips agar terlihat profesional saat melakukan meeting by Aulia Fashion berikut.

1. Ciptakan Ruang Kerja yang Profesional

Tips saat melakukan online meeting yang pertama yaitu menciptakan suasana ruang kerja yang profesional dan kondusif agar rapat Anda berjalan lancar. Jika Anda tinggal bersama keluarga, beritahu mereka bahwa Anda akan melakukan rapat melalui video call untuk meminimalisir gangguan.

Kemudian carilah tempat yang tenang, misalnya ruang kerja di kamar Anda atau ruang tamu. Jika memungkinkan, gunakan karpet di ruangan tersebut. Ruangan yang kosong dan tidak memiliki karpet akan menghasilkan suara yang nyaring, bergema, dan berpotensi mengganggu lawan bicara Anda.

Ruangan yang berkarpet dan memilikiĀ soft furnishingĀ menghasilkan suara terbaik untukĀ video call.Ā Tetapi, jika Anda tidak memiliki karpet, Anda bisa meletakkan bantal di lantai untuk menciptakan suara yang lebih enak di dengar.

Selain itu, Anda juga harus mengatur latar dan pencahayaan. Usahakan background ruangan Anda berdinding polos berwarna netral seperti warna putih atau cream.

Hindari menggunakan latar dengan banyak obyek karena akan mengalihkan perhatian lawan bicara Anda dari pembicaraan Anda. Ruangan yang Anda gunakan juga harus memiliki pencahayaan yang cukup.

Hindari ruangan yang redup dan posisi backlighting karena akan membuat Anda susah dilihat dan memberi kesan tidak profesional. Cari spot yang cahayanya mengarah pada wajah Anda sehingga wajah Anda tetap cerah dan jelas pada layar.

2. Style Online Meeting Haruslah Rapi

style online meeting

Ketika mengadakan meeting, berdandanlah dengan style kantor simple sebagaimana Anda akan rapat secara langsung dan pastikan pakaian Anda sesuai dengan dress code kantor.Ā  The rules of style online meeting, hindari pakaian dengan bermotif atau berpola karena dapat mengganggu tampilan Anda di kamera.

Tips style online meeting selanjutnya, jangan menggunakan pakaian berwarna putih atau hitam karena berpotensi mengganggu pencahayaan. Jadi, gunakan pakaian polos dengan warna yang tidak terlalu ekstrim. Perhatikan juga postur tubuh Anda saat di depan kamera agar tetap tegak dan terlihat profesional.

3. Gunakan Laptop

tips style online meeting

Tips terlihat profesional saat melakukan online meeting yang ketiga yaitu gunakan laptop saat mengadakannya. Smartphone tidak disarankan untuk digunakan melakukan rapat.

Laptop atau komputer saat meeting akan memudahkan Anda untuk mencatat dan memiliki gambar yang stabil. Sedangkan smartphone tidak bisa melakukan hal itu dan layarnya terlalu kecil untuk Anda melakukan meeting secara profesional.

Laptop juga memudahkan Anda menampilkan layar presentasi powerpoint untuk dilihat rekan-rekan atau atasan Anda.

4. Sesuaikan Posisi Mata dengan Kamera

style kantor simple

Sesuaikan dulu kamera laptop Anda pas dengan posisi wajah Anda. Anda dapat menyiasatinya dengan meletakkan webcam sejajar dengan mata Anda sehingga gambar yang dihasilkan lebih natural, seolah Anda dan lawan bicara duduk bersebrangan di meja yang sama.

Karena jika posisi laptop terlalu rendah atau terlalu tinggi akan membuat tampilan Anda pada layar video kurang sempurna. Coba juga berlatih untuk melihat kamera seperti saat Anda berbicara atau mendengarkan seseorang.

Tidak salah memang jika Anda sesekali melihat gambar orang lain di layar. Tetapi, melihat ke kamera memberikan kesan Anda sedang benar-benar menatap lawan bicara Anda untuk menampilkan kesan profesional.

5. Hindari Multitasking

Ketika mengadakan meeting, pastikan bahwa fokus Anda pada pembicaraan rapat. Jangan pernah melakukan kegiatan lain atau multitasking saat rapat online ini.

Hindari kegiatan seperti membalas email, mengklik iklan pop up, chatting di smartphone, berbicara dengan keluarga yang di dekat Anda, dan lain sebagainya. Sehebat apapun Anda dalam multitasking, hindari kegiatan tidak berhubungan dengan rapat dan akan mengganggu konsentrasi Anda.

Selain membuat orang lain yang berinteraksi dengan Anda menunggu, hal ini juga akan membuat Anda tidak menyimak jalannya rapat dengan baik. Kalaupun ada sesuatu hal yang harus Anda kerjakan dan sangat mendesak, pastikan Anda mengkomunikasikannya ke peserta meeting lainnya.

6. Kenakan Warna Busana yang Camera-Friendly

Penampilan Anda juga harus diperhatikan lho dalam melakukan meeting ini. Anda perlu pertimbangkan pilihan pakaian dengan warna yang bersahabat dengan kamera laptop. Pilih warna-warna yang soft seperti warna-warna pastel atau earthy tones.

Biarkan lawan bicara saat meeting virtual fokus pada apa yang Anda sampaikan. Jadi, penampilan bukanlah fokus utama. Warna-warna terang seperti turquoise, biru pastel, latte, ungu atau kuning muda tampak benar-benar muncul di kamera laptop dan membuat wajah Anda terlihat lebih cerah.

7. Pilih Hijab yang Praktis Dipakai

Bagi para muslimah, coba pilih hijab instan yang praktis untuk dikenakan. Kalau model jilbab biasa harus disetrika, diatur rapi dan disematkan dengan jarum, namun berbeda dengan pemakaian hijab instan.

Jilbab instan mudah Anda pakai dan praktis untuk meeting. Pilih jilbab instan yang memiliki bahan nyaman dipakai seperti wollycrepe, agar kulit kepala dan rambut tetap dingin, tidak gerah selama meeting.

8. Rias Wajah Secukupnya untuk Tampil Lebih Menarik

Sebelum melakukanĀ video call, Anda juga perlu mengaplikasikanĀ makeupĀ atau riasan wajah secukupnya. Pilih make up natural pada saat melakukan meeting agar Anda tidak terkesan berlebihan.

Make up yang salah dapat membuat Anda kurang maksimal saat mengadakan rapat online. Tidak perlu berlebihan, cukup aplikasikan compact powder dan lipstick atau lip tint berwarna peach atau merah setingkat lebih cerah dengan warna bibir.

Rapikan juga bagian alis dan aplikasikan maskara pada area bulu mata supaya kondisi mata lebih hidup. Anda juga dapat menambahkan blush on samar-samar pada pipi agar terkesan fresh.

online meeting via zoom

Selamat mencoba tips-tips agar terlihat profesional saat melakukan meeting ini. Selalu awali kegiatan Anda dengan basmallah, lalu buat catatan atau powerpoint presentasi Anda.

Catat hal-hal penting dan simak berjalannya meeting dengan baik. Untuk menjaga Anda tidak dehidrasi selama berjalannya rapat, Anda dapat meletakkan air putih di samping buku catatan Anda atau di samping laptop Anda.

Kunci tampil profesional ialah penampilan yang rapi serta bijaksana dalam melakukan online meeting. Jadi, selamat melakukan yang terbaik, Aulialovers!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *