tips sehat ala rasulullah

Ingin Pola Hidupmu Lebih Sehat? Simak 8+ Tips Sehat Ala Rasulullah Ini

Diposting pada

Tips sehat ala Rasulullah yang akan kita bahas kali ini pasti sangat bermanfaat sekali untuk pola hidup Anda. Menjaga kesehatan tubuh merupakan sebuah keharusan, apalagi ketika musim hujan seperti saat ini.

Banyak orang beranggapan bahwa pola hidup sehat itu mahal. Karena mengonsumsi makanan sehat dan suplemen sehari-hari yang bisa menjaga daya tahan tubuh cenderung memiliki harga yang mahal, selain itu biaya rumah sakit ketika sedang sakit juga tidak bisa Anda anggap remeh.

Padahal, ada cara yang lebih mudah lho untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit, yaitu mengikuti tips sehat ala Rasulullah SAW. Cara menjaga kesehatan yang paling baik ialah meneladani pola hidup Rasulullah karena beliau kita kenal sebagai manusia tersehat sepanjang sejarah.

Nabi Muhammad hanya mengalami sakit sebanyak dua kali, yakni saat terkena racun dari orang Yahudi dan saat menjelang kematiannya. Setiap hari beliau selalu tampak sehat dan bugar. Jurus sehat ala Rasulullah ini amat sederhana dan mudah sekali untuk Anda terapkan lho, Aulialovers!

Wah, apa saja tips-tips sehat ala Rasulullah? Yuk simak bahasan Aulia Fashion berikut ini!

Tips Sehat Ala Rasulullah

1. Tidur Lebih Awal

jurus sehat ala rasulullah

Rasullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang, hal itu yang menyebabkan beliau tidak membiasakan berbincang setelah waktu salat isya. Jika waktunya untuk tidur datang, maka beliau akan cepat tidur.

Waktu yang tepat untuk tidur di malam hari menurut beliau kira-kira sesudah istirahat salat isya, yakni sekitar pukul 21.30. Tidur lebih awal, bangunnya harus lebih awal pula, yakni sekitar pukul 03.00 pagi beliau sudah terbangun untuk melakukan sholat malam.

2. Menjaga Pola Makan sebagai Tips Sehat Ala Rasulullah

makanan sehat ala rasulullah

Rasulullah juga selalu menjaga pola makan agar tetap sehat bugar. Ada beberapa makanan sehat ala rasulullah yang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Di pagi hari, beliau suka mengonsumsi segelas air dingin yang dicampur dengan madu asli. Kemudian ketika dhuha, beliau mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa. Madu dan kurma ini memiliki banyak manfaat untuk system pencernaan, salah satunya yaitu untuk menetralisir racun.

Selain itu, Rasulullah SAW sering mengonsumsi minyak zaitun pada waktu siang menjelang sore. Sesungguhnya zaitun itu adalah pohon yang diberkahi.

Sedangkan di malam hari beliau makan sayuran-sayuran segar kaya nutrisi. Sayuran segar memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Rasulullah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, artinya beliau tidak berlebihan dan selalu teratur dalam mengkonsumsi makanan. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, dan ini terbukti secara ilmiah.

Setelah makan malam Rosul tidak langsung tidur. Beliau melakukan aktivitas seperti sholat agar makanan bisa tercerna secara optimal.

3. Tips Sehat Ala Rasulullah: Sering Berpuasa

tips hidup sehat ala rasulullah

Berpuasa selain menjaga diri dari hawa nafsu, juga bisa menjaga pola makan dan kesehatan tubuh lho. Dalam sebuah hadist meriwayatkan bahwa Rasulullah sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis.

Puasa juga terbukti memiliki berbagai macam manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Berpuasa memang secara tidak langsung dapat menyembuhkan seseorang dari berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, asma dan gangguan saluran pernapasan serta berbagai penyakit lainnya.

Jurus sehat ala Rasulullah dari berpuasa juga dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, hipertensi, diabetes, gangguan saluran pernapasan, dan lain sebagainya.

4. Rajin Menjaga Kebersihan

sehat ala rasulullah saw

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Rasulullah selalu tampak bersih dan rapi. Setiap hari Kamis atau Jumat, beliau memotong kuku, mencukur rambut halus di pipi, serta memakai wewangian.

Beliau juga selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara bersiwak. Kebiasaan-kebiasaan Rasulullah ini sampai sekarang masih sering umatnya terapkan.

5. Tips Sehat Ala Rasulullah: Rajin Berolahraga

olahraga ala rasulullah

Salah satu hobi yang sering dilakukan oleh Rasulullah yaitu berolahraga. Rasulullah mempunyai kegemaran berolahraga seperti berkuda, memanah, dan berenang.

Tak hanya sehat, jurus sehat ala rasulullah satu ini juga membuat tubuh menjadi kuat. Jadi, Anda juga harus melakukan kegiatan ini ya agar badan tetap bugar.

6. Melakukan Gerakan Sholat dengan Benar

tata cara sholat yang benar

Tips hidup sehat ala Rasulullah selanjutnya yaitu menjalankan sholat secara khusyuk dan benar. Menurut penelitian para ilmuwan, gerakan sholat ternyata mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Diantaranya ialah melancarkan peredaran darah, meningkatkan kemampuan syaraf otak, melancarkan pernafasan, mengurangi ketegangan otot dan masih banyak lagi.

7. Tidak Mudah Marah

tips rasulullah menjaga kesehatan

Rasulullah SAW pernah menasihati sahabatnya sebanyak tiga kali dengan ucapan yang sama yaitu, “jangan marah”. Seperti pada hadist riwayat Bukhari, bahwa “Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat. Orang yang kuat adalah yang mampu menahan dirinya di saat marah.”

Tidak mudah marah atau selalu sabar juga terbukti menjaga kesehatan tubuh lho, yaitu menyehatkan jantung, mengurangi rasa stress, mengurangi rasa nyeri pada bagian tubuh. Ini merupakan tips hidup sehat ala rasulullah yang mudah Anda terapkan sehari-hari.

8. Suka Bersosialisasi

tips diet rasulullah

Secara tidak langsung, menjalin ikatan sosialisasi bisa membantu meringakan beban pikiran. Rasulullah adalah pribadi yang suka bersilaturrahim dengan para sahabat dan tetangganya.

Dari Abu Ayyub Al Anshori, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang amalan yang dapat memasukkan ke dalam surga, lantas Rasul menjawab: “Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari)

Dengan bersosialisasi atau menjalin tali silaturrahmi, Anda tidak akan mudah merasa stress, merasa senang dengan keberadaan teman, menumbuhkan pengetahuan dan juga pengalaman ketika sering berinteraksi dengan teman atau kerabat Anda.

9. Suka Berjalan Kaki

Rasulullah selalu berjalan kaki menuju tempat-tempat yang memang masih bisa ditempuh dengan perjalanan kaki. Seperti saat menuju masjid, mengunjungi rumah sahabat dan sebagainya.

Tips hidup sehat ala rasulullah ini dapat membuat kamu berkeringat sehingga pori-pori tubuh terbuka dan melancarkan peredaran darah.

Baca juga: Peluang Manis Bisnis Gamis Syar’i di Kota Jambi

Itulah beberapa tips sehat ala Rasulullah yang bisa membuat pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Tidak sulit bukan dalam menerapkannya?

Ubah pola hidup Anda mulai dari sekarang jika masih belum menerapkan pola hidup sehat. Semoga ulasan Aulia Fashion ini bisa membantu Anda menjadi lebih sehat, menghindarkan diri serta keluarga dari penyakit serta membuat umur menjadi lebih panjang karena terbiasa hidup sehat. Amin ya Rabbal alamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *